Ancaman Industrialisasi Dalam Masyarakat Risiko

Authors

  • Nauval Karyo Bisyafar Universitas Jember
  • Nabil Reza Maulana Universitas Jember
  • Satria Mahardika Tri Purnama Universitas Jember

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.278

Keywords:

Risiko, Industri, Dampak.

Abstract

Dimasa yang serba modern ini Perubahan terjadi dalam kehidupan bermasyarakat di seluruh penjuru yang ada di dunia ini merupakan suatu kondisi yang sangatlah normal, dampak serta pengaruh yang terjadi tersebut menyebar dengan cepat ke belahan lain dunia ini, hal tersebut juga bagian dari berkembangnya komunikasi yang kian modern. Munculnya banyak inovasi penemuan baru yang ada di bidang teknologi, terjadinya proses perubahan yang cepat atau biasa dinamakan dengan revolusi, modernisasi dan yang terjadi kedepanya dalam suatu daerah, memungkinkan kita secara cepat dan efisien dapat mengetahui berbagai informasi yang kita butuhkan. Kemajuan tersebut tentunya juga tidak luput dari peran kemajuan dalam bidang perindustrian yang menghasilkan teknologi tersebut. Berbagai kemajuan yang terjadi menyangkup berbagai aspek itu dinamakan modernisasi. Modernisasi yang muncul di bidang industri dinamakan industrialisasi. Tentu banyak efek positif yang dapat diambil dari proses industrialisasi itu. Namun, dilain sisi tentu juga menyebabkan dampak negatif ataupun meningkatnya risiko yang muncul didalam masyarakat. Risiko yang muncul didalam lingkungan masyarakat merupakan konsekuensi yang harus diterima oleh masyarakat sekitar baik yang terlibat maupun tidak sebagai bentuk dari dampak dari adanya industri. Pada kasus ini teori masyarakat risiko digunakan sebagai acuan yang digunakan didalam eb sebagai bentuk dari pencegahan dari dampak yang mungkin saja timbul. Sebab dalam suatu kegiatan atau aktivitas tentu ada yang namanya risiko walau sekecil apapun pasti terkandung unsur risiko didalamnya. Mengapa risiko sangat penting untuk diminimalisir sebab risiko merupakan suatu bentuk ketidakpastian yang muncul didalam suatu hal dan memiliki unsur bahaya didalamnya. Oleh karena itu risiko sangatlah penting untuk diminimalisir karena bahaya yang memungkinkan datang dimana saja, kapan saja dan kepada siapa saja.

References

Ayuni1, F., & Jannah2, R. (2020). Konstruksi Sosial Penambang Marmer Mengenai Lingkungan IMIT di Kabupaten Tulungagung. Jurnal Entitas Sosiologi, 96-106.

Beck, U. (1992). Risk Society Towards a New Modernity. German: SAGE Publications Ltd.

Nora Jasmine Abidin, B. L. (2022). STRATIFIKASI SOSIAL DAN AKSES ATAS KESELAMATAN TERHADAP BENCANA. JURNAL SOSIOLOGI NUSANTARA, 293-304.

Purwaningrum, P. (2016). UPAYA MENGURANGI TIMBULAN SAMPAH PLASTIK. JTL Vol 8 No.2, Desember 2016, 141-147, 141-147.

Shodiq, M. N., & Mulyono, J. (2018). PERAN AGENSI DALAM KESIAPSIAGAAN BENCANA BANJIR BANDANG DAN TANAH LONGSOR DI PERKEBUNAN KALIJOMPO JEMBER. JURNAL ENTITAS SOSIOLOGI, 26-37.

Downloads

Published

2023-05-18

How to Cite

Nauval Karyo Bisyafar, Nabil Reza Maulana, & Satria Mahardika Tri Purnama. (2023). Ancaman Industrialisasi Dalam Masyarakat Risiko . Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(2), 29–47. https://doi.org/10.55606/concept.v2i2.278