Implementasi MBKM Terhadap Minat Pertukaran Mahasiswa Program Studi Administrasi Negara
DOI:
https://doi.org/10.55606/jass.v4i1.121Keywords:
MBKM, Pertukaran Pelajar, Minat.Abstract
Penelitian ini bertujuan dapat mengetahui implementasi MBKM terhadap minat pertukaran pelajar mahasiswa program studi administrasi negara dari Universitas 17 Agustus 1945 dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Adanya program MBKM agar mahasiswa dapat merasakan pembelajaran diluar kampus dan menambah wawasan beserta relasi yang terjalin antara dua kampus. Pengalaman pertukaran pelajar ini dapat mengasah kemampuan dan kompetensi mahasiswa, sehingga nantinya dapat menjadi lulusan yang siap dalam persaingan global. Metode kualitatif digunakan dalam penelitian ini, data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagaikan kepada 4 mahasiswa dari Universitas 17 Agustus 1945 dan 11 mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dengan program studi Administrasi negara. Dari hasil penelitian, didapatkan sebanyak 80% mahasiswa memilih memiliki minat dan antusias terhdap program pertukaran pelajar dikarenakan banyak mendapatkan relasi dan meninmgkatkan kemampuan dan kompetensi mahasiswa dari kedua pihak kampus. Sehingga program pertukaran pelajar MBKM yang terjalin antara mahasiswa Universitas 17 Agustus 1945 dan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo berdampak positif dan meningkatkan minat mahasiswa lain untuk mengikuti program pertukaran pelajar selanjutnya.
References
Ayu, G., & Kusumah, P. (2022). JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SAINS INDONESIA Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka ( MBKM ) Di Program Studi Kimia Universitas Nusa Bangsa. 5(April), 53–59.
Dzikria, I., & Narulita, L. F. (2021). Pengembangan Kurikulum untuk Pembentukan Jurusan Sistem Informasi Untag Surabaya Berbasiskan Kurikulum MBKM dan ACM IS dengan Metode Kualitatif. Konferensi Nasional Ilmu Komputer 2021, 229–234.
Ecca, S., Mustanir, A., Ahmad, J., Ramlan, P., Adri, K., Mardhatillah, M., & Sulaiman, Z. (2022). Peran Program Pertukaran Pelajar MBKM dalam Pengembangan Kompetensi Lulusan. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 6(3). https://doi.org/10.30998/sap.v6i3.11713
Konsep dan Implementasi Kurikulum MBKM (Merdeka Belajar Kampus Merdeka). (n.d.).
Ningrum, M. N. W., Bupu, J. M., Pandina, Si., & Halim, A. (2021). Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Minat Dan Kendala Mbkm Pertukaran Pelajar Mahasiswa Program Studi Teknik Sipil Universitas Widyagama Malang. The 4th Conference on Innovation and Application of Science and Technology, Ciastech, 1033–1038.
Rodiyah, R. (2021). Implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka di Era Digital dalam Menciptakan Karakter Mahasiswa Hukum yang Berkarakter dan Profesional. Jurnal Nasional Hukum, 7(2), 425–434.
Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran, 2(3), 203–219. https://doi.org/10.24036/sikola.v2i3.108
Wardhani, T. (2021). Sebuah Lesson Learning Program Pertukaran Mahasiswa Mbkm Prodi Agroteknologi Universitas Widyagama Dan Perguruan Tinggi …. … on Innovation and Application of Science …, Ciastech, 989–996. http://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/view/3436%0Ahttps://publishing-widyagama.ac.id/ejournal-v2/index.php/ciastech/article/download/3436/1876).