Keberhasilan Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri Prodi Administrasi Negara Untag Surabaya dan Administrasi Publik Umsida
DOI:
https://doi.org/10.55606/jass.v4i1.120Keywords:
Mahasiswa, Program, Pertukaran.Abstract
Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri antara Prodi Administrasi Negara FISIP Untag Suranaya dan Administrasi Publik FBHIS Umsida. Program tersebut merupakan kegiatan pertukaran pelajar dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk memperluas pengalaman mahasiswa agar dapat merasakan pembelajaran akademik yang berbeda dengan mengikuti proses pembelajaran dikampus lain. Penelitian ini ditujukan untuk melakukan analisis terhadap keberhasilan program pertukaran mahasiswa serta merekomendasikan upaya perbaikan sebagai evaluasi dari program yang diselenggarakan. Tujuan adanya perjanjian kerjasama ini yaitu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan mensinergikan potensi sumber daya yang dimiliki oleh para pihak dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja terkait dengan tugas pokok dan fungsi para pihak. Selanjutnya ruang lingkup kerjasama ini meliputi pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, dosen tamu, seminar atau konferensi bersama, publikasi artikel, pengembangan kurikulum, penerbitan buku dan akreditasi.Beberapa hal yang keterkaitan Pengaruhnya terhadap kedua program studi. Hasil Penelitian Keberhasilan Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri antara Prodi Administrasi Negara FISIP Untag dan Administrasi Publik FBHIS Umsida.
References
Tim Pertukaran Mahasiswa Merdeka. (2021). Evaluation Literacy: Perspectives of Internal Evaluators in Non-Government Organizations
Kemendikbud RI. (2021). Panduan Operasional Pertukaran mahasiswa merdeka. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Latifah, S., Gibran, Z., Saadiah, H., Prasetyawijaya, G., Soraya N.C, A., Al Imam, A., … Ahmad, Z. (2021). Pertukaran Pelajar Unram-UPM : Inovasi Pembelajaran MB-KM Dalam Menumbuhkan Ketangguhan Lulusan Sarjana Kehutanan. Jurnal PEPADU, 2(1). https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v2i1.290
Normadaniyah, Sanusi, and Shadiqien, S. (2019). Peran Komunikasi Lintas Budaya dalam Fungsi Sosial (Studi Kasus Alumni Mahasiswa Pertukaran Pelajar Uniska Banjarmasin Tahun 2019). Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB.
Prahani, B. K., Utama Alan Deta, Mochammad Yasir, Sri Astutik, Paken Pandiangan, Sayidah Mahtari, and Husni Mubarok. (2020). The Concept of “Kampus Merdeka” in Accordance with Freire’s Critical Pedagogy. Studies in Philosophy of Science and Education.
Ramadhani, A. E., Septia, A. Y., Wijayanti, R., and Septianingtias, A. (2021). Pengelolaan Diri Sebagai Upaya Membangun Kerja Sama Dalam Pertukaran Pelajar di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1).
Sudaryanto, Widayati, W., and Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Jurnal Bahasa, 9(2).
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3).