Pemanfaatan Google Form dalam Asesmen Diagnostik di SMA Negeri 11 Semarang

Authors

  • Martina Puspita Rakhmi Universitas Negeri Semarang
  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Sab’ah Ashfiya Adiratna Salim Putri Universitas Negeri Semarang
  • Wildan Ghufron Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.236

Keywords:

asesmen diagnostik, Google Form, teknologi pendidikan

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya tingkat literasi peserta didik di Indonesia pada uji PISA. Guru yang belum mampu menerapkan metode dan strategi belajar dengan tepat karena tidak dilakukannya asesmen diagnostik. Asesmen diagnostik belum menjadi kebutuhan mendesak untuk mendiagnosis karakteristik peserta didik. Asesmen ini juga dianggap cukup menyita waktu terkait pemerolehan dan pengolahan data. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan teknologi pendidikan yang dapat mengakselerasi upaya penyelenggaraan asesmen diagnostik. Pemanfaatan teknologi yang dimaksud adalah Google Form. Jenis penelitian adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi teknik. Dari hasil penelitian diketahui bahwa ada empat tahap pemanfaatan Google Form, yaitu perencanaan, pembuatan, penyebaran, dan pengelolaan data. Google Form memiliki kelebihan dalam hal kemudahan pengoperasian, penyebaran, pengolahan data, dan aksesibilitas. Google Form menjadi pilihan yang sangat tepat bagi guru untuk melakukan asesmen diagnostik, sebab keefektivan dan keefisiensian penggunaannya.

 

 

 

References

Alfansyur, A., & Mariyani. "Seni Mengelola Data: Penerapan Triangulasi Teknik, Sumber dan Waktu pada Penelitian Pendidikan Sosial". Historis : Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146–150, Desember 2020. https://doi.org/10.31764/historis.vXiY.3432

Batubara, H. H. "Penggunaan Google Form sebagai Alat Penilaian Kinerja Dosen di Prodi PGMI Uniska Muhammad Arsyad Al Banjari". Al-Bidayah : Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 8(1), Juni 2016. https://jurnal.albidayah.id/index.php/home/article/view/91

Dahlan, A. (2021). Bahagia dengan Mengenali Watak. Youtube. https://www.youtube.com/watch?v=Hwzw7nONRhk

Febriadi, B., & Nasution, N. "Sosialisasi dan Pelatihan Aplikasi Google Form Sebagai Kuisioner Online untuk Meningkatkan Kualitas Pelayanan". Inovtek Polbeng - Seri Informatika, 2(1), 68–72, Juni 2017. http://ejournal.polbeng.ac.id/index.php/ISI/article/view/119

Hanafiah, Supyan Sauri, R. S., Mulyadi, D., & Arifudin, O. "Penanggulangan Dampak Learning Loss dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Sekolah Menengah Atas". JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan), 1816–1823, Juni 2022. http://jiip.stkipyapisdompu.ac.id/jiip/index.php/JIIP/article/view/642/582

Hasan, H. "Optimalisasi Google Form dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Era Pandemi Covid-19". Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab, 6(6), 181–192, Oktober 2020. https://doi.org/10.29300/MJPPM.V9I1.3002

Hasanah, H. "Teknik-Teknik Observasi (Sebuah Alternatif Metode Pengumpulan Data Kualitatif Ilmu-ilmu Sosial)". At-Taqaddum, 8(1), 21–46, Juli 2016. https://doi.org/10.21580/AT.V8I1.1163

Hati, S. M. "Efektivitas Penggunaan Aplikasi Quizizz dalam Melakukan Assesmen Diagnostik Non Kognitif Siswa Kelas 12 IPS Lintas Minat di SMA YPHB Kota Bogor". Arus Jurnal Pendidikan, 1(3), 70–76, Desember 2021. https://doi.org/10.57250/AJUP.V1I3.22

Indrawati, Bahri, S., Rusmayadi, M., Isnawan, M. G., & Pakhrurrozi, I. "Pelaksanaan Asesmen Diagnostik: Tes Kepribadian Siswa Kelas VII di SMPN 4 Keruak". Rengganis Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 1–8, Mei 2022. https://doi.org/10.29303/RENGGANIS.V2I1.156

Laulita, U., Marzoan, & Rahayu, F. "Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Asesmen Diagnostik pada Kurikulum Merdeka". Jurnal Pendidik Indonesia (JPIn), 5(2), 1–17, Oktober 2022. https://doi.org/10.47165/JPIN.V5I2.348

Mardiana, T., & Purnanto, A. W. "Google Form Sebagai Alternatif Pembuatan Latihan Soal Evaluasi". University Research Colloquium, 183–188, 2017. http://journal.unimma.ac.id/index.php/urecol/article/view/1582/701

