PENTINGNYA PERAN PEMBINA DALAM KEDISIPLINAN ANAK PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH CABANG GUGUK II

Authors

  • Anita Halima UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi
  • Hidayani Syam UIN Sjech M.Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v1i4.142

Keywords:

Pembina, Disiplin, Panti Asuhan

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui seberapa pentingnya perhatian dari seorang pembina kepada anak yang di asuh, terkhusus di Panti Asuhan Muhammadiyah Cabang Guguk II. Sebagaimana kita ketahui panti asuhan adalah tempat bagi anak-anak yang kurang mendapatkan kebahagiaan, perhatian dalam keluarga. Di panti asuhan inilah semua harapan mereka gantungkan untuk mewujudkan cita-cita yang di dalam rumah tidak mereka dapatkan. Tentunya di panti asuhan anak-anak ini diatur oleh seorang pimpinan yang mana biasa dikenal dengan sebutan pembina panti asuhan, yang akan mengatur, memberi perhatian, menyemangati anak-anak supaya menjadi anak-anak yang mandiri, berbakat, berprestasi dan memiliki kemampuan di bidang khusus untuk kelangsungan hidup mereka di masa yang akan datang. Pembina panti adalah ibu bagi mereka yang membutuhkan limpahan kasih sayang.

 

 

References

Barnawi dan Muhammad Arifin. 2012. Instrument Pembinaan dan Penilaian Kinerja Guru Profesioanal. Yogyakarta: Ar Ruzz Media.

Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Maleong, L. J. 2011. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa. E. 2009. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya

Semiawan, Conny R. 2008. Penerapan Pembelajaran Pada Anak. Jakarta: Index

Downloads

Published

2023-01-09

How to Cite

Anita Halima, & Hidayani Syam. (2023). PENTINGNYA PERAN PEMBINA DALAM KEDISIPLINAN ANAK PANTI ASUHAN MUHAMMADIYAH CABANG GUGUK II. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(4), 191–196. https://doi.org/10.55606/concept.v1i4.142

Similar Articles

You may also start an advanced similarity search for this article.