Pendampingan Penguatan Literasi Dalam Pembelajaran Amancalistung di Pendidikan Anak Sekolah Dasar

Authors

  • Novita M Boyani Universitas Katolik Widya Mandira
  • Mikhaela D Seran Universitas Katolik Widya Mandira
  • Desy F N Tani Universitas Katolik Widya Mandira
  • Stevy L Kuabib Universitas Katolik Widya Mandira
  • Kanisius F Tinenti Universitas Katolik Widya Mandira
  • Juliano K D Fromin Universitas Katolik Widya Mandira
  • Oktovianus R Leku Universitas Katolik Widya Mandira
  • Sanry M Ratu Edo Universitas Katolik Widya Mandira
  • Yuliana K Fahik Universitas Katolik Widya Mandira
  • Efrilianus Ragat Universitas Katolik Widya Mandira
  • Petrus F Bulu Universitas Katolik Widya Mandira
  • Mariana G E Neonbanu Universitas Katolik Widya Mandira
  • Melania Lisnahan Universitas Katolik Widya Mandira
  • Isdora V Darwis Universitas Katolik Widya Mandira
  • Yohanes Umbu Sogara Universitas Katolik Widya Mandira

DOI:

https://doi.org/10.55606/jppmi.v1i4.170

Keywords:

Literasi, Membaca, Menulis, Berhitung, Amancalistung

Abstract

Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pendampingan penguatan literasi untuk mendorong niat belajar dan mengajarkan anak-anak sekolah dasar dalam mengembangkan potensi membaca, menulis dan berhitung. Peningkatan pemahaman ini dapat membantu mereka saat menempuh pendidikan di bangku sekolah maupun untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan ini dilaksanakan selama sebulan pada bulan Juli sampai Agustus 2022 bertempat di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat dilaksanakan oleh 14 Mahasiswa KKNT-PPM Unwira tahun 2022 dengan menggunakan metode ceramah dan praktek langsung. Pada kegiatan ini mahasiswa menjalankan program AmanCalistung singkatan dari adikku mantap membaca, menulis, dan berhitung. Kegiatan amancalistung yang dilakukan membantu anak-anak ini secara bertahap dalam membaca, menulis dan berhitung. Amancalistung yang dibawakan tidak selalu terfokus untuk belajar namun diajari pula untuk menyanyi agar peserta didik tidak cepat bosan dan konsentrasi untuk belajar masih terarah sehingga hasil dari pengabdian ini peserta didik mampu membaca dengan jelas, menulis dengan baik dan berhitung dengan benar.

 

Author Biographies

Novita M Boyani, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

Desy F N Tani, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

Stevy L Kuabib, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

Kanisius F Tinenti, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

Juliano K D Fromin, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

Oktovianus R Leku, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

Sanry M Ratu Edo, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

Yuliana K Fahik, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

Efrilianus Ragat, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

Petrus F Bulu, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

Mariana G E Neonbanu, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

Melania Lisnahan, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

Isdora V Darwis, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

Yohanes Umbu Sogara, Universitas Katolik Widya Mandira

 

 

References

Julianingsih, Denok, and Indri Dwi Isnaini. “Sosialisasi Belajar Calistung Pada Anak Usia Dini Bersama Orang Tua Hebat.” Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2022): 1–16. https://jurnal.bimaberilmu.com/index.php/ba-jpm/article/view/110.

Lau, Antonia Kurniawan Wati, Hendrikus Don Sama Lelo, Fransiska Yosephina Yunita Lukas, Lusiana Ngeppe, Veronika Ignasia Moruk Mali, and Maria Augustin Lopes Amaral. “Pelaksanaan Program KKN Berbasis Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Bagi Anak Sekolah Di Desa Duarato.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4, no. 5 SE-Articles (September 8, 2022): 619–624. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6598.

Meme, Yoseph Mariano, Filbrino Acuan Beda, Theofilus Woi, Agustina Melyanti Dolu, Benyamin Yusuf Tae, Bernadeta Apriliani Tanggur, Bernadeta H Palma Unggas, et al. “Pemberdayaan Anak-Anak Di Kelurahan Oenesu Dalam Bidang Literasi.” Abdimas Unwahas 7, no. 2 (2022): 151–157. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/ABD/article/view/7503.

Rosmalita, Ina. “Development Application ’Calistung’ as Media Learning Games Education Based Android for Child Age Early.” Jurnal Scientia 11, no. 1 (2022): 75–82.

Ruchiyat Permata, Lyra, Agustina Melyanti Dolu, Benyamin Yusuf Tae, Bernadeta Apriliani Tanggur, Bernadeta H Palma Unggas, Mikhael A Roncalli Kloa, Natalia Christin Hari, et al. “Application of Financial Literature through the Love of Saving Early at Elementary School, Oenesu Village.” Asian Journal of Community Services 1, no. 3 (September 30, 2022): 83–90. Accessed October 8, 2022. https://journal.formosapublisher.org/index.php/ajcs/article/view/1119.

Scholae. “Belajar Calistung, Pentingkah Bagi Anak Usia Pra Sekolah?” Https://Www.Scholae.Co/. Last modified 2015.

http://www.scholae.co/web/read/891/belajar.calistung.pentingkah.bagi.anak.usia.pra.se.

Sufa, Feri Faila, and M Hery Yuli Setiawan. “MEMBERIKAN PEMAHAMAN TENTANG MEMBACA MENULIS BERHITUNG (CALISTUNG) KEPADA ORANG TUA UNTUK ANAK USIA DINI.” Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 SE (November 2, 2020): 83–89. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/adiwidya/article/view/4096.

Yessi, Atrianing, and Wijayanti. “Pelatihan Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Sebagai Upaya Pemberantasan Buta Aksara Warga Dusun Setro Desa Gondoriyo Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 7, no. 1 (June 20, 2016): 15–26. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/1035.

Downloads

Published

2022-12-24

How to Cite

Boyani, N. M. ., Seran, M. D. ., Tani, D. F. N. ., Kuabib, S. L. ., Tinenti, K. F. ., Fromin, J. K. D. ., … Sogara, Y. U. . (2022). Pendampingan Penguatan Literasi Dalam Pembelajaran Amancalistung di Pendidikan Anak Sekolah Dasar. Jurnal Pelayanan Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 1(4), 132–138. https://doi.org/10.55606/jppmi.v1i4.170