Ego Integrity Pada Lansia Di Korong Punco Ruyung Nagari Batu Kalang, Kec. Padang Sago, Kab. Padang Pariaman

Authors

  • Ilvy Rahmi Auliya Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Afrinaldi Afrinaldi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Zulfani Sesmiarni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Linda Yarni Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.251

Keywords:

Ego Integrity, Lansia

Abstract

Latar Belakang penulis melakukan penelitian ini bertitik tolak dari permasalahan yang di temui dilokasi penelitian yaitu lansia yang tinggal sendiri dirumah, hidup mandiri tanpa bantuan keluarga. Lansia juga merasa terisolasi dari lingkungan sosial karena lansia sulit menyesuikan diri dengan cara berfikir dan gaya-gaya baru dari generasi yang lebih muda. Tujuannnya untuk mengetahui Ego Integrity pada lansia di Korong Punco Ruyung, Nagari Batu Kalang Kecamata Padang Sago. Penelitian yang penulis lakukan disini adalah penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode deskriptif kualitatif kerena permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini berupa kata-kata baik tertulis maupun lisan, tidak berkenaan dengan angka-angka. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menguraikan dan menggambarkan bagaimana Ego Integrity pada lansia di Korong Punco Ruyung. Penelitian ini penulis lakukan pada lansia yang tinggal di Korong Punco Ruyung. Informan dalam penelitian ini adalah Lansia yang tinggal sendiri dirumah jauh dari orang tua dan Keluarga serta orang terdekat dari lansia, dengan jumlah informan kunci 7 orang dan informan pendukung 4 orang. Penulis menggunakan teknik observasi dan wawancara.  Sedangkan di dalam pembahasannya di gunakan metode deskriptif yaitu metode yang menggambarkan keadaan yang terjadi di lapangan secara sistematis. Dari Hasil penelitian yang penulis lakukan tentang bagaiamana Ego Integrity pada lansia yang hidup sendiri di Korong Punco Ruyung menunjukan sebagian dari lansia memiliki Ego Integrity yaitu lansia mampu menerima siklus kehidupan yang akan menyebab kepuasan terhadap hidup. hal ini terlihat dari bagaiaman lansia menerima keadaan saat ini dan di masa lalu. Sedangakan ada beberapa lansia di anatara nya mengalami Despair yaitu kesulitan dalam untuk mengintegritaskan masa lalu dan menerimanya sehingga menyesali hal-hal yang tidak sesuai dengan keinginan. Dilihat dari ada sebagian lansia mampu beradaptasi dengan lingkungan dan penyesuaian diri, spiritual, bebas dari perasaan takut akan kematian, integritas emosi, kepuasan hidup, menerima keadaan keluarga di masa lalu dan dimasa sekarang.

References

Al-faruq, Shoffa Saifillah, Dkk.2021. Psikologi perkembangan. Yogyakarta : CV BUDI UTAMA

Angito, Albi dan Johan Setiawan.2018. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jawa Barat: CV Jejak.

Dewi, Sofia Rhosma. 2014. Perawatan Gerontik. Yogyakarta: Deepublish. Ditinjau Dari Kematangan Emosi”, Jurnal Pisikologi, 88,73, Februari fungsi keluarga” Jurnal psikologi, Nomor 3 volume 12.

G, Devamethia. 2019. Pengalaman Lansia Terlantar Dalam Menghadapi Krisis Psikososial Tahap Kedelapan. Ego Integrity Vs Despair. Yogyakarta: Universitas sanata Dharma.

Hall, Calvin S. 1954. Pisikologi frue. New York : IRCiSoD hidup lansia : kaitannya dengan integritas diri, integritas suami istri dan

Hurlock, Elizabeth B. 1980. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga. Iin Nasri Impisari, “ Makna Kebahagian Pada Lansia Muslim yang

Maryam, R. Siti. 2008, Dkk. Mengenal usia lanjut dan prawatannya. Jakarta : Selemba Medika.

Olivia, Donna. 2010. Hubungan Antara Integrity Dengan Psychological Well-Being Lanjut Usia Di Panti Sosial Trisna Wredha Melania. Jakarta : UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pranata, Lilik. Dkk. 2021. KEPERAWATAN GERONTIK Pengelola dan pelaksanaan lansia gangguan insomnia. Solok, Provindi Sumatra Barat : CV INSAN CENDIKIA MANIDR.

Putra, Nusa. 2012. Metode Penelitian kualitatif Pendidikan. Jakarta : Raja Gravindo Persada.

Putri, Dewi kurniati, Diah krisna tuti dan herein puspitawati. 2019. “kualitas Raden Fatah Palembang 2017)

Ramdani. 2015. “Kontribusi Kecerdasan spritual dan Dukungan Keluarga Terhadap Kepuasan Hidup lansia Serta Implimikasinya Dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling”. jurnal bimbingan konseling, Vol 2, No 76.

Santrock, Jhon W. 2002. Life- Span Development, Perkembangan Masa Hidup. Jakarta : Erlangga.

Sari, Endah Puspita dan Sartini Nuryonto, “Penerimaan Diri Pada Lanjut Usia

Sarwono, Jhonatan sarwono. 2006. metode penelitian kualitatif dan kuantitatif . Yogyakarta : grahiya ilmu.

Sofia Rhosma Dewi. 2014. Perawatan Gerontik. Yogyakarta : Deepublish

Sudirjo, Encep dan Muhammad Nur. 2018. Pertumbuhan dan Perkembangan Motorik, Sumedang Jawa Barat : UPI Smedang Press.

Sugiyono, 2013. Penelitian kuantitatif kuantitatif R&D Bandung: alfabeta.

Taufik. 2009. Model-Model Konselig, Padang : Universitas Negri Padang.

Triningtyas, Diana Arismawati. dan ,Siti Muhayati. 2018. Mengenal Lebih dekat Tentang Lanjut Usia. Jawa timur : CV AE MEDIA GRAFIKA.

Widyastuti, Valentina. 2004. komik sebagai media alternatif untuk mengangkat integritas-ego pada lansia. Jurnal psikologi No 1 Vol 1.

Yusri, Fadhilla, 2014. Instrument Non Tes Dalam Konseling. Bukitinggi :IAIN Bukitinggi.

Downloads

Published

2023-03-31

How to Cite

Ilvy Rahmi Auliya, Afrinaldi Afrinaldi, Zulfani Sesmiarni, & Linda Yarni. (2023). Ego Integrity Pada Lansia Di Korong Punco Ruyung Nagari Batu Kalang, Kec. Padang Sago, Kab. Padang Pariaman. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 260–274. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.251