Pengaruh Tangibility, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Keuangan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk

Authors

  • Ulfa Nafisah Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima
  • Ita Purnama Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Bima

DOI:

https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i4.546

Keywords:

Tangibility, pertumbuhan penjualan, ukuran perusahaan dan struktur keuangan

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh atau hubungan antara Tangibility, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan terhadap Struktur Keuangan pada PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif. Penelitian ini menggunakan instrumen daftar tabel yang diperoleh dari laporan keuangan berupa aktiva, hutang dan penjualan. Populasi penelitian ini adalah laporan keuangan PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk., yaitu selama 27 tahun mulai terdaftar di Bursa Efek Indonesia dari tahun 1994-2021. Sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu laporan keuangan PT. Indofood Sukses Makmur, Tbk. selama 12 tahun mulai dari tahun 2010-2021. Teknik pemilihan sampel menggunakan purposive sampling yaitu pemilihan sampel dengan kriteria tertentu. Kriterianya berupa data yang lengkap berkenaan dengan variabel penelitian dan ketersediaan data laporan keuangan PT Indofood Sukses Makmur Tbk. Hasil penelitian menunjukan bahwa diketahui nilai sig untuk tangibility sebesar 0,504>0,05 dengan nilai tℎ???????????????????? 3,054>ttabel 2,306 yang artinya tangibility tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur keuangan. Pertumbuhan penjualan memiliki nilai sig sebesar 0,005>0,05 dengan nilai thitung 0,635 >ttabel 2,306 yang artinya pertumbuhan penjualan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur keuangan. Ukuran perusahaan memiliki nilai sig sebesar 0,000<0,05 dengan nilai thitung 0,137<ttabel 2,304 yang artinya ukuran perusahaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap struktur keuangan.

References

Abdul Halim dan Ati Retna Sari (2018), Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Leverage Operasi, Profitabilitas dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Keuangan.

Ambasari, R. (2017). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan, Profitabilitas, Struktur Aktiva dan Likuiditas Terhadap Struktur Modal Pada Perusahaan Food And Beverages yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Brigham, E. F. And J. F. H. (2013). Dasar-Dasar Manajemen Keuangan.

Eko Supriyanto dan Falikhatun (2012), Pengaruh Tangibility, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Keuangan. Jurnal Bisnis dan Akuntansi.

Eko Supriyanto dan Falikhatun (2012), Pengaruh Tangibility, Pertumbuhan Penjualan, Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Keuangan.

Fahmi, I (2018). Pengantar Manajemen Keuangan Teori dan Soal jawab. In ALFABETA.

Fitri Fauziah. (2018). Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Leverage Operasi, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Keuangan.

Hartijo, A dan M. (2012). Manajemen Keuangan. Cetakan Kedua. Ekonesia.

Joni dan Lina. 2013. Faktor- Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal. Jurnal Bisnis dan Akuntansi.

Kadek Irrine Devita Angelina, I Ketut Mustanda. (2016). Pengaruh Ukuran Perusahaan, Pertumbuhan Penjualan dan Profitabilitas pada Struktur Modal Perusahaan. Jurnal Manajemen Unud.

Kasmir. (2012). Analisis Laporan Keuangan.

Kasmir. (2014). Analisis Laporan Keuangan.

Lim, T.C. (2012). Determinants of capital structure empirical evidence from financial services listed in China. International journal economics and finance.

Munawir, S. (2013). Analisis Laporan Keuangan. Edisi Empat. Yogyakarta: Liberty

Ni Kadek Sugiani Merta Dewi dan Ida Bagus Badjra (2011). Pengaruh Likuiditas, Profitabilitas, Tangibility Assets, Ukuran Perusahaan dan Pajak Terhadap Struktur Modal.

Oktavia, Santi, Indria. 2010. Pengaruh Pertumbuhan Penjualan, Operating Leverage, dan Profitabilitas Terhadap Struktur Keuangan pada Perusahaan Food and beverage Yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Rahmawati, Dian. (2012). Analisis Variabel-Variabel Yang Mempengaruhi Struktur Keuangan Pada Industri Farmasi Yang Listing Di BEI. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Muahammadiyah Malang.

Sugiyono. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D ALFABETA: Bandung.

Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung:Alfabeta

Suad, Husnan. 2014. Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Panjang). BPFE: Yogyakarta.

Sumani, (2012). Analisis Struktur Modal dan Beberapa Faktor yang Mempengaruhinya pada perusahaan manufaktur di Bursa Efek Indonesia. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Bisnis Universitas Mayjend Sungkono Mojokerto.

Westond, j. Freed dan Thomas E. Copeland. 2010. manajemen keuangan, Edisi

Kesembilan, Jilid 2, Binarupa Aksara: Jakarta

Yensen Kusno, Jonnardi. (2020). Pengaruh Profitabilitas, Firm Size, Tangibility dan Growth Opportunity terhadap Capital Structure. Jurnal Multiparadigma Akuntansi Tarumanagara.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Ulfa Nafisah, & Ita Purnama. (2023). Pengaruh Tangibility, Pertumbuhan Penjualan dan Ukuran Perusahaan Terhadap Struktur Keuangan pada PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Student Research Journal, 1(4), 332–346. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i4.546

Similar Articles

<< < 8 9 10 11 12 13 14 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.