Pelatihan Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Membaca Teks Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jambi

Authors

DOI:

https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.364

Keywords:

Pelatihan, Bahasa Inggris, CIRC

Abstract

Kesulitan pembelajar dalam membaca dan memahami teks Bahasa Inggris tidak sebanyak teks Bahasa Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah karena Bahasa Inggris merupakan bahasa asing sehingga pembelajar sulit mengerti teks Bahasa Inggris. Kemudian, pada proses belajar memahami teks Bahasa Inggris, kebanyakan mahasiswa lebih mudah merasa bosan ketika menghadapi teks Bahasa Inggris, karena mereka menganggap mereka harus mengetahui arti per kata dalam teks tersebut. Lalu, kemampuan teknologi yang memanjakan mereka untuk memahami teks Bahasa Inggris juga mampu membuat mereka malas untuk mengasah keterampilan membaca. Ditambah lagi, metode klasik yang dipakai pendidik dalam mengajarkan keterampilan membaca seperti terlalu fokus pada pelafalan, terjemahan perkata, dan lain-lain. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, metode Cooperative Learning pada model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) menjadi solusinya. Tujuan dari ini pelatihan ini untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar mahasiswa dalam membaca keterampilan pemahaman, setelah menerapkan model CIRC. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara, dapat disimpulkan bahwa CIRC dapat meningkatkan belajar mahasiswa, hasil, terutama keterampilan membaca pemahaman yang terlihat pada akhir masing-masing kegiatan.

References

Acheaw, M.O., & Larson, A.G.(2014).Reading Habits Among Students and its Effect on Academic Performance: A Study of Students of Koforidua Polytechnic, 1130. http://digitalcommons.unl.edu/cgi/viewcontent.cgi?articl e=2908&context=libphilprac.

Alkaaf, F. (2017). Perspectives of learners and teachers on implementing the storytelling strategy as a way to develop story writing skills among middle school students. Cogent Education, 4(1), 1348315.

Allington, D., & Swann, J. (2009). Researching literary reading as social practice. Language and Literature, 18(3), 219–230. https://doi.org/10.1177/0963947009105850.

Belbin, R. M. (2011). Management teams: Why they succeed or fail. Human Resource Management International Digest, 19(3).

Darmuki, A., Ahmad Hariyadi, Nur Alfin Hidayati. (2019). Developing Beach Ball Group Investigations Cooperative Learning Model to Improve Social Skill in Speaking Course. EUDL, 120-128.

Hadiwinarto and Novianti. (2015). The Effects of Using CIRC Model on the English Learning Skills among Junior High School Students. Journal of Education and Learning, 9, 117–124.

Johnson, D., & Johnson, F. 2009. Joining together: Group theory and group skills (10th ed.). Upper Saddle River, N.J: Pearson Education.

Juyandegan, M. . (2016). The Relationship between Self-Esteem and Reading Comprehension of EFL Iranian Pre-University Learners. International Journal of Asian Social Science, 6(5), 303–313. https://doi.org/10.18488/journal.1/2016.6.5/1.5.303.313

Lee, J., Huber, J., Jenkins, J., & Fredrick, J. (2019). Language planning and pauses in story retell: Evidence from aging and Parkinson’s disease. Journal of Communication Disorders, 79, 1-10.

Li, M. P. & Lam, B. H. (2013). Cooperative Learning. The Hong Kong Institute of Education. Retrieved from: http://www.ied.edu.hk/aclass/.

Moedt, K., & Holmes, R. M. (2020). The effects of purposeful play after shared storybook readings on kindergarten children's reading comprehension, creativity, and language skills and abilities. Early Child Development and Care, 190(6), 839-854.

Sinaga, Y. K., & Siahaan, P. L. (2020). The Effect of Partner Reading Strategy on Reading Comprehension. Journal of English Education and Teaching, 4(2), 206-218.

Slavin, R. E. (2010). Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Susanto Ahmad. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana Prenada media Grup. Jakarta.

Swann, J., & Allington, D. (2009). Reading groups and the language of literary texts: A case study in social reading. Language and Literature, 18(3), 247-264.

Syafri, F. (2007). Metode Cooperative Learning Sebagai Salah Satu Alternatif Metode Pembelajaran Membaca Dalam Bahasa Inggris. Lembaran Ilmu Kependidikan, 36(2).

Syafri, F. 2007. Metode Cooperative Learning sebagai salah satu Alternatif Metode Pembelajaran Membaca dalam Bahasa Inggris. Jurnal Lembaran Ilmu Kependidikan: 36 (2): 124-130.

Treiman, R. (2018). Teaching and learning spelling. Child Development Perspectives, 12(4), 235-239.

Yaghmour, K. S., & Obaidat, L. T. (2022). The Effectiveness of Using Direct Instruction in Teaching Comprehension Skill of Third-Grade Students. International Journal of Instruction, 15(2), 373-392.

Downloads

Published

2023-06-15

How to Cite

Wenny, S., Dani, R., & Ermaini, E. (2023). Pelatihan Metode Cooperative Learning Dalam Pembelajaran Membaca Teks Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Jambi. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 20–30. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.364