PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HARD SKILLS DAN SOFT SKILL SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI

Authors

  • Muhammad Wahfiyudin Romadoni Madrasah Aliyah As Sathi' Rembang Jawa Tengah

Keywords:

Implementasi, Pendekatan Suci, Hard Skills dan Soft Skills.

Abstract

Di era globalisasi saat ini, ilmu pengetahuan dan teknologi berkembang pesat. Hal ini berdampak pada proses pembelajaran di lembaga pendidikan. Ada tiga kekuatan besar yang mempengaruhi perkembangan seseorang antara lain masyarakat sipil, negara-bangsa, dan globalisasi. Pendekatan saintifik dimaksudkan untuk memberikan pemahaman kepada siswa dalam mengenal, memahami berbagai materi dengan menggunakan pendekatan saintifik, bahwa informasi dapat datang dari mana saja, kapan saja, tidak tergantung informasi langsung dari guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam upaya meningkatkan hard skill dan soft skill siswa khususnya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Metode penelitian menggunakan deskriptif kualitatif yang meliputi wawancara, dokumentasi dan observasi. Lokasi penelitian dilakukan. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan pendekatan saintifik diharapkan dapat meningkatkan hard skill dan soft skill siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam.

 

 

 

References

Al-Mighwar, M. (2006). Psikologi Remaja Cet I; Bandung: CV. Pustaka Setia.

Daryanto, D. (2014). Pendekatan pembelajaran saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media. Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21: Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kompri, M. P. (2015). Komponen-Komponen Elementer Kemajuan Sekolah. Jakarta: Ar-Ruz Media. Marno, & Supriyatno, T. (2008). Manajemen dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Refika Aditama. Minarti, S. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Musnandar, Aris. (2013). Pendidikan Yang Mencerdaskan-Esai-Esai Pendidikan. Yogyakarta: Naila Pustaka.

Sunarto, H., & Hartono, N. B. A. (2002). Perkembangan Peserta Didik, Jakarta: Rineka Cipta.

Tilaar, H. A. R. (2006). Standarisasi Pendidikan Nasional Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Rineka Cipta. Usman, N. (2002). Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Bandung: CV. Sinar Baru.

Winkel, W. S. (2004). Psikologi Pengajaran [Teaching Psychology]. Jakarta, Indon

Downloads

Published

2023-03-06

How to Cite

Muhammad Wahfiyudin Romadoni. (2023). PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN HARD SKILLS DAN SOFT SKILL SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 96–106. Retrieved from https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/Concept/article/view/227

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.