Mashurwati, Y. "Penerapan Inventory Tes Gaya Belajar Remaja dengan Aplikasi Google Form sebaga Media Sosial serta Pengembangan Program Layanan Bimbingan dan Konseling Terkait". Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(1), 1–6, April 2018. https://doi.org/10.29210/120182131

Mustika, I., & Isnaini, H. "Workshop dan Penyuluhan Asesmen Kognitif dan Nonkognitif Kurikulum Prototipe kepada Guru-Guru di Kabupaten Subang". Abdimas Siliwangi, 5(3), 527–542, Oktober 2022. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/abdimas-siliwangi/article/view/10666/3805

Nasution, S. W. "Asesmen Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Dasar". Prosiding Pendidikan Dasar, 1(1), 135–142, Januari 2022. https://doi.org/10.34007/PPD.V1I1.181

Ngafifah, S. "Penggunaan Google Form dalam Meningkatkan Efektivitas Evaluasi Pembelajaran Daring Siswa pada Masa Covid19 di SD IT Baitul Muslim Way Jepara". As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 9(2), 123–144, Desember 2020. https://doi.org/10.51226/ASSALAM.V9I2.186

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. "Optimalisasi Penggunaan Google Form terhadap Pembelajaran Matematika". Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 56–65, Januari 2021. https://ejurnal.teknokrat.ac.id/index.php/jurnalmathema/article/view/1008

Permatasari, N. A., Setiawan, D., & Kironoratri, L. "Model Penanaman Karakter Disiplin Siswa Sekolah Dasar pada Masa Pembelajaran Daring". Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3758–3768, Agustus 2021. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1303

Prastiwi, A. T., Masruroh, D., & Rumbaroa, R. H. "Optimizing Google Classroom, Google Form and Zoom in Arabic Learning at Al-Azhar Islamic Boarding School Yogyakarta". Alsuniyat: Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra, Dan Budaya Arab, 4(2), 95–109, Oktober 2021. https://doi.org/10.17509/ALSUNIYAT.V4I2.32300

Pratiwi, I. "Efek Program PISA terhadap Kurikulum di Indonesia". Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), Juni 2019. DOI : 10.24832/jpnk.V4i1.1157

Rahmi, A., Fitriani, H., Faradhillah, F., & Deri, N. O. "Optimalisasi Google Form sebagai Media Multifungsi bagi Guru SMP Negeri 2 Wih Pesam di Masa New Normal". Jurnal Vokasi, 6(3), 163–167, November 2022. https://doi.org/10.30811/VOKASI

Samsiadi, & Humaidi, N. M. "Efektivitas Google Form sebagai Media Penilaian dan Evaluasi Pembelajaran PAI di SMK Negeri 1 Berau Kaltim". Research and Development Journal of Education, 8(2), 666–673, Juli 2022. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i2.13634

Suprayitno, T. "Pendidikan di Indonesia: Belajar dari Hasil PISA 2018". Badan Penelitian dan Pengembangan. Desember 2019. https://repositori.kemdikbud.go.id/16742/

Supriyadi, S., Lia, R. M., Rusilowati, A., Isnaeni, W., Susilaningsih, E., & Suraji, S. "Penyusunan Instrumen Asesmen Diagnostik untuk Persiapan Kurikulum Merdeka". Journal of Community Empowerment, 2(2), 67–73, Agustus 2022. https://doi.org/10.15294/JCE.V2I2.61886

Wulandari, R. D., & Murdiono, M. "Optimalisasi Google Form sebagai Instrumen Penilaian Tertulis di Masa Pandemi pada Pembelajaran PPKn di SMP Negeri 1 Sleman". E-CIVICS, 11(1), 55–64, Mei 2022. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/civics/article/view/18010

Wuryanto, H., & Abduh, M. Mengkaji Kembali Hasil PISA sebagai Pendekatan Inovasi Pembelajaran untuk Peningkatan Kompetensi Literasi dan Numerasi. Direktorat Guru Pendidikan Dasar. Desember 2022. https://gurudikdas.kemdikbud.go.id/news/mengkaji-kembali-hasil-pisa-sebagai-pendekatan-inovasi-pembelajaran--untuk-peningkatan-kompetensi-li

Zulfadhli, M. "Pengetahuan tentang Karya Tulis Ilmiah bagi Mahasiswa Baru". Jurnal Pembahas:PembelajaranBahasadanSastra, 1(1), 1–10, Januari 2022. http://pembahas.dialeks.id/index.php/jp/article/view/10/1

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Martina Puspita Rakhmi, Asep Purwo Yudi Utomo, Sab’ah Ashfiya Adiratna Salim Putri, & Wildan Ghufron. (2023). Pemanfaatan Google Form dalam Asesmen Diagnostik di SMA Negeri 11 Semarang. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 115–126. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.236