Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Talaborong Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa

Authors

  • Irmawati Irmawati Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Syarifuddin Cn. Sida Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Muliani Azis Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.289

Keywords:

The power of two, Learning Outcomes

Abstract

This type of research is class action research (Class Action Research) which consists of two cycles where each cyle is held in 3 meetings. The research procedure consists of 4 stages in each cycle, namely planning, action, observation, and reflection. The subjects in this study were 26 grade IV students of SD Inpres Talaborong, west Bajeng District, Gowa Regency. The results of study showed that in the first cycle, out of 26 students, only 17 students or around 65,4% met the minimum completeness criteria (KKM). Meanwhile, in cycle II, there were 23 students or around 88,5% who completed it. Based on results of the research above, it can be concluded that application of the power of two type active learning strategy can improve student learning outcomes in social studies class IV SD Inpres Talaborong West Bajeng District Gowa Regency.

                                                                                

 

References

Ahmad, Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Ahmad, Susanto. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

Al Ghiffarri, Rayhan Abizar. 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran The Power Of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Dharma Karya UT. UIN Syarif Hidayatullah

Apriliyanti, Ika. 2010. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Teknik The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Matematika. Pendidikan Matematika, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Arikunto. Suharmisi. 2019. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.

Athiya, Rahmawati Zamzim. 2014. Penerapan Metode The Power Of Two Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh Siswa Kelas V MIN Ngantru Tulungagung. Skripsi Diterbitkan: IAIN Tulungagung

B Uno, Hamzah & Nurdin Mohamad. 2013. Belajar dan Pendekatan PAIKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Dessy, Triana Relita, dkk. 2017. “Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Peer Lesson Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa.” Sosio Didaktika: SOCIAL Education Journal, Vol 4 Nomor 2

Ervita, A., Rapani, R., & Suwarjo, S. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Tipe The Power of Two terhadap Hasil Belajar IPS Siswa. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 6(4).

Ferdinan. 2017. Desain Pembelajaran. Jakarta: Gunadarma Ilmu

Hamruni. 2012. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani

Hisyam, Zaini, Bermawy Munthe dan Sekar Ayu Aryani. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Insan Madani

Ihwanah, Al. 2016. Strategi The Power Of Two Dan Implikasinya Terhadap Efektivitas Pembelajaran Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Tarbiyatunah, Vol.7 No.1

Irham, Muhammad dan Novan Ardi. 2013. Psikologi Pendidikan Teori dan Aplikasi dalam Pembelajaran. Yogyakarta: AR-Ruzz Media

Mudlofir dan Rusydiyah. 2016. Strategi Pembelajaran SD. Jakarta: Bumi Aksara

Muhammad, Yamin dan Hum, 2012. Desain Pembelajaran Efektif. Makassar: Alauddin University Press, h. XV.

Rahmawati, S. 2018. Pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Teknik The Power Of Two Terhadap Kemampuan Memberikan Tanggapan Siswa Kelas V SD. Islam Plus Darul Mustafa Petukangan Selatan (Bachelor's thesis)

Siska, Yulia. 2018. Pembelajaran IPS di SD/MI. Sleman: Garudhawaca

Sriwahyuni. 2017. Pengaruh Model Active Learning Terhadap Hasil Belajar Keterampilan Membaca Pantun Siswa Kelas IV SDN No. 167 Inpres Malewang Kec. Polongbangkeng Utara, Kab. Takalar. Skripsi. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar

Sugiono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. (Alfabeta Bandung: Alfabeta)

Suhartini, S. 2017. Pengaruh Penerapan Metode The Power of Two Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas IV SDN 02 Beleka. Doctoral dissertation, Universitas Mataram

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Susanto, Ahmad. 2014. Pengembangan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Wahyuningsih, Sri. 2010. Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif The Power Of Two Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Skripsi, UIN Syarif Hidayatullah

Wina, Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana

Downloads

Published

2023-05-23

How to Cite

Irmawati Irmawati, Syarifuddin Cn. Sida, & Muliani Azis. (2023). Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe The Power of Two untuk Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Inpres Talaborong Kecamatan Bajeng Barat Kabupaten Gowa. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(2), 103–111. https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.289