Dampak Gadget Terhadap Prestasi Belajar Anak Didik Kelas IV Di SD Eppata II Batu Aji Batam
DOI:
https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i1.412Keywords:
Dampak Gagdet, Prestasi BelajarAbstract
Globalisasi merupakan budaya yang mendunia, yang dapat merubah budaya suatu bangsa mengikuti bangsa lain yang peradabannya lebih tinggi. Globalisasi terjadi dengan beragam faktoe penyebabnya diantaranya adalah dengan media internet yang bisa diakses melalui gadget. Gadget adalah alat yang membuka jendela informasi, permainan, hobi, maupun hiburan yang dapat mempengaruhi pola pikir aatau sikap anak didik. Hal ini bertujuan agar mengetahui adanya pengaruh gadget terhadap prestasi belajar siswa, dan mengetahui adanya pengaruh terhadap dampak gadget. Tim PkM (Pengabdian Kepada Masyarakat) melakukan suatu penelitian ke SD Eppata II Batu Aji, dengan program dampak gadget terhadap prestasi anak didik kelas IV. Kegiatan PkM ini dilakukan untuk membantu anak didik dalam penggunaaan media teknologi dengan benar dan bisa menggunakan media teknologi ini dengan alat bantu belajar siswa. Hal yang diperoleh dari kegiatan ini adalah anak didik mudah memahami cara penggunaan gadget dengan baik, dan mempergunakan media untuk belajar siswa.
References
Agasi, D, R Oktarina, D Desyandri, and I Murni. “Pengaruh Pemakaian Gadget Pada Peserta Didik Sekolah Dasar Berkaitan Dengan Perkembangan Psikologinya.” Jurnal Pendidikan Tambusai 6, no. 2 (2022): 10763–10768.
Fitriansyah, Fifit. “PEMANFAATAN MEDIA PEMBELAJARAN (GADGET) UNTUK MEMOTIVASI BELAJAR SISWA SD.” Unversitas Negeri Jakarta, 2016.
Gabriela, Novika Dian Pancasari. “Pengaruh Media Pembelajaran Berbasi Audio Visual Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Sekolah Dasar.” Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2, no. 1 (2021): 104–113.
Gede Yenny Apriani Desak, Ni Putu Henix Agustya Dewi. “Hubungan Penggunaan Gadget Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV Dan V Di SD N 3 Candikuning.” Jurnal Medika Usada 4, no. 1 (2021): 7–11.
Gulo, Ya’aman, Rita Evimalinda, and Ardianto Lahagu. “Peran PAK Dalam Membentuk Mental Positif Generasi Kristen Di Era Millenial.” Real Didache: Jurnal Teologi dan Pendidikan Agama Kristen 5, no. 1 (2020): 81. https://osf.io/ypqk5/.
Hudaya, Adeng. “Pengaruh Gadget Terhadap Sikap Disiplin Dan Minat Belajar Peserta Didik.” Research and Development Journal of Education 4, no. 2 (2018): 86–97.
Nikmawati, Nikmawati, Henry Suryo Bintoro, and Santoso Santoso. “Dampak Penggunaan Gadget Terhadap Hasil Belajar Dan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Edutech Undiksha 9, no. 2 (2021): 254.
Pakaya, Femi Asri. “Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Metode Diskusi.” Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal 5, no. 3 (2020): 193.
Prestikadini, Rosa Susila. “PENGARUH METODE CERAMAH DAN TANYA JAWAB BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IV DI MADRASAH IBTIDAIYAH MUHAMMADIYAH KLASEMAN, GATAK, SUKOHARJO.” Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta, 2023.
Seto, Stefania Baptis, Maria Trisna Sero Wondo, and Maria Fatima Mei. “Pengaruh Penggunaan Gadget Dan Peran Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Di Masa Covid-19.” Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika 5, no. 2 (2021): 2104–2114.
Siregar, Viktor Deni, and Talizaro Tafonao. “Berbagai Konflik Dialami Oleh Remaja Di Era Digital 4.0 Ditinjau Dari Psikologi Perkembangan Afektif.” In Seminar Nasional Teknologi Dan Multidisiplin Ilmu (SEMNASTEKMU), 1:13–20, 2021. https://prosiding.stekom.ac.id/index.php/SEMNASTEKMU/article/view/79.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Rita Evimalinda Sihombing, Evans Dusep Dongoran, Rikardo Dayanto Butar-butar, Hanyta Priscila Harahap, Mery Cristina Lumban Gaol, Dorgis Lubis, Sulastri saleleubaja, Dirinus Elabi, Imelda Sri Hartati Togatorop, Liwanna Maria Hutagalung, Desi Ratna Hutasoit, Bernadetta Pasaribu, Naomi Indriwati Simbolon, Frilia Kartini Sipahutar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.