Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem Based Instruction (Pbi) Pada Tema 2 Subtema 1 Kelas V Sd Negeri 1 Waluyorejo

Authors

  • Rismatul Amaliyah Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nurhidayati Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Titi Anjarini Universitas Muhammadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.249

Keywords:

Tematik, Problem Based Instruction, Berfikir Kritis

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas V di SD Negeri 1 Waluyorejo menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis peserta didik masih rendah dalam pembelajaran tematik. Oleh sebab itu, perlu dibutuhkan alternatif medel pembalajaran yang dapat meningkatkan kemampuan berfikir ktitis peserta didik dalam pembelajaran tematik. Penelitian ini bertujuan meningkatkan kemempuan berfikir kritis pada pelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) pada siswa kelas V SD. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang melibatkan siswa kelas V yang berjumlah 19 orang siswa. Pengumpulan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan tes hasil belajar, metode analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar mata pelajaran tematik melalui penerapan model pembelajaran Problem based instruction (PBI) pada siswa kelas V hasil peneliitian menunjukkan bahwa kemampuan berfikir kritis dapat meningkat dari siklus ke siklus. Pada pra siklus 15,8%, siklus I 52,65%, siklus II 89,45 sehingga dikategori "sangat kritis". Sehingga penerapan model Problem Based Instruction bisa menjadi alternatif dalam meningkatkan kemampuan berfikir kritis peserta didik di sekolah dasar.

References

Hariyani, Y. (2018). Peran Penting Psikologis terhadap Peserta Didik SD melalui Pembelajaran Tematik-Terpadu. EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam.

Handayani, S. L., Budiarti, I. G., Kusmajid, K., & Khairil, K. (2021). Problem Based Instruction Berbantuan E-Learning: Pengaruhnya terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu.

Fakhriyah, F., & Roysa, M. (2016). Pengaruh Model Problem Based Instruction Dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Konseling GUSJIGANG.

Hidayah, R., Salimi, M., & Susiani, T. S. (2017). Critical Thinking Skill: Konsep Dan Inidikator Penilaian. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an.

Detagory, W. N., Hanurawan, F., & Mahanal, S. (2017, May). Peran Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing dalam Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Pembelajaran IPA di SD. In Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran dan Pendidikan Dasar 2017 (pp. 926-933).

Fujiah, F., Prayogi, S., & Hidayat, S. (2016). Penerapan model pembelajaran problem based instruction (pbi) berbasis autentik asesment untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Lensa: Jurnal Kependidikan Fisika, 4(2), 55-58.

Nelma Yