Pengembangan Startup Telekonsultasi Dermatologist dalam Proyek Studi Independen ALTEK Technopreneurship Modular Course

Authors

  • Rizka Ananda Rumiris Panjaitan Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Indah Respati Kusumasari Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/jass.v4i2.410

Keywords:

Dermatologist, Startup, Telekonsultasi

Abstract

Peningkatan adopsi teknologi digital dan penggunaan internet telah mendorong pertumbuhan industri kreatif digital. Di sisi lain, kesadaran akan kesehatan dan penampilan di kalangan wanita juga semakin meningkat. Dalam konteks ini, terdapat peluang untuk menggabungkan telemedicine dan kebutuhan perawatan kulit wanita melalui konsep beauty teleconsultation. Pengembangan startup di Indonesia juga mengalami perkembangan pesat, dengan banyak startup yang berfokus pada teknologi dan inovasi. Jurnal ini menjelaskan konsep startup dan tahap pengembangannya, serta pentingnya teleconsultation dalam perawatan kulit wanita. Selain itu, jurnal ini juga membahas hasil survei dan wawancara yang dilakukan untuk memahami preferensi pengguna dalam mencari klinik kecantikan. Dalam hasil tersebut, harga, reputasi, dan kualifikasi tenaga kerja teridentifikasi sebagai faktor utama yang dipertimbangkan oleh pengguna. Berdasarkan hasil penelitian, penulis mengusulkan solusi yang menjawab kebutuhan pengguna, yaitu platform telekonsultasi dermatologist online yang diberi nama Beaudy. Jurnal ini menyajikan metode penelitian kuantitatif dengan pengumpulan data melalui survei dan wawancara dengan calon pengguna. Dalam kesimpulan, pengembangan startup platform telekonsultasi dermatologist (Beaudy) merupakan langkah yang relevan untuk mengatasi permasalahan kulit wanita di Indonesia.

References

CNN Indonesia. (2022, December 16). Survei Ungkap Masalah Kulit yang Paling Menghantui Wanita Indonesia. CNN Indonesia. Diakses pada 5 Juli 2023, dari https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20221216170951-277-888413/survei-ungkap-masalah-kulit-yang-paling-menghantui-wanita-indonesia

Mutia, A. (2022, December 5). Makin Meroket, Pendapatan Produk Kecantikan dan Perawatan Diri di RI Capai Rp111,83 Triliun pada 2022. Databoks. Diakses pada 30 Juni 2023, dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/05/makin-meroket-pendapatan-produk-kecantikan-dan-perawatan-diri-di-ri-capai-rp11183-triliun-pada-2022

Riyandi, V. (2022, August 2). Apa Itu Startup: Jenis. Karakteristik dan Contoh Startup di Indonesia. LandX. Diakses pada 5 Juli 2023, dari https://landx.id/blog/apa-itu-startup-jenis-karakteristik-dan-contohnya-landx-startup/

Yudhistira, R., Yuniaristanto., Hisjam, M., (2020). Pengembangan Bisnis Pada Startup Temanrindu Dengan Metode Startup Evolution Curve. AdBispreneur: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Administrasi Bisnis dan Kewirausahaan. 5(1): 317-331.

Downloads

Published

2023-07-07

How to Cite

Rizka Ananda Rumiris Panjaitan, & Indah Respati Kusumasari. (2023). Pengembangan Startup Telekonsultasi Dermatologist dalam Proyek Studi Independen ALTEK Technopreneurship Modular Course. JOURNAL OF ADMINISTRATIVE AND SOCIAL SCIENCE, 4(2), 225–234. https://doi.org/10.55606/jass.v4i2.410