Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kesenian Tari Piring dan Lilin

Authors

  • Tiara Indriarti Universitas Ahmad Dahlan
  • Yazida Ichsan Universitas Ahmad Dahlan
  • Wahyu Sugiarto Universitas Ahmad Dahlan
  • Rahma Sabilla Universitas Ahmad Dahlan
  • Fuad Dirahman Universitas Ahmad Dahlan

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v1i3.102

Keywords:

Nilai pendidikan Islam, Kesenian Tari Piring dan Lilin.

Abstract

Seni merupakan sebuah karya yang mengandung nilai estetika, sedangkan seni tari merupakan suatu gerakan yang berirama dan salah satu bentuk dari ekspresi tubuh. Pendidikan Islam yaitu proses memanusiakan manusia agar menjadi hamba yang sebenar-benarnya menurut Al Quran dan Sunnah. Pendidikan Islam memandang seni sebagai suatu kebolehan dan tidak diharamkan, dengan syarat tidak melanggar apa yang telah dijelaskan dalam Al-Quran maupun Sunnah.  Penelitian ini mengkaji mengenai nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung dalam kesenian Tari Piring dan Lilin dengan menggunakan metode kualitatif, kajian literatur berupa studi pustaka. Adapun alasan peneliti perlu mengkaji mengenai nilai-nilai pendidikan Islam dalam kesenian Tari Piring dan Lilin adalah peneliti ingin lebih mengenalkan kesenian tradisional asli Indonesia yang ternyata dapat diaplikasikan dalam pembelajaran pendidikan Islam. Hasil dari penelitian ini yaitu bahwa seni Tari Piring dan Lilin dapat dijadikan sarana atau media bagi pendidikan Islam, melalui kajian filosofis nilai-nilai pendidikan Islam yang terkandung di dalam kedua seni tari tersebut.

 

References

Afif, M. A., Ichsan, Y., Hariadi, D., & Syaifullah, A. (2022). Implementasi seni tari dalam pendidikan islam. Ta’limDiniyah: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), 1–14.

Akromusyuhada, A. (2018). Seni dalam Perpektif Al Quran dan Hadist. Jurnal Tahdzibi: Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 1–6. https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.1.1-6

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019). Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(1), 66–72.

Azizah, L. N. (2022). Mengenal Sejarah Asal Tari Piring dan Makna Setiap Gerakannya. Retrieved from Gramedia bolg website: https://www.gramedia.com/literasi/sejarah-asal-tari-piring/

Haris, M. (2015). Pendidikan Islam dalam Perspektif Prof. H.M Arifin. Ummul Quro, VI(2), 1–19. Retrieved from http://ejournal.kopertais4.or.id/index.php/qura/issue/view/531

Ibnudin. (2022). Asal, sejarah, makna, kostum, properti tari piring. Retrieved from ibnudin.net website: https://ibnudin.net/properti-tari-piring/

Iriani, Z. (2008). Peningkatan Mutu Pembelajaran Seni Tari di Sekolah Dasar. Komposisi: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Seni, 9(2), 143–148. https://doi.org/10.24036/komposisi.v9i2.98

Jhuji, Wahyudi, W., Muslihah, E., & Suryapermana, N. (2020). Pengertian, Ruang Lingkup Manajemen, dan Kepemimpinan Pendidikan Islam. Jurnal Literasi Pendidikan Nusantara, 1(2), 111–124.

Kemendikbud. (2022). Seni. Retrieved from KBBI Daring website: https://kbbi.co.id/arti-kata/seni

Mulachela, H. (2022). Tari Lilin: Sejarah, properti, dan pola lantainnya. Retrieved from kata data website: https://katadata.co.id/safrezi/berita/61adbe5947d52/tari-lilin-sejarah-properti-dan-pola-lantainya

Narawati, T. (2004). Dari Ritual Ke Panggung Pertunjukan: Perkembangan Tari dalam Kehidupan Masyarakt. Humaniora, 16(3), 332–343.

Permana, D., & Ahyani, H. (2020). Implementasi Pendidikan Islam dan Pendidikan Multikultural Pada Peserta Didik. Jurnal Tawadhu, 4(1), 995–1006.

Selasar. (2022). Tari Lilin. Retrieved from selasar.com website: https://www.selasar.com/tari/lilin/

Siswantari, H. (2020). Pandangan Islam terhadap Seni Tari di Indonesia (Sebuah Kajian Literatur). Pelataran Seni, 5(1), 11–28. https://doi.org/10.20527/jps.v5i1.8957

Wijayanti, T. Y. (2018). Seni Tari Dalam Pandangan Islam. Alfuad: Jurnal Sosial Keagamaan, 2(2), 48–58. https://doi.org/10.31958/jsk.v2i2.1440

wikipedia. (2022). Tari piring. Retrieved from wikipedia website: https://id.wikipedia.org/wiki/Tari_piring

Wikipedia. (2022). Tari Lilin. Retrieved December 6, 2022, from wikipedia website: https://id.wikipedia.org/wiki/Tari_Lilin

Wildan, R. (2007a). Seni dalam Perspektif Islam. Islam Futura, VI(2), 78–88.

Wildan, R. (2007b). Seni dalam Prespektif Islam. Islam Futura, VI(2), 78–88.

Yuristia, A. (2018). Pendidikan Sebagai Transformasi Kebudayaan. IJTIMAIYAH: Journal Ilmu Sosial Dan Budaya, 2(1), 1–13. Retrieved from http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/ijtimaiyah/article/view/5714

Downloads

Published

2022-12-12

How to Cite

Tiara Indriarti, Yazida Ichsan, Wahyu Sugiarto, Rahma Sabilla, & Fuad Dirahman. (2022). Nilai-Nilai Pendidikan Islam dalam Kesenian Tari Piring dan Lilin. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(3), 99–109. https://doi.org/10.55606/concept.v1i3.102