Persepsi Mahasiswa Terhadap Konflik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Konflik Di Prodi Manajemen Pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember

Authors

  • Rizqi Tajuddin A. P Universitas Islam Negeri Kiai Haji Acmad Shiddiq Jember
  • Arifatul Aningrum Universitas Islam Negeri Kiai Haji Acmad Shiddiq Jember
  • Novia Afatal H Universitas Islam Negeri Kiai Haji Acmad Shiddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v1i4.99

Keywords:

Persepsi, Mahasiswa, Manajemen Konflik.

Abstract

Jumlah konflik setiap tahun semakin meningkat bahkan kalangan mahasiswa sebagai kalangan akademisi tak luput menghadapi konflik. Terdapat beberapa kasus konflik yang menyangkut mahasiswa dan tentunya diperlukan mata kuliah Manajemen Konflik sehingga mereka memiliki kemampuan menyelesaikan konflik secara konstruktif. Jurnal ini bertujuan menganalisis Persepsi Mahasiswa Terhadap Konflik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Konflik di Prodi Manajemen Pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri Kyai Haji Ahmad Shiddiq Jember. Persepsi yang dianalisis terkait dengan aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Data yang didapat berasal dari observasi dan angket kepada 26 mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Hasil sebelum pembelajaran Manajemen konflik diperoleh data bahwa 73,1% responden memiliki persepsi negatif terhadap konflik, 88,5% responden membutuhkan orang lain untuk menyelesaikan konflik, 61,5% kesulitan dalam menyelesaikan konfilik, dan 65,4% sering mengalah dalam menyelesaikan konflik. Terdapat perubahan persepsi setelah pembelajaran manajemen Konflik yang mengarah pada peningkatan positif yaitu 63% responden memiliki persepsi positif terhadap konflik, 77,8% responden membutuhkan orang lain dalam menyelesaikan konflik, 48,1% kesulitan dalam menyelesaikan konflik, dan 77,8% menghadapi konflik dengan mengalah. Saran bagi permasalahan tersebut yaitu metode pembelajaran Manajemen Konflik lebih menitik beratkan pada aspek afektif seperti bagaimana mengontrol emosi, menumbuhkan kepercayaan diri dalam menyelesaikan konflik, dan berlatih menggunakan metode problem solving. Permasalahan yang dihadapi responden dipengaruhi pula oleh aspek psikologis dan budaya dalam masyarakatnya.

References

Rika Sartika. 2017. Persepsi Mahasiswa Terhadap Konflik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Resolusi Konflik. Vol. 16, No. 1.

Dila Rahmawati. 2017. Gaya Manajemen Konflik Mahasiswa Aktivis Organisasi Himpunan Mahasiswa Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

https://tafsirweb.com/1291-surat-ali-imran-ayat-159.html

Nisa Jakiatin. “Resolusi Konflik dalam Perspektif Komunikasi”.Jurnal Sosial dan Budaya Syar‟i. Vol. II, No. 1 (2015).

Najib Burhani Ahmad. “Pluralism, Liberalism and Islamism: Religious Outlook of Muhammadiyah”. Studia Islamika. Vol. 25, No. 3 (2018).

IPAC Report No 56, (2019), “The Ongoing Problem of Pro-ISIS Cells in Indonesia”. Qodir Zuly. “Gerakan Salafi Radikal dalam Konteks Islam Indonesia: Tinjauan Sejarah”, ISLAMIKA. Vol. 1, No. 8 (2008).

Syahputra Iswandi. “Media Sosial dan Prospek Muslim Kosmopolitan; Konstruksi dan Peran Masyarakat Siber Pada Aksi Bela Islam”. Jurnal Komunikasi Islam. Vol. 08, No. 01, (2018).

Setiadi Elly M. &Kolip Usman. 2013. Pengantar Sosiologi Politik.Jakarta: Prenada Media Group. Van Bruinessen Martin, ed. 2013. Contemporary Development in Indonesian Islam, Explain the „Conservative Turn‟. Singapore: Institute of Southeast Asian Studies. Wildan Muhammad. “The Nature of Radical Islamic Groups in Solo”. Journal of Indonesia Islam. Vol. 07, No. 01, (2013).

Wildan Muhammad. “Aksi Damai 411-212 dan Kesalehan Polpuler, dan Identitas Muslim Perkotaan di Indonesia”.Maarif Institute for Culture and Humanity. Vol. 11. No 2, (2016).

Wahid Din. “Kembalinya Konservatisme Islam Indonesia”. Studia Islamika. Vol. 21, No, 2, (2014). Waid, Ahfa. 2017. Nasihat- Nasihat Keseharian Gus Dur, Gus Mus, dan Cak Nun. Yogyakarta: DIVA Press.

Rika Sartika. 2017. Persepsi Mahasiswa Terhadap Konflik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Resolusi Konflik. Vol. 16, No. 1.

Dila Rahmawati. 2017. Gaya Manajemen Konflik Mahasiswa Aktivis Organisasi Himpunan Mahasiswa Psikologi Pendidikan Dan Bimbingan Fakutas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

https://tafsirweb.com/1291-surat-ali-imran-ayat-159.html

Rika Sartika. 2017. Persepsi Mahasiswa Terhadap Konflik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Resolusi Konflik. Vol. 16, No. 1.

Rika Sartika. 2017. Persepsi Mahasiswa Terhadap Konflik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Pendidikan Resolusi Konflik. Vol. 16, No. 1.

IPAC Report No 56, (2019), “The Ongoing Problem of Pro-ISIS Cells in Indonesia”, 2-5.

Jakiatin Nisa, “Resolusi Konflik dalam Perspektif Komunikasi”, Jurnal Sosial dan Budaya Syar‟i, Vol. II, No. 1

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Rizqi Tajuddin A. P, Arifatul Aningrum, & Novia Afatal H. (2022). Persepsi Mahasiswa Terhadap Konflik Dalam Pembelajaran Mata Kuliah Manajemen Konflik Di Prodi Manajemen Pendidikan Islam di Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(4), 151–163. https://doi.org/10.55606/concept.v1i4.99