Keberhasilan Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri Prodi Administrasi Negara Untag Surabaya dan Administrasi Publik Umsida

Authors

  • Cici Ariyanti Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya
  • Ghulam Maulana Ilman Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/jass.v4i1.120

Keywords:

Mahasiswa, Program, Pertukaran.

Abstract

Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri antara Prodi Administrasi Negara FISIP Untag Suranaya dan Administrasi Publik FBHIS Umsida.  Program tersebut merupakan kegiatan pertukaran pelajar dalam rangka Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk memperluas pengalaman mahasiswa agar dapat merasakan pembelajaran  akademik yang berbeda dengan mengikuti proses pembelajaran dikampus lain. Penelitian ini ditujukan untuk melakukan analisis terhadap keberhasilan program pertukaran mahasiswa serta merekomendasikan upaya perbaikan sebagai evaluasi dari program yang diselenggarakan. Tujuan adanya perjanjian kerjasama ini yaitu untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kegiatan pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan mensinergikan potensi sumber daya yang dimiliki oleh para pihak dalam rangka meningkatkan kualitas kinerja terkait dengan tugas pokok dan fungsi para pihak. Selanjutnya ruang lingkup kerjasama ini meliputi pertukaran mahasiswa, pertukaran dosen, dosen tamu, seminar atau konferensi bersama, publikasi artikel, pengembangan kurikulum, penerbitan buku dan akreditasi.Beberapa hal yang keterkaitan Pengaruhnya terhadap kedua program studi. Hasil Penelitian Keberhasilan Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri antara Prodi Administrasi Negara FISIP Untag dan Administrasi Publik FBHIS Umsida.

References

Tim Pertukaran Mahasiswa Merdeka. (2021). Evaluation Literacy: Perspectives of Internal Evaluators in Non-Government Organizations

Kemendikbud RI. (2021). Panduan Operasional Pertukaran mahasiswa merdeka. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Latifah, S., Gibran, Z., Saadiah, H., Prasetyawijaya, G., Soraya N.C, A., Al Imam, A., … Ahmad, Z. (2021). Pertukaran Pelajar Unram-UPM : Inovasi Pembelajaran MB-KM Dalam Menumbuhkan Ketangguhan Lulusan Sarjana Kehutanan. Jurnal PEPADU, 2(1). https://doi.org/10.29303/jurnalpepadu.v2i1.290

Normadaniyah, Sanusi, and Shadiqien, S. (2019). Peran Komunikasi Lintas Budaya dalam Fungsi Sosial (Studi Kasus Alumni Mahasiswa Pertukaran Pelajar Uniska Banjarmasin Tahun 2019). Doctoral Dissertation, Universitas Islam Kalimantan MAB.

Prahani, B. K., Utama Alan Deta, Mochammad Yasir, Sri Astutik, Paken Pandiangan, Sayidah Mahtari, and Husni Mubarok. (2020). The Concept of “Kampus Merdeka” in Accordance with Freire’s Critical Pedagogy. Studies in Philosophy of Science and Education.

Ramadhani, A. E., Septia, A. Y., Wijayanti, R., and Septianingtias, A. (2021). Pengelolaan Diri Sebagai Upaya Membangun Kerja Sama Dalam Pertukaran Pelajar di Perguruan Tinggi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(1).

Sudaryanto, Widayati, W., and Amalia, R. (2020). Konsep Merdeka Belajar-Kampus Merdeka dan Aplikasinya dalam Pendidikan Bahasa (dan Sastra) Indonesia. Jurnal Bahasa, 9(2).

Susilawati, N. (2021). Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka Dalam Pandangan Filsafat Pendidikan Humanisme. Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(3).

Downloads

Published

2022-12-23

How to Cite

Cici Ariyanti, & Ghulam Maulana Ilman. (2022). Keberhasilan Program Pertukaran Mahasiswa Mandiri Prodi Administrasi Negara Untag Surabaya dan Administrasi Publik Umsida. JOURNAL OF ADMINISTRATIVE AND SOCIAL SCIENCE, 4(1), 82–87. https://doi.org/10.55606/jass.v4i1.120