PENGARUH HARGA DAN GAYA HIDUP YANG SINGNIFIKAN TERHADAP MINAT PENGUNJUNG PADA THREE CUPS CAFE KOTA MAKASSAR
DOI:
https://doi.org/10.55606/jass.v2i2.25Keywords:
pengaruh harga. Gaya hidup. Minat pengunjung cafeAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah harga dan gaya hidup berpengaruh signifikan terhadap minat pengunjung pada three cups cafe Kota Makassar, serta unuk mengetahui eksistensi usaha kafe di Kota Makassar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa eksistensi sebuah usaha kafe di Kota Makassar sangat dipengaruhi oleh strategi-strategi yang diterapkan oleh masing-masing para pengusahanya, diantaranya ialah; menyediakan fasilitas-fasilitas yang berkualitas seperti fasilitas Wi-Fi salah satunya, sebab Wi-Fi merupakan salah satu fasilitas yang paling populer dan paling dicari oleh para pengunjung kafe/konsumen karena kepraktisannyadalam hal mengakses internet, penentuan lokasi yan strategis, penyediakan harga yang terjangkau atau kompetitif.
Adapun penelitan lainnya itu yang dilakukan oleh Meldriana dan Lisan (2010) Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Resort Cafe AtmosphereBandung. Berdasarkan dari hasil penelitian ini di dapat i nilai sig. Instore Atmosphere dan Outstore Atmosphere secara berturut-turut adalah 0,000dan 0,343, dimana nilai sig. Instore Atmospere lebih kecil dari 0,05 (< 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa layout internal, suara, bau, tekstur dalam ruangan dan desain interior bangunan mempengaruhi minat beli konsumen terhadap Resort Cafe Atmosphere. Sementara nilai sig. Outstore atmosphere lebih besar dari0,05 (> 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa layout eksternal, desain eksterior bangunan tidakmempengaruhi minat beli konsumen terhadapResort Cafe Atmosphre. Berdasarkan uraian di atas, maka peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Pengaruh Harga dan Gaya Hidup Terhadap Minat Pengunjung Pada Three Cups Cafe Kota Makassar.
References
Purnomo, A. K. (2017). Pengaruh Cafe Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Gen Y pada Old BENS Cafe. Jurnal Manajemen Maranatha
Ratnasari, A. D. (2016). Pengaruh Kualitas Produk, Harga, Lokasi dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Djawi Lanbistro Coffee and
Resto Surabaya.
Ridlo, M. R. (2017). Perilaku Konsumtif Remaja Penikmat Warung Kopi. Jurnal Sosiologi.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen : Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Sarwono, J. (2006). Metode Penelitian Kuatitatif & Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Setiadi, N. J. (2008). Perilaku Konsumen: Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran.
Simamora, B. (2003). Memenangkan Pasar Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sutanto, P., & Japarianto, E. (2013). Analisa Pengaruh Service Quality, Price, Dan Customer Relationship Terhadap Customer Loyalty Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening Di Rumah Makan Taman
Handayani Surabaya. Jurnal Manajemen Pemasaran Petra.
Swastha, Basu, & Irawan. (2002). Manajemen Pemasaran Modern Edisi 2. Yogyakarta: Liberty Offset.
Ulfah, T. A. (2015). Gaya Hidup Hedonis pada Mahasiswa yang Mengunjungi Tempat Hiburan Malam Ditinjau Dari Motif Afiliasi. Semarang: Fakultas Psikologi Universitas Semarang.
Wibowo, S. F., & Karimah, M. P. (2012). Pengaruh Iklan Televisi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Lux (Survei Pengunjung Mega
Bekasi Hypermall). Jurnal Riset Manajemen Sains Indonesia.
Wulandari, E., & Sudarwanto, T. (2014). Pengaruh Cafe Atmosphere dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian pada Pos Shop Coffee Toffee Simpang.