Pelatihan Pengisian Beban Kerja Dosen (BKD)/Laporan Kinerja Dosen (LKD) bagi Dosen Universitas Muhammadiyah Jambi pada Fakultas Sains dan Teknologi

Authors

  • Rian Dani Universitas Islam Negeri STS Jambi
  • Trie Hierdawati Universitas Muhammadiyah Jambi
  • Iqra Wiarta Universitas Muhammadiyah Jambi

DOI:

https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i1.230

Keywords:

Dosen, Sertifikasi Dosen, BKD, LKD

Abstract

Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan yang tugas utamanya mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Sertifikasi dosen adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada dosen untuk meningkatkan kesejahteraan dosen untuk mendorong mereka untuk terus meningkatkan profesionalisme mereka. Sertifikat pendidik yang diberikan kepada dosen sebagai bagian dari proses sertifikasi merupakan bukti formal pengakuan dosen sebagai tenaga profesional pada jenjang pendidikan tinggi. Pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pelatihan Beban Kerja Dosen (BKD)/Laporan Kinerja Dosen (LKD) bagi dosen Universitas Muhammadiyah Jambi (UM Jambi) untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan dosen untuk dapat menyelesaikan Beban Kerja Dosen (BKD)/Laporan Kinerja Dosen (LKD) setiap semester sesuai pedoman BKD/LKD 2019. Dalam ruang lingkup di atas, tujuan dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu dosen Universitas Muhammadiyah Jambi (UM Jambi) dalam menyusun Beban Kerja Dosen (BKD)/Laporan Kinerja Dosen (LKD) semester genap T.A 2021/2022.

References

Haryati, S. (2016). Peningkatan profesionalisme dosen di era MEA. Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(1), 1-11.

Hoesny, M. U., & Darmayanti, R. (2021). Permasalahan dan Solusi Untuk Meningkatkan Kompetensi dan Kualitas Guru: Sebuah Kajian Pustaka. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 11(2), 123-132.

Piscayanti, K. S. (2015). Pengaruh Sertifikasi Dosen Terhadap Kinerja Pengajaran Dosen Undiksha. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1).

Rosalia, R., & Fuad, A. J. (2019). Peran dosen dalam meminimalisasi perilaku plagiasi mahasiswa. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 2(1), 61-77.

Sakinah, L., Rahmawati, N., & Salman, H. (2020). Pelatihan Desain Grafis Menggunakan Aplikasi Canva Tingkat SMK di SMKN 1 Gunung Putri Bogor. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(4), 476-480.

Soraya, N. (2018). Analisis persepsi mahasiswa terhadap kompetensi dosen dalam mengajar pada program studi PAI fakultas ilmu tarbiyah dan keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Tadrib, 4(1), 183-204.

Sufianti, A., & Permana, J. (2015). Pengaruh motivasi kerja dan kompetensi profesional terhadap kinerja dosen di sekolah tinggi pariwisata bandung. Jurnal Administrasi Pendidikan, 22(1).

Sujarwo, S. (2005). Pengembangan dosen berkelanjutan. Makal. Perkuliahan Univ. Negeri Yogyakarta, 1-20.

Downloads

Published

2023-03-11

How to Cite

Dani, R., Hierdawati, T., & Wiarta, I. (2023). Pelatihan Pengisian Beban Kerja Dosen (BKD)/Laporan Kinerja Dosen (LKD) bagi Dosen Universitas Muhammadiyah Jambi pada Fakultas Sains dan Teknologi. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(1), 19–28. https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i1.230