Strategi Bertahan Hidup Pakaian Bekas Di Pasar Uka Garuda Sakti Km 3 Pekanbaru

Authors

  • Khairun Nisa Universitas Riau
  • Indrawati Indrawati Universitas Riau

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.240

Keywords:

Pedagang Pakaian , Strategi Bertahan Hidup, Modal Sosial

Abstract

Penelitian ini dilakukan di Pasar Uka kelurahan Air Putih Kecamatan Tuah Madani Kota Pekanbaru Provinsi Riau dengan tujuan untuk mengetahui : 1) Bagaimana profil pedagang pakaian bekas, serta 2) Bagaimana strategi pedagang pakaian bekas untuk mengatasi persoalan yang dihadapi oleh usahanya. Penelitian ini menggunakan penelitian pendekatan metode kualitatif secara  deskriptif dengan mengambil 5 subjek utama 2 informan triangulasi dan 2 subjek kunci (Key informan). Serta penentuan informasi ini menggunakan teknik Purposive Sampling  dengan pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori Strategi Bertahan Hidup Edi Suharto. Hasil analisis dari penelitian ini  yang Pertama,  aspek yang menjadi pedagang pakaian bekas adalah masih mudahnya untuk mendapatkan pakaian bekas dari kota-kota lain yang banyak pemasoknya dan Mendapatkan keuntungan  dengan  modal tidak terlalu banyak. Para peminat  pakaian bekas ini selalu ada, Pedagang selalu menjual dengan melihat merk dan  model.  Kedua, Kendala yang sering dihadapi oleh pedagang adalah izin pemerintah tentang adanya larang impor pakaian bekas dan para pedagang juga sering mendapatkan pakaian bekas yang tidak bagus. Ketiga, Strategi yang dilakukan pedagang adalah Strategi aktif dengan cara mempertahankan potensi yang seperti memanfaatkan anggota keluarga, selektif dalam berjualan dan menambah barang dagangan. Serta, strategi pasif menghemat pengeluaran ekonomi dengan cara mampu memilih harga pakaian yang tinggi untuk menciptakan pendapatan tinggi dan menabung hasil dagangan, dan strategi jaringan dengan cara harus menjalin hubungan yang baik dengan pihak agen dan pembeli untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

References

Ahyar, Hardani, Universitas Sebelas Maret, Helmina Andriani, Dhika Juliana Sukmana, Universitas Gadjah Mada, M. Si. Hardani, S.Pd., Grad. Cert. Biotech Nur Hikmatul Auliya, M. Si. Helmina Andriani, Rhousandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, dan Ria Rahmatul Istiqomah. 2020. Buku Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif

Arifin, Arifin. 2017. “Strategi Manajemen perubahan dalam meningkatkan disiplin diperguruan tinggi.” EDUTECH ilmu pendidikan dan ilmu sosial 3 No 1(1):117–32.

Damsar . (2009). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Kencana.

Edi Suharto. (2009). Pekerja Sosial dan Kesejahteraan Sosial. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Fukuyuma. (2007). Kebajikan Sosial dan Penciptaan Kemakmuran. Yogyakarta: Qalam.

Fujiati, Danik. 2017. “JURNAL Perempuan Pedagang dan Pasar Tradisional.” 9(2):106–24.

George Ritzer and Douglas J.Goodman. (2009). Teori Sosiologi: dari Teori Sosiologi Klasik sampai Perkembangan Mutakhir Teori sosial Postmodern. Yogyakarta: Kreasi wacana.

Lelawati, Putri Suci., 2015, Eksistensi Pedagang Kecil di Kecamatan Rumbai Pesisir Kota Pekanbaru, Jurnal Online Mahasiswa Bidang Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Volume 2, Nomor 2

Nasution Martono,Nanang. (2013). Kekerasan Simbolik di Sekolah Sebuah Ide Sosiologi Pendidikan Pierre Bourdieu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Parlaungan.Ade.,2015. “Pemberdayaan Sektor Ekonomi Informal : Suatu Tinjauan Empiris.” Nucl. Phys. 13(1):104–16.

Putri, Fadilla Amalia. 2019. “Strategi Bertahan Pedagang Pasca Bencana Kebakaran di Pasar Atas Kota Bukittinggi.” Jurnal Sosiologi Andalas 5(1):35–48. doi: 10.25077/jsa.5.1.35-48.2019.

Setia, Resmi. 2005. “Gali Tutup Lubang Itu Biasa: Strategi Buruh Menanggulangi Persoalan dari Waktu ke Waktu. Bandung: Yayasan Akatiga.”151(2):10–17.

Sulaeman, M. M. dan Homzah, S. . (2013). Pengembangan (Modifikasi) Teori Modal Sosial dan Aplikasinya yang Berbasis Masyarakat Petani Peternak. Jurnal Fakultas Peternak Universitas Padjajaran, 1-13.

Downloads

Published

2023-03-17

How to Cite

Khairun Nisa, & Indrawati Indrawati. (2023). Strategi Bertahan Hidup Pakaian Bekas Di Pasar Uka Garuda Sakti Km 3 Pekanbaru. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 142–152. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.240