Efektivitas Transformasi Digital Dalam Permasalahan Berkas Tagihan Kesehatan

Authors

  • Yusril Andrianto Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur
  • Yuniningsih Yuniningsih Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur

DOI:

https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i1.417

Keywords:

Transformasi Digital, Administrasi, Manajemen, Berkas Tagihan Kesehatan

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan dengan transformasi digital mampu meningkatkan keefektifan dalam pengelolaan permasalahan berkas tagihan kesehatan di PLN Unit Distribusi Induk Jawa Timur. Permasalahan yang terjadi berkas atau laporan yang hilang atau terselip. Oleh karena itu diperlukan penerapan kinerja pada berkas yang hilang atau terselip. Metode yang digunakan adalah pendampingan untuk melakukan monitoring. Implementasi pada penyelesaian permasalahan yang terjadi meliputi beberapa tahapan, yaitu analisa, proses, dan implementasi Proses pengelolaan berkas tagihan kesehatan yang terdiri dari pengecekkan, penginputan, dan pemrosesan yang dioptimalkan dengan Transformasi Digital dapat dideskripsikan memiliki nilai keefektifan yang tinggi. Proses yang terjadi memiliki nilai efisien dan efektif tinggi, karena hal tersebut mengurangi waktu pencarian. Penginputan berkas tagihan menjadikan sistem input mudah karena memiliki user interface yang mudah dipahami. Faktor yang mempengaruhi adalah berkas terselip, data tagihan tidak terdaftar, tidak akurat, data yang duplikat, penyimpanan berkas yang dapat dikatakan kurang terbaharui, dan sumber daya manusia (SDM) yang kurang teliti

.

References

Danuri, Muhamad. "Perkembangan dan transformasi teknologi digital." Jurnal Ilmiah Infokam 15, no. 2 (2019).

Danuri, Muhamad. "Development and transformation of digital technology." Infokam, XV (II) (2019): 116-123.

Fauzi, Farid, and Royandi Irvansyah. "TRANSFORMASI DIGITAL PADA SISTEM KEARSIPAN DI SMAN 1 TAKENGON KABUPATEN ACEH TENGAH." Manajemen Pendidikan 17, no. 1 (2022): 36-49.

Fitriansyah, Ahmad, and Ibnu Harris. "Pengukuran kepuasan pengguna situs web dengan metode End User Computing Satisfaction (EUCS)." Query: Journal of Information Systems 2, no. 1 (2018).

Giri, Andhika. "Refleksi Pelaksanaan Program Transformasi Digital di Masa Pandemi." Yumary: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 3, no. 4 (2023): 235-245.

Marliani, Lina. "Definisi Administrasi Dalam Berbagai Sudut Pandang." Dinamika: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara 5, no. 4 (2019): 17-21.

Rochmawati, Irma. "Iwearup. com User Interface Analysis." (2019).

Sahputra, Dedi. "Manajemen komunikasi suatu pendekatan komunikasi." Jurnal Simbolika Research and Learning in Communication Study 6, no. 2 (2020): 152-162.

Sule, Ernie Tisnawati, and Kurniawan Saeful. Pengantar manajemen. Prenada Media, 2019.

Widiastuti, Nelly Indriani, and Rani Susanto. "Kajian sistem monitoring dokumen akreditasi teknik informatika unikom." Majalah ilmiah unikom 12, no. 2 (2014).

Downloads

Published

2023-07-09

How to Cite

Yusril Andrianto, & Yuniningsih Yuniningsih. (2023). Efektivitas Transformasi Digital Dalam Permasalahan Berkas Tagihan Kesehatan. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 106–118. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i1.417