Pendampingan Penguatan Literasi Dalam Pembelajaran Amancalistung di Pendidikan Anak Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.55606/jppmi.v1i4.170Keywords:
Literasi, Membaca, Menulis, Berhitung, AmancalistungAbstract
Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah pendampingan penguatan literasi untuk mendorong niat belajar dan mengajarkan anak-anak sekolah dasar dalam mengembangkan potensi membaca, menulis dan berhitung. Peningkatan pemahaman ini dapat membantu mereka saat menempuh pendidikan di bangku sekolah maupun untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Kegiatan ini dilaksanakan selama sebulan pada bulan Juli sampai Agustus 2022 bertempat di Desa Bolok, Kecamatan Kupang Barat dilaksanakan oleh 14 Mahasiswa KKNT-PPM Unwira tahun 2022 dengan menggunakan metode ceramah dan praktek langsung. Pada kegiatan ini mahasiswa menjalankan program AmanCalistung singkatan dari adikku mantap membaca, menulis, dan berhitung. Kegiatan amancalistung yang dilakukan membantu anak-anak ini secara bertahap dalam membaca, menulis dan berhitung. Amancalistung yang dibawakan tidak selalu terfokus untuk belajar namun diajari pula untuk menyanyi agar peserta didik tidak cepat bosan dan konsentrasi untuk belajar masih terarah sehingga hasil dari pengabdian ini peserta didik mampu membaca dengan jelas, menulis dengan baik dan berhitung dengan benar.
References
Julianingsih, Denok, and Indri Dwi Isnaini. “Sosialisasi Belajar Calistung Pada Anak Usia Dini Bersama Orang Tua Hebat.” Bima Abdi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 2, no. 1 (2022): 1–16. https://jurnal.bimaberilmu.com/index.php/ba-jpm/article/view/110.
Lau, Antonia Kurniawan Wati, Hendrikus Don Sama Lelo, Fransiska Yosephina Yunita Lukas, Lusiana Ngeppe, Veronika Ignasia Moruk Mali, and Maria Augustin Lopes Amaral. “Pelaksanaan Program KKN Berbasis Pembelajaran Membaca, Menulis Dan Berhitung Bagi Anak Sekolah Di Desa Duarato.” Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK) 4, no. 5 SE-Articles (September 8, 2022): 619–624. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/6598.
Meme, Yoseph Mariano, Filbrino Acuan Beda, Theofilus Woi, Agustina Melyanti Dolu, Benyamin Yusuf Tae, Bernadeta Apriliani Tanggur, Bernadeta H Palma Unggas, et al. “Pemberdayaan Anak-Anak Di Kelurahan Oenesu Dalam Bidang Literasi.” Abdimas Unwahas 7, no. 2 (2022): 151–157. https://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/ABD/article/view/7503.
Rosmalita, Ina. “Development Application ’Calistung’ as Media Learning Games Education Based Android for Child Age Early.” Jurnal Scientia 11, no. 1 (2022): 75–82.
Ruchiyat Permata, Lyra, Agustina Melyanti Dolu, Benyamin Yusuf Tae, Bernadeta Apriliani Tanggur, Bernadeta H Palma Unggas, Mikhael A Roncalli Kloa, Natalia Christin Hari, et al. “Application of Financial Literature through the Love of Saving Early at Elementary School, Oenesu Village.” Asian Journal of Community Services 1, no. 3 (September 30, 2022): 83–90. Accessed October 8, 2022. https://journal.formosapublisher.org/index.php/ajcs/article/view/1119.
Scholae. “Belajar Calistung, Pentingkah Bagi Anak Usia Pra Sekolah?” Https://Www.Scholae.Co/. Last modified 2015.
http://www.scholae.co/web/read/891/belajar.calistung.pentingkah.bagi.anak.usia.pra.se.
Sufa, Feri Faila, and M Hery Yuli Setiawan. “MEMBERIKAN PEMAHAMAN TENTANG MEMBACA MENULIS BERHITUNG (CALISTUNG) KEPADA ORANG TUA UNTUK ANAK USIA DINI.” Adi Widya : Jurnal Pengabdian Masyarakat 4, no. 2 SE (November 2, 2020): 83–89. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/adiwidya/article/view/4096.
Yessi, Atrianing, and Wijayanti. “Pelatihan Calistung (Membaca, Menulis, Berhitung) Sebagai Upaya Pemberantasan Buta Aksara Warga Dusun Setro Desa Gondoriyo Kecamatan Bergas Kabupaten Semarang.” E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat 7, no. 1 (June 20, 2016): 15–26. http://journal.upgris.ac.id/index.php/e-dimas/article/view/1035.