Pemberdayaan Remaja dalam Membangun Mental Health Awareness untuk Mencapai Generasi Emas di UPT SMAN 13 Maros, Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros

Authors

  • Andi Sani Universitas Muslim Indonesia
  • Harpiana Rahman Universitas Muslim Indonesia, Makassar
  • Sartika Sartika Universitas Muslim Indonesia, Makassar

DOI:

https://doi.org/10.55606/jppmi.v1i4.91

Abstract

Abstrak

Kesehatan remaja merupakan hal yang penting bagi perkembangan remaja dan dipengaruhi  oleh  psikologis dari remaja. Mereka berhadapan dengan berbagai perubahan yang sedang terjadi dalam dirinya maupun target perkembangan yang harus dicapai sesuai dengan usianya serta berbagai tantangan yang berkaitan dengan pubertas, perubahan peran sosial, dan lingkungan dalam usaha untuk mencapai kemandirian. Tantangan ini menimbulkan masalah perilaku dan tekanan dalam kehidupan remaja.

Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan memberikan informasi kesehatan mental remaja dan meningkatkan kesadaran siswa terhadap masalah kesehatan mental. Kegiatan ini melibatkan 30 siswa SMAN 13 Maros. Metode pendekatan yang digunakan adalah penyuluhan berbasis ceramah tentang kesehatan mental pada remaja

Hasil Dari kegiatan Penyuluhan didapatkan Terjadinya Peningkatan Pengetahuan tentang Kesehatan Mental sebasar 24,6% setelah dilakukan Evaluasi melaui Kuesioner. Diharapkan pada pihak sekolah lebih sering dilakukan Sosialisasi mengenai pentingnya menjaga Kesehatan Mental serta pihak Sekolah dapat memfasilitasi bila ada siswa yang memiliki keluhan yang mengarah pada gangguan Kesehatan mental. 

 

References

Jorm, A. F. 2012. “Mental Health Literacy; Empowering the Community to Take Action for Better Mental Health.” American Psychologist 67 (3): 231–243.

Prasetyo, Angga Eko. 2021. “Edukasi Mental Health Awareness Sebagai Upaya Untuk Merawat Kesehatan Mental Remaja Dimasa Pandemi.” Journal of Empowerment 2 (2): 261. https://doi.org/10.35194/je.v2i2.1757.

RI, Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan. 2018. “Profil Kesehatan Penduduk Tahun 2018.” Jakarta.

Sidjabat, Forman Novrindo, Rachelda Bella Alycia Macado, Widya Puspitasari, Dhea Alayda Akrima, Octawayaning Marvionada, Indi Paniulin Toto, Tiana Kuntari, Nevira Anis Subagio, and Rizky Zahra Nurfajri Sabarno. 2022. “Pemberdayaan Remaja Berbasi Online Sebagai Promotor Kesehatan Jiwa.” COVIT: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2 (1): 20–30.

Soesilo, Aloysius L S. 2014. “Promosi Kesehatan Mental Dan Prevensi Gangguan Mental Pada Anak Dan Remaja.” UKSW Salatiga, 1–16.

Downloads

Published

2022-12-09

How to Cite

Sani, A., Harpiana Rahman, & Sartika, S. (2022). Pemberdayaan Remaja dalam Membangun Mental Health Awareness untuk Mencapai Generasi Emas di UPT SMAN 13 Maros, Desa Pucak, Kecamatan Tompobulu, Kabupaten Maros. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 118–123. https://doi.org/10.55606/jppmi.v1i4.91