Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Numberred Head Together Dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Di Kelas X MAN 1 Langkat
DOI:
https://doi.org/10.55606/concept.v1i3.94Keywords:
Model Cooperative Learning, NHT,, Pemahaman Belajar SiswaAbstract
Permasalahan penelitian menujukkan kepada guru yang masih menggunakan model pembelajaran yang monoton, metode yang digunakan kurang bervarian seperti hanya ceramah satu arah, penugasan yang tidak bervariatif, tanya jawab. Jenis penelitian yaitu penelitian tindakan kelas (PTK) dengan dua siklus dan untuk tiap siklusnya terdiri dari empat tahapan diantaranya perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi melalui Model Cooperative Learning tipe NHT pada mata pelajaran SKI. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah siswa 36 siswa dengan perincian 17 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan. Hasil penelitian bahwa pada pelaksanaan siklus I terdapat hasil peningkatan pemahaman belajar siswa diperoleh dari 36 siswa yaitu siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar sebanyak 21 siswa dan siswa yang tidak mencapai tuntas belajar sebanyak 15 siswa dengan persentase 58,33% dan dapat termasuk dalam kriteria baik. Pada siklus II, siswa sudah menunjukkan peningkatan hasil pemahaman yang sangat baik, dengan pencapaian ketuntasan belajar sebanyak 31 siswa dan yang tidak mencapai ketuntasan belajar 5 siswa dengan persentase ketuntasan belajar sebesar 86,66% dan termasuk dalam kriteria sangat baik. Pada siklus I dan siklus II pemahaman siswa dengan menggunakan Model Cooperative Learning tipe NHT telah meningkat dan peningkatannya sebesar 28,33%. Berdasarkan dari hasil tersebut, maka dapat disimpulkan dengan Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Numberred Head Together (NHT) pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dapat meningkatkan pemahaman belajar siswa kelas X MAN 1 Langkat
References
Alim, Muhammad. Pendidikan Agama Islam. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2018.
Hamdayama, Jumanta. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Semarang : Ghalia Indonesia, 2018.
Hanafiah, Nanang. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama, 2019.
Hernawan, Asep Herry. Pengembangan Kurikulum Dan Pembelajaran . Jakarta : Universitas Terbuka, 2018.
Priansa, Donni Juni. Pengembangan Strategi dan Model Pembelajaran . Bandung: CV. Pustaka Setia, 2019.
Sisdiknas, Undang-undang. UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional . Jakarta: Sinar Grafika, 2009.
Dini Siswani, M., & Suwarno. (2016). PTK (Penelitian Tindakan Kelas) Dengan Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Dan Penulisan Artikel Ilmiah Di SD Negeri Kalisube, Banyumas. Khazanah Pendidikan Jurnal Ilmiah Kependidikan, IX(2), 11.
Salim dan Syahrum. (2018). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.
Satria Wiguna. (2022). implementasi metode discovery learning dalam pembelajaran daring akidah akhlak di kelas vii mts ikaba paluh manis. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(9), 981–988.
Wiguna, S. (2019). Implementasi Methodbuzz Group Dalam Hasil Belajarluring Akidah Akhlak Di Kelas Viii Mtsmiftahul Jannah Tanjung Pura. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 1, 150–161. https://doi.org/10.47476/reslaj.v1i2.373
Wiguna, S. (2021). Bimbingan Konseling (I). Media Guru Indonesia.