CUSTOMER BEHAVIOR PADA BANDARA SOEKARNO HATTA, JAKARTA

Authors

  • Tasya Twinca Putri Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Nida Handayani Universitas Muhammadiyah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/jass.v4i1.139

Keywords:

Cashierless store, Customer Behaviour, Survey.

Abstract

Dalam beberapa dekade terakhir, sektor ini telah dipengaruhi oleh tren baru yang berbeda, dari kelahiran supermarket hingga munculnya e-commerce, hingga pengenalan cashierless store. Dalam dekade terakhir, kami telah mengamati tren yang berkembang yang melibatkan teknologi baru dan peningkatan otomatisasi layanan, dengan tujuan untuk meningkatkan kecepatan, konektivitas, dan ketersediaan penggunaan. Meskipun bidang aplikasinya bervariasi, ada kecenderungan untuk mengurangi kebutuhan kontrol manusia dalam melakukan berbagai operasi. Yang terakhir mewakili kategori baru toko yang sepenuhnya berbasis komputer dan digital, di mana penggunaan kamera, sensor, dan rak otomatis meminimalkan interaksi manusia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengetahuan customer tentang cashierless store, dan relevansi berbagai faktor yang terkait dengan jenis toko baru ini. Kuesioner dikirim ke 30 customer untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi situasi aktual dan pengetahuan tentang topik ini. Analisis statistik, mengenai pengetahuan mereka tentang cashierless store dan pengalaman customer, disediakan untuk membahas faktor-faktor paling relevan yang memengaruhi persepsi dan sikap customer, dengan perbandingan per jenis kelamin dan jenis pengguna. Hasil analisis yang diberikan mengungkapkan bahwa mereka mengetahui tentang cashierless store sebelumnya.

References

Schögel, M.; Lienhard, S.D. Cashierless Stores-The New Way to the Customer? Marketing Review St. Gallen: St. Gallen, Switzerland, 2020.

Clawson, T. Online Shopping Is Killing Physical Stores, Can an Online Platform Come to the Rescue? Available on line: https://www.forbes.com/sites/trevorclawson/2019/07/28/online-shopping-iskilling-physical-stores-can-a-digital platform-come-to-the-rescue/?sh=45387eff7472 (accessed on 25 Agustus 2022).

Gulson, K.N.; Murphie, A.; Witzenberger, K. Amazon Go for Education?: Artificial Intelligence, Disruption, and Intensification. In Digital Disruption in Teaching and Testing; Routledge: London, UK, 2021; 90-106.

Junsawang, S.; Chaveesuk, S.; Chaiyasoonthorn, W. Willingness to Use Self-Service Technologies Innovation on Omnichannel. In Proceedings of the 2021 IEEE 8th International Conference on Industrial Engineering and Applications (ICIEA), Kyoto, Japan, 23-26 April 2021; 575-582.

Polacco, A.; Backes, K. The amazon go concept: Implications, applications, and sustainability. J. Bus. Manag. 2018, 24, 79-92.

Hattula, C.; Buchmann, M.; Moura, F.T. The Acceptance of Amazon Go: An Analysis based on the Technology Acceptance Model and Cultural Dimensions. Dimensions 2020, 49, 62915.

Downloads

Published

2023-01-08

How to Cite

Tasya Twinca Putri, & Nida Handayani. (2023). CUSTOMER BEHAVIOR PADA BANDARA SOEKARNO HATTA, JAKARTA. JOURNAL OF ADMINISTRATIVE AND SOCIAL SCIENCE, 4(1), 183–194. https://doi.org/10.55606/jass.v4i1.139

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.