EFEKTIVITAS PROGRAM PEDULI ANAK (PENA) DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS REMAJA KELURAHAN MELAYU KOTA PIRING
DOI:
https://doi.org/10.55606/jppmi.v1i4.78Keywords:
Remaja, Kreativitas, Minat Berkarya.Abstract
Remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menjadi dewasa. Pada masa ini mereka mengalami perubahan baik secara fisik ataupun pola pikir. Para remaja menjadi lebih aktif apalagi terkait dengan perkembangan teknologi. Namun disini, pemanfaatan mereka akan teknologi hanya sebatas untuk hiburan seperti bermain game, menonton video dan lain sebagainya. Melalui kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang bertujuan untuk membantu remaja khususnya remaja di Kelurahan Melayu Kota Piring agar lebih berkreativitas dalam berkarya melalui pemanfaatan teknologi. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini adalah workshop dengan sasarannya adalah remaja yang tergabung dalam Forum Anak Kelurahan Melayu Kota Piring serta siswa-siswi SMPN 2 Tanjungpinang yang berjumlah 50 orang. Hasil kegiatan ini yakni meningkatnya kreatvitas dan pola pikir remaja di Kelurahan Melayu Kota Piring dalam hal menjadi seorang influencer. Terlebih lagi sulitnya lapangan kerja pada masa sekarang memaksa kita untuk bisa dalam berbagai hal dan melakukan kegiatan yang dapat menghasilkan pendapatan. Melalui kegiatan ini remaja juga sekaligus diajarkan untuk menjadi wirausaha dan bahkan bisa membuka peluang untuk lapangan pekerjaan.
References
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
Mubaroq, H., & Hidayati, Y. nurul. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Sosial Instagram Dan Facebook Dalam Pembentukan Budaya Alone Together Pada Kalangan Remaja Di Desa Ambulu Kecamatan Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Populika, 10(2), 54–61. https://doi.org/10.37631/populika.v10i2.497
Psikologi, F., Buana, U., Karawang, P., & Karawang, P. (2021). 64 | A b d i m a J u r n a l P e n g a b d i a n M a h a s i s w a. 1(1), 64–69.
Puspitarini, D. S., & Nuraeni, R. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common, 3(1), 71–80. https://doi.org/10.34010/COMMON.V3I1.1950
Sembiring, M. A., Sibuea, M. F. L., & Agus, R. T. A. (2021). Workshop Pengembangan Kreatifitas Siswa Melalui Multimedia Sosial Youtube. Jurnal Pemberdayaan Sosial Dan Teknologi Masyarakat, 1(1), 77–80.
Wicaksana, A. (2016). https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf