Analisa Penanganan Fasilitas Penumpang Unit Boarding Gate di Maskapai Citilink Bandar Udara Juanda Surabaya

Authors

  • Kautsar Nabila Ady Ningrum, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Hilal Raden Fatchul Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i4.567

Keywords:

Penanganan, fasilitas, penumpang, boarding gate,maskapai citilink, bandar udara juanda Surabaya

Abstract

Bandar udara adalah sektor pusat transportasi udara dalam menyelenggarakan perpindahan moda melalui jalur udara. Bandar udara juga menyediakan fasilitas penunjang untuk mempermudah para penumpang dalam melakukan kegiatan penerbangan. Dengan fasilitas yang baik pula bandar udara bisa dikatakan berkualitas, dan akan menarik peminat dari penumpang khususnya pada area boarding gate. Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah mengetahui bagaimana penanganan fasilitas penumpang di unit boarding gate maskapai citilink di bandar udara juanda Surabaya dan mengetahui apa saja kendala dan bagaimana penanganan kendala fasilitas penumpang di unit boarding gate maskapai citilink di bandar udara juanda Surabaya,

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan pada 01 Juli- 20 Juli 2023di Bandar Udara Internasional Juanda Surabaya. Teknik pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini yaitu dokumentasi, observasi, dan wawancara dengan petugas Airport Oprational Lanside and Terminal dan petugas boarding gate. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penanganan fasilitas sudah di sesuaikan berdasarkan Standar Oprasional Prosedur Oprasional yang meliputi fasilitas yang memberikan kenyamanan terhadap penumpang dan fasilitas yang memberikan nilai tambah dan kendala  yang di hadapi terkait fasilitas penumpang terdapat pada kendala teknis yaitu sering terjadi kerusakan pada travelator dan kenaikan suhu pada area boarding gate dengan penanganan yang di lakukan, berkoordinasi dengan pihak terkait  yaitu pihak mekanikal jika terindikasi kerusakan pada mesin dan elektrical jika terindikasi dengan kelistrikan.

References

Aldo Fitroh Kurniawan (2021). IMPLEMENTASI PENERAPAN PROTOKOL KESEHATAN DI CHECK IN COUNTER DAN BOARDING GATE DI GAPURA ANGKASA BANDAR UDARA INTERNASIONAL YOGYAKARTA (Doctoral dissertation, SEKOLAH TINGGI TEKNOLOGI KEDIRGANTARAAN YOGYAKARTA)

Anisa nopianti (2021). Pengertian Boarding Gate Di Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali.

Ayu Dwi Monika (2022). ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PETUGAS BOARDING GATE MASKAPAI CITILINK PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI BANDAR UDARA I GUSTI NGURAH RAI BALI. (Doctoral dissertation, Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta)

Citilink. (2013, Juni 23). Sejarah Citilink. Retrieved from Citilink : https://id.wikipedia.org/wiki/Citilink

Dari Wikipedia bahasa indonesia, Ensiklopedia bebas PengertianBandarUdara https://www.google.com/search?q=pengertian+bandar+uara&oq=pengertian+bandar+uara&aqs=chrome..69i57j0i13i512l5j0i22i30l2j0i22i30i625j0i8i13i30.5224j0j15&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Kajian Pustaka: Pengertian Analisis Menurut Para Ahli. Infoperbankan, 3 Apr.2020egWww.Infoperbankan.Com/Arti/Pengertian-Analisis.Html. Accessed 20 Oct. 2021

Kumparan: pengertian boarding lounge menurut jendela dunia, 30 desember 2022, https://kumparan.com/jendela-dunia/arti-boarding-lounge-di-bandara-1zXXRDLjNyO

Pemenhub PM 30/2021 tentang pelayanan penerbangan penumpang ekonomi,https://jdih.maritim.go.id/permenhub-pm-302021-standar-pelayanan-minimal-penumpang-angkutan-udara

Sugiyono. ( 2016.). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Wikipedia: sejarah Bandar Udara Juanda Surabaya, 20 juni 2023, https://id.wikipedia.org/wiki/Bandar_Udara_Internasional_Juanda

Downloads

Published

2023-08-14

How to Cite

Kautsar Nabila Ady Ningrum, & Hilal Raden Fatchul. (2023). Analisa Penanganan Fasilitas Penumpang Unit Boarding Gate di Maskapai Citilink Bandar Udara Juanda Surabaya. Student Research Journal, 1(4), 428–438. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i4.567

Similar Articles

1 2 3 4 5 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.