PELATIHAN BISNIS MODEL CANVAS DALAM PENGEMBANGAN USAHA MIKRO, KECIL DAN MENEGAH DI KELURAHAN ALAM BARAJO KOTA JAMBI
DOI:
https://doi.org/10.55606/jppmi.v2i2.367Keywords:
Pelatihan, Bisnis, Model CanvasAbstract
Pada kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) ini kami memberikan pelatihan kepada Masyarakat binaan Mitra Asih pada tanggal 20 Juli 2022 dan Alhamdulillah peserta berhasil melakukan semua latihan dan tugas yang diberikan saat pelatihan dan peserta pelatihan dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan praktikum dari sesi pertama sampai sesi akhir dengan baik. Kemudian pelatihan bisnis plan menggunakan bisnis model canvas bisa dipraktekkan oleh Usaha Kecil Menengah (UKM) sehingga usaha-usaha home industri terutama dalam hal memulai unit usaha bisa merencanakan usaha dari tahap awal (bisnis plan) dimana masyarakat disana sebelumnya masih kesulitan dalam merencanakan tahap-tahap dalam berwirausaha, sehingga belum punya sebuah model dalam menjalankan bisnisnya, tidak terarah dan tidak bisa merencanakan apa yang akan dilakukan.
References
Adhitya, D., & Eka, M. (2016). Analisis Model Bisnis Pada Bisnis Sepatu Guten. Inc Menggunakan Model Bisnis Kanvas. Jurnal Sosioteknologi, 15(3), 324.
Balakrishnan, R., Labro, E., & Soderstrom, N. S. (2014). Cost structure and sticky costs. Journal of management accounting research, 26(2), 91-116.
Eggert, A., Ulaga, W., Frow, P., & Payne, A. (2018). Conceptualizing and communicating value in business markets: From value in exchange to value in use. Industrial Marketing Management, 69, 80-90.
Fadhilah Isdayanti, F. (2021). Peran Pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) Sebagai Fasilitator di Kelurahan Tirta Siak Kecamatan Payung Sekaki Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau).
Hartatik, H., & Baroto, T. (2017). Strategi pengembangan bisnis dengan metode business model canvas. Jurnal Teknik Industri, 18(2), 113-120.
Hassan, R. S., Nawaz, A., Lashari, M. N., & Zafar, F. (2015). Effect of customer relationship management on customer satisfaction. Procedia economics and finance, 23, 563-567.
Kimura, M. (2022). Customer segment transition through the customer loyalty program. Asia Pacific journal of marketing and logistics, 34(3), 611-626.
Permana, D. J. (2015). Analisis peluang bisnis media cetak melalui pendekatan bisnis model canvas untuk menentukan strategi bisnis baru. Faktor Exacta, 6(4), 309-319.
Sri, M., & Ahmad, Y. (2017). Peluang dan Tantangan Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Dari Berbagai Aspek Ekonomi. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 2(1), 181-197.
Suwarni, E., & Handayani, M. A. (2020). Strategi Pengembangan Bisnis Usaha Mikro Kecil Menengah Keripik Pisang Dengan Pendekatan Business Model Kanvas. MBIA, 19(3), 320-330.
Venkatesh, J. and Kumari, R. L. (2015) ‘Role of Marketing Strategies in the Context of MSME Sector’, International Journal of Research in Finance and Marketing, 5(8), pp. 1–6. Business Insider. (2019). Generation Z: Latest Characteristics, Research, and Facts.
Windusancono, B. A. (2021). Upaya Percepatan Pertumbuhan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (Umkm) Di Indonesia. Mimbar administrasi, 18(1), 01-14.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Agesha Marsyaf, Hario Tamtomo, Rian Dani
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.