Penerapan Model Jaring Laba-Laba Sebagai Metode Pembelajaran Tematik Yang Efektif Pada Satuan Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar/Mi

Authors

  • Wiwin Supriyati Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Rizki Putri Sholehah Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Ridwan Firdaus Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia
  • Dede Indra Setiabudi Institut Agama Islam Az-Zaytun Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i1.217

Keywords:

Model pembelajaran jaring laba-laba, efisien dan efektifitas belajar

Abstract

Pembelajaran tematik merupakan pendekatan pembelajaran yang mengintegrasikan berbagai kompetensi dari berbagai mata pelajaran ke dalam sebuah tema tertentu, Ada berbagai macam model pembelajaran dalam pendekatan pembelajaran tematik salah satunya yaitu model pembelajaran jaring laba-laba (Webbed)  yang saat ini banyak digunakan oleh guru dalam proses pembelajaranya dikelas. Penelitian ini diadakan dengan tujuan untuk mengetahui seberapa efesien dan efektif model pembelajaraan jaring laba-laba (Webbed) pada satuan tingkat pendidikan sekolah dasar. Metode pada penelitian ini menggunakan metode Studi Pustaka (Library research) yaitu metode pengumpulan data dengan cara mempelajari dan memahami teori-teori dengan cara mencari sumber dari beberapa penelitian seperti buku, jurnal, skripsi dll.

References

Alfiah & Siti, F. (2012). Pengaruh Pembelajaran Terpadu Model Webbed (Jaring Laba-Laba) dan Model Fragmented (Penggalan) Terhadap Hasil Belajara Unggah Ungguhing Bahasa Jawa di Kelas Awal Sekolah Dasar. Retrieved 30 Desember 2022, https://www.neliti.com/publications/507518/pengaruh-pembelajaran-terpadu-model-webbed-jaring-laba-laba-dan-model-fragmented.

Eka, W, dkk (2018). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Pendamping Guru dengan Model Webbed Untuk Sekolah Dasar Kelas 2. Jurnal Edcomtech.

Hilda, K. (2016). Penerapan Pembelajaran Tematik SD di Indonesia. Jurnal Pendidikan Dasar.

Iwan, S. (2021). Pengaruh Pembelajaran Tematik Model Jaring Laba-laba terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKN Kelas III SD Negeri 41 Kabupaten Kaur. Skripsi .

Kurniawan, D. (2014). Pembelajaran Terpadu Tematik (Teori, Praktik, dan Penilaian). Bandung: Alfabeta.

Majid. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mashudi, S. K. (2018). Analisis Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik Jaring Laba--laba di SD Negeri Sungai Ambawang. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Sasih, K, A, dkk (2020). Pengelolaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar Negeri Pangkalanbaru. Jurnal Sustainable.

Seri, H. (2013). Penerapan Pembelajaran Tematik Model Jaring Laba-Laba Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III Sekolah Dasar Negeri011 Koto Tuo. Skripsi.

Siti, A. (2007). Pembelajaran Terpadu. Jakarta : Universitas Terpadu.

Sujino. (2010). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta : Universitas Terbuka.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jarakta: KencanaPrenada Media Group.

Downloads

Published

2023-02-16

How to Cite

Wiwin Supriyati, Rizki Putri Sholehah, Ridwan Firdaus, & Dede Indra Setiabudi. (2023). Penerapan Model Jaring Laba-Laba Sebagai Metode Pembelajaran Tematik Yang Efektif Pada Satuan Tingkat Pendidikan Sekolah Dasar/Mi. Student Research Journal, 1(1), 410–417. https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i1.217

Similar Articles

<< < 9 10 11 12 13 14 15 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.