Analisis Pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri pada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo

Authors

  • Robbiatul Adawiyah Awahah Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Muhammad Roisul Basyar Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jass.v4i1.119

Keywords:

Pertukaran Mahasiswa, MBKM, Pembelajaran

Abstract

Pertukaran mahasiswa merupakan suatu program yang menyediakan peluang bagi para mahasiswa untuk merasakan pengalaman belajar di universitas lain baik di dalam negeri maupun luar negeri, menerima berbagai ilmu yang berbeda dan lebih maju serta menjadi sarana ntuk bertukar budaya. Pada program pertukaran mahasiswa ini diadakan di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo program studi Administrasi Publik Fakultas Hukum, Bisnis dan Ilmu Sosial. Dalam proses pelaksanaan program Pertukaran Mahasiswa Mandiri di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo melakukan kegiatan seperti pembelajaran formal, mengadakan Kuliah Tamu dengan narasumber profesional yang dapat memberikan wawasan yang luas kepada mahasiswa,  kegiatan penelitian terkait dengan penugasan mata kuliah yang bersangkutan seperti melakukan wawancara dengan perangkat desa mengenai kependudukan desa dan melakukan observasi dan wawancara dengan instansi pemerintah terkait penggunaan aplikasi digital oleh pemerintah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif yang disajikan berupa data dengan pengumpulan datanya menggunakan pengamatan langsung, wawancara dan studi dokumen serta adapun analisis yang digunakan yaitu dengan metode SWOT untuk mengetahui kualitas MBKM di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

References

Abna, N., Muchlis, N., Yusuf, R. A., Syamsu, A., & Shamad, I. (2022). Tantangan (Challenges) Dan Peluang (Opportunities) Kegiatan Pertukaran Pelajar Program Merdeka Belajar- Kampus Merdeka (Mbkm) Pada Mahasiswa Di Universitas Muslim Indonesia. An Idea Health Journal, 2(01), 32–34. https://doi.org/10.53690/ihj.v3i01.70

Anggraini, S., Palupi, A., Hadi, K., & Arsyad, A. T. (2022). Analisis Dampak Program Pertukaran Pelajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Mahasiswa Internal. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(2), 62. https://doi.org/10.36722/jaiss.v3i2.1025

Anwar, R. N. (2022). Motivasi Mahasiswa Untuk Mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 1106–1111. https://core.ac.uk/download/pdf/322599509.pdf

Fauziah, Y., & Vantissha, D. (2021). Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (Mbkm) Di Program Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Esa Unggul. Jurnal Abdimas, 8(2), 117–123.

Insani, N. N., Fitriasari, S., & Iswandi, D. (2021). Persepsi Mahasiswa tentang Program Merdeka Belajar–Kampus Merdeka Pertukaran Pelajar. … : Jurnal Pendidikan, Sejarah …, 5, 245–251. https://www.jurnal.uisu.ac.id/index.php/mkd/article/view/4353

Pohan, F. S., & Kisman, Z. (2022). Dampak Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka Di Universitas Trilogi (Studi Kasus: Prodi Manajemen). Islamic Banking : Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Perbankan Syariah, 7(2), 307–314. https://doi.org/10.36908/isbank.v7i2.391

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Robbiatul Adawiyah Awahah, & Muhammad Roisul Basyar. (2022). Analisis Pelaksanaan Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri pada Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. JOURNAL OF ADMINISTRATIVE AND SOCIAL SCIENCE, 4(1), 75–81. https://doi.org/10.55606/jass.v4i1.119