Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Menggunakan Metode Mind Mapping pada materi PAI untuk siswa kelas XI di SMAN 8 Bekasi
DOI:
https://doi.org/10.55606/jppmi.v1i4.68Keywords:
metode pembelajaran, berpikir kreatif, pendidikan agama islamAbstract
Tujuan dari pengabdian ini yaitu untuk menerapkan metode pembelajaran Mind Mapping pada materi PAI di tingkat sekolah menengah. Metode penelitian ini menerapkan metode deskriptif kualitatif mengambil subjek 30 siswa kelas XI yang dilaksanakan melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pemicu kebiasaan siswa menyukai hal yang selesai dalam berbagai aktivitas ternyata menjadi permasalahan bagi siswa saat meningkatkan daya kreatifitas pemikirannya sehingga berdampak pada kurangnya kreatifitas siswa dalam mengelola materi pembelajaran dan meningkatkan keaktifan siswa. Hasil penelitian ini menyajikan bahwa dengan metode mind mapping siswa mampu menuangkan kreatifitasnya dengan memahami materi pelajaran PAI sehingga proses nalar kreatifnya dapat meningkat. Metode tersebut sangat efektif dan menjadi rekomendasi untuk pendidik dalam menyampaikan materi pembelajaran PAI di dalam kelas.
References
Ahmad, M. (2017). Hubungan Potensi Akal dengan Kreativitas Belajar Siswa Bidang Studi Pendidikan Agama Islam di SMK Kanada Sakura Indonesia (KANSAI) Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 2(1), 51–72. https://doi.org/10.25299/althariqah.2017.vol2(1).647
Anugraheni, I. (2018). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter Kreatif Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2). https://doi.org/10.24176/re.v8i2.2351
Darusman, R. (2014). Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa Smp. Infinity Journal, 3(2), 164. https://doi.org/10.22460/infinity.v3i2.61
Davies, M. (2011). Concept mapping, mind mapping and argument mapping: What are the differences and do they matter? Higher Education, 62(3), 279–301. https://doi.org/10.1007/s10734-010-9387-6
Fitri, A., & Pratama, M. (2020). Pengaruh Mendengarkan Murottal Al-Qur’an Terhadap Kecemasan Public Speaking Pada Mahasiswa Jurusan Psikologi Universitas Negeri Padang. 12.
Girsang, L. R. M. (2018). ‘Public Speaking’ Sebagai Bagian Dari Komunikasi Efektif (Kegiatan Pkm Di Sma Kristoforus 2, Jakarta Barat). Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, 2(2). https://doi.org/10.30813/jpk.v2i2.1359
Hariandi, A. (2019). Strategi Guru Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Alquran Siswa Di SDIT Aulia Batanghari. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(1), 10–21. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i1.6906
Iriani, F. (2019). Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran dan Kemampuan Siswa dalam Memahami Materi PAI di Sekolah Dasar. DAYAH: Journal of Islamic Education, 2(2), 168. https://doi.org/10.22373/jie.v2i2.4164
Maesaroh, S. (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat Dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam. Jurnal Kependidikan, 1(1), 150–168. https://doi.org/10.24090/jk.v1i1.536
Maksum, A. (2019). Strategi Belajar Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. 3(1), 8.
Rhamayanti, Y. (2018). Pentingnya Keterampilan Dasar Mengajar Bagi Mahasiswa Praktek Pengalaman Lapangan (Ppl) Prodi Pendidikan Matematika. 3, 8.
Sartika, S. H., Dahlan, D., & Waspada, I. (2018). Kompetensi Guru Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Melalui Kebiasaan Belajar Siswa. Jurnal MANAJERIAL, 17(1), 39. https://doi.org/10.17509/manajerial.v17i1.9760
Suhada, S., Bahu, K., & Amali, L. N. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jambura Journal of Informatics, 2(2), 86–94. https://doi.org/10.37905/jji.v2i2.7280
Winata, K. A. (2021). Implementasi Kompetensi Guru Pai Yang Efektif Untuk Meningkatkan Kemampuan Peserta Didik Terhadap Baca Tulis Alquran (Studi Penelitian Di Smp Negeri 16 Kota Bandung). 9.