Penggunaan Bahasa Sarkasme di Media Sosial Twitter

Authors

  • Astri Puspa Dewi Universitas Islam Bandung
  • Meli Merlina Universitas Islam Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v1i3.38

Keywords:

Bahasa, Media Sosial, dan Sarkasme.

Abstract

Sarkasme dalam media sosial merupakan ejekan atau cemoohan yang dituangkan baik secara tulisan, foto ataupun video. Penggunaan bahasa sarkasme di media sosial ini mencerminkan bahwa sebagian masyarakat Indonesia  merupakan penutur bahasa yang berbudaya kurang baik, tidak berkarakter baik dan tidak menjungjung tinggi etika kesantunan dalam berbahasa. Jika hal tersebut dibiarkan maka akan memberikan pengaruh yang lebih luas dan menjadikan budaya baru sehingga memudarkan karakter asli bangsa Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan cara menganalisis penggunaan Bahasa sarkasme pada media sosial twitter yang bertujuan untuk mendeskripsikan komentar netijen pada akun media sosial @AREAJULID yang mengandung Bahasa sarkasme. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik catat dengan cara mencatat dan membaca komentar yang mengandung bahasa sarkasme. Sumber data pada penelitian ini adalah komentar netijen  dalam akun twitter. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan bahasa sarkasme di media sosial twitter sangat tinggi, sehingga menyebabkan pelanggaran prinsip kesopanan dalam berbahasa Indonesia yang baik dan benar.

Downloads

Published

2022-09-25

How to Cite

Astri Puspa Dewi, & Meli Merlina. (2022). Penggunaan Bahasa Sarkasme di Media Sosial Twitter. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(3), 26–30. https://doi.org/10.55606/concept.v1i3.38