Pengaruh Penggunaan Tipe Card Sort Pada Pembelajaran PPKN Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 3 Sukamulya
DOI:
https://doi.org/10.55606/concept.v2i3.553Keywords:
Cooperative Learning, Card Sort, Learning OutcomesAbstract
This research is motivated by the learning process which is still monotonous or only uses the lecture method and the lack of variations in learning so that students become less active in the learning process. The learning method used is quantitative with a one group pretest-posttest design which in its implementation only involves one class as an experimental class without any comparison class (control class). The purpose of this study was to determine the effect of using card sort types in learning Pancasila Education on student learning outcomes in class IV SD. Hypothesis testing was carried out with the Wilcoxon non-parametric test. Based on the results of the paired sample difference test using the Wilcoxon test with the help of SPSS, a p value of 0.000 (p <0.05) was obtained, which means that Ho is rejected and Ha is accepted, which means that there is a significant difference in the average pretest and posttest scores for students. or interpreted that the treatment of students is proven to be able to increase student scores.
References
Arifin, Zainal. 2012. Penenlitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Afandi dkk . 2013. Model-model Pembelajaran. Semarang: Sultan Agung Press.
Agus Purwanto, Erwan dan Dyah Ratih Sulistyastuti 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Untuk Administrasi Publik, Dan Masalah-masalah Sosial. Yogyakarta: Gaya Media
Amelia, A., Hartono., Sari, D. K.,2017, Penerapan Model Problem Based Instruction (PBI) Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Di Sekolah Menengah Atas, Jurnal Pendidikan Kimia, 1-8, Palembang, Universitas Sriwijaya
Al-Haddar, Gamar. 2017. Evaluasi Pelaksanaan Model Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (PAKEM) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Lazuardi Global Islamic School Depok. Jurnal Pendas Mahakam. Universitas Widya Gama Mahakam Samarinda. Volume 1 Nomor 2 Tahun 2017.
Arifin. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsana, Made, Marhaeni, A.A.I.N., Suastra, I, Wayan. 2012. Implementasi Pendekatan Pembelajaran Kontekstual Berbantuan Media Lingkungan Sekitar untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. e- Journal
A, Fatah Yasin, 2008, Dimensi-Dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN PRESS.
Bakar. A, Rosdiana 2015. Dasar – Dasar Pendidikan. Medan : Gema Insani.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fatah Syukur NC. 2008. Teknologi Pendidikan, Semarang: Rasai Media Group.
Fitriyani Yusuf 2022. Pengaruh Model Pembelajaran Card Sort Terhadap Hasil Belajar PPKn Siswa Sekolah Dasar. https://ejournal.iainpalopo.ac.id.
Haryati, N 2015. Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika. Siswa kelas V SD Se-Gugus Wonokerto Turi Sleman. (Skripsi). Universitas. Negeri Yogyakarta.
Irham, Muhammad. 2016. Penerapan model pembelajaran card sort dan make a match pada mata pelajaran pendidikan agama islam kelas IV II di SMP negeri 3 galesong selatan kab. Takalar. https://journal.uin-alauddin.ac.id.
Jihad Asep dan Haris Abdul. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi.
Kusumawati, I., Ari Bowo, A. N., & Wahono, J. (2021). Model Pembelajaran Ppkn Melalui Pendekatan Komprehensif. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila Dan Kewarganegaraan), 2(1), 24. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.43556
Lestari dan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung : PT. Refika Aditama.
Ngalimun. 2014. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja. Pressibdo
Nana Sudjana 2010. Dasar-dasar Proses Belajar, Sinar Baru Bandung.
Pratama, F. F., & Rahmat. (2018). Jurnal Civics : Media Kajian Kewarganegaraan pengalaman pembelajaran. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 170–179.
Pisesa, Dian 2019. Pengaruh Penggunaan Metode Card Sort terhadap Hasil Belajar Tematik pada Tema Keluargaku Subtema Keluarga Besarku (Pre-Eksperimen dikelas I SD Negeri Tembong 3, Kecamatan Cipocok kota serang ). http://repository.uinbanten.ac.id.
Rusman. 2013. Metode-Metode Pembelajaran: Mengembangkan. Profesionalisme Guru. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Silberman, Melvin L. 2000. Active Learning: 101 Cara Belajar Siswa Aktif. (Alih bahasa: Raisul Muttaqien). rev.ed. Bandung: Nusamedi
Slameto. 2010. Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sudjana, Nana. 2016. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja rosdakarya.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,. CV.
Suhana, Cucu. 2014. Konsep Strategi Pembelajaran (Edisi Revisi). Bandung: Refika. Aditama.
Suhartini dkk 2010. Penelitian tindakan kelas. Jakarta : Bumi Aksara
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Suprijono.Agus. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pusaka Pelajar
Susanto. Ahmad 2014. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, (Jakarta: Kencana Prenada Media Group).
Syah, Muhibbin. 2012. Psikologi Belajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada.
Wahyudi. 2009. Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Organisasi Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Warsono, dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif: Teori dan Asesmen. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Wulandari. 2018. Penggunaan Metode Card Sort Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Dalam Pembelajaran IPS Kelas IV II E SMP Negeri 1 Majalengka. JIPSINDO No. 1, Volume 5, Maret 2018.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 Hikmah Salsyabila Aulia , Dinie Anggraeni Dewi, Agus Mulyana
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.