PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI AUDITOR DILINGKUNGAN INSPEKTORAT KAB. TAKALAR

Authors

  • syafruddin Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar
  • Askariani Sahur Politeknik Negeri Ujung Pandang

DOI:

https://doi.org/10.55606/jass.v3i2.12

Keywords:

Pendidikan dan Pelatihan, Kompetensi Auditor

Abstract

Peran Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) semakin lama semakin strategis dan bergerak mengikuti kebutuhan zaman. APIP  diharapkan menjadi agen perubahan yang dapat menciptakan nilai tambah  ada produk atau layanan instansi pemerintah. APIP sebagai pengawas  intern pemerintah merupakan salah satu unsur manajemen pemerintah yang penting dalam rangka mewujudkan kepemerintahan yang baik (good governance) yang mengarah pada pemerintahan/birokrasi  yang bersih (clean government).

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 79 Tahun 2005 (pasal 24) pengawasan terhadap urusan pemerintahan di daerah dilaksanakan oleh Aparat Pengawas Intern Pemerintah (APIP) sesuai dengan fungsi dan kewenangannya. Aparat Pengawas Intern Pemerintah adalah Inspektorat Jenderal Departemen, Unit Pengawasan Lembaga Pemerintah Non Departemen, Inspektorat Provinsi, dan Inspektorat Kabupaten/Kota.

References

Abdullah, M. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, untuk Ekonomi, Manajemen, Komunikasi, dan Ilmu Sosial Lainnya. Yogyakarta: Aswada Pressinde.

Dian Ika Sulistiyowati. (2010). Pengaruh Profesionalisme dan Independensi Auditor Internal terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada Badan Usaha Milik Negara dan Badan Usaha Milik Daerah di Kota Magelang, Kabupaten Magelang, dan Kabupaten Temanggung). Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Hasan, B. (2013). Membangun Sistem Pengendaian Intern yang Efektif. Warta Pengawasan Vol XXNomor 3

Hutami, Gartiria and Chariri, Anis (2011) Pengaruh Konflik Peran Dan Ambiguitas Peran Terhadap Komitmen Independensi Auditor Internal Pemerintah Daerah (Studi Empiris pada Inspektorat Kota Semarang). Undergraduate thesis, Universitas Diponegoro.

Indah, S.N. (2010).Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris Pada Auditor KAP di Semarang). Skripsi tidak dipublikasikan.Universitas Diponegoro Semarang.

Laila, Zumriyatun. (2010), Analisis Penyelenggaraan PP 60 Tahun 2008 tentangSistem Pengendalian Intern Pemerintah pada Dua Pemda di Sumatera Barat.Tesis. Universitas Andalas, Padang

Nur Indriantoro dan Bambang Supomo. (2002). Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: BPFE Yogyakarta.

Negoro, Yosafat Beny Marsetyo (2011) Pengaruh Batasan Waktu Audit Dan Due Professional Care Terhadap Kualitas Audit. S1 thesis, UAJY.

Permenpan No.PER/05/M.PAN/03/2008. Standar audit aparat pengawasan intern pemerintah

Permenpan No.PER/28/M.PAN/03/2012. Pedoman Telaahan Sejawat Hasil Audit Aparat Pengawasan Intern Pemerintah

Peraturan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur NegaraNo.PER/04/M.PAN/ 03/2008 tentang Kode Etik Aparat Pengawasan Intern Pemerintah

Nurasia Natsir; Yuliyanah Sain; Aliah, N. PERAN PSIKOLOGI DALAM PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN LINGUISTIK PADA ANAK. JASS 2022, 3, 1-8.

Pingkan Lonto, Miryam (2011). Implementasi Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) di Pemerintah Kota Bitung : Faktor-faktor yang mempengaruhi dan dampaknya terhadap Good Governance. Tesis. Universitas Gajah Mada. Yogyakarya.

Putri Nugrahini, (2015). Pengaruh Kompetensi Dan Profesionalisme Auditor Internal Terhadap Kualitas Audit (Studi Empiris pada BUMN dan BUMD di Kota Yogyakarta). Skripsi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Rasibo, Nurmala Sari (2015). Pengaruh Kompetensi, Profesionalisme, Dan Pengalaman Terhadap Professional Judgment Auditor Dalam Pengevaluasian Bukti Audit (Studi Empiris pada Kantor BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan). Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Rizki Wahyuni. (2013). Pengaruh Independensi, Kompetensi, Profesionalisme, dan Sensitivitas Etika Profesi terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus pada BPK RI Perwakilan Provinsi Sulawesi Selatan). Skripsi. Makassar: Universitas Hasanuddin Makassar.

Sedarmayanti (2010). Manajemen Sumber Daya Manusia Reformasi Birokrasi danManajemen Pegawai Negeri Sipil.Bandung; PT Refka Aditama

Susilawati, Maya R Atmawinata (2014). Pengaruh profesionalisme dan independensi auditor internal terhadap kualitas audit: studi pada inspektorat Propinsi jawa barat. Jurnal Etikonomi STIE TEMBI Vol. 13 No. 2

Sanjaya, Ade (2015). Pengertian Profesionalisme Kerja Pegawai Usaha Pengembangan Karakteristik, dan Asas Pokok. (Online) di akses padahttp://www.landasanteori.com/2015

/10/pengertian-profesionalisme- kerja.htmltanggal 14 November 2017

jam 16.05 WITA

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

syafruddin, & Sahur, A. . (2022). PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KOMPETENSI AUDITOR DILINGKUNGAN INSPEKTORAT KAB. TAKALAR. JOURNAL OF ADMINISTRATIVE AND SOCIAL SCIENCE, 3(2), 6–12. https://doi.org/10.55606/jass.v3i2.12

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.