PENGARUH SIKAP KEPEMIMPINAN DALAM PENINGKATAN MOTIVASI KINERJA DOSEN STIA YAPPI MAKASSAR

Authors

  • M. NATSIR MALLAWI Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar
  • NURASIA NATSIR Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar
  • A.M. FADLI MAPPISABBI Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar
  • Abdul Azis Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Yappi Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jass.v3i2.14

Abstract

Penelitian ini bertujuan sebagai gambaran sikap kepemimpinan, motivasi, dan kinerja Dosen STIA YAPPI  Makassar, sikap kepemimpinan,dan motivasi secara simultan terhadap kinerja Dosen STIA YAPPI  Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh Dosen STIA YAPPI Makassar,Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah sebagian dari populasi atau 10 orang, Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan teknik simple random sampling. Ukuran sampel tersebut sesuai dengan pendapat Roscoe (dalam Sugiyono,2008:74) yang menyatakan bahwa ukuran sampel dengan melakukan analisis multivariate (korelasi atau regresi ganda) maka jumlah anggota sampel minimal 10 kali dari jumlah variabel yang diteliti baik variabel independen maupun devenden (10x4=40).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa sikap kepemimpinan Pada Dosen STIA YAPPI Makassar berada pada kategori cukup baik, berarti pimpinan telah memiliki tingkat pengetahuan, perasaan dan kecenderungan bertindak dalam hal menyukai tantangan, memprakarsai visi bersama, memungkinkan orang lain bertindak dan membuat model pemecahan serta pemberian semangat. Budaya organisasi berada pada kategori cukup kondusif berarti pimpinan Pada Dosen STIA YAPPI Makassar dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya berpedoman pada norma-norma, nilai-nilai dan asumsi-asumsi yang berlaku sehingga tercipta kondisi yang cukup kondusif. Motivasi berada pada kategori cukup tinggi berarti karyawan telah memiliki pikiran yang inovatif,kreatif, banyak gagasan,visioner dan menerima kritikan serta tindakan yang berani mengambil resiko,bertanggungjawab,bekerja keras dan sistematis. Sikap kepemimpinan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja karyawan. Artinya jika sikap seseorang positif tentang kepemimpinan, maka ia memiliki kecenderungan kinerja yang tinggi. Jadi semakin baik sikap kepemimpinan maka semakin baik pula kinerja karyawan, Motivasi berprengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja. Jadi semakin tinggi motivasi karyawan maka semakin baik pula kinerja karyawan,Secara simultan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sikap kepemimpinan, motivasi terhadap kinerja karyawan.Tingkat pengetahuan,perasaan dan kecenderungan bertindak yang baik dari karyawan.

References

Anas, Muhammad, 2010, Pengaruh Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Balai Perbenihan Tanaman Hutan Sulawesi, Makasar: Program Studi Manajemen STIA YAPPI Makassar.

Hidayat, Rahmat, 2017, Candra wijaya, Ayat-Ayat Alquran Tentang Manajemen Pendidikan Islam, Medan: LPPPI.

Puspitasari, Wiwik, 2017, Magnet Cinta Sang Guru, Surabaya: Cipta Media Edukasi.

Rachman, H.Y. (2014). Pengaruh motivasi dan kompetensi profesional guru yang bersertifikasi terhadap kinerja guru di SMP Negeri 1 Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 3(3)

Syafaruddin, Anzizhan, 2017, Psikologi Organisasi dan Manajemen, Depok: Prenadamedia Group

Downloads

Published

2022-07-01

How to Cite

MALLAWI, M. N., NATSIR, N., MAPPISABBI, A. F., & Azis, A. . (2022). PENGARUH SIKAP KEPEMIMPINAN DALAM PENINGKATAN MOTIVASI KINERJA DOSEN STIA YAPPI MAKASSAR. JOURNAL OF ADMINISTRATIVE AND SOCIAL SCIENCE, 3(2), 21–27. https://doi.org/10.55606/jass.v3i2.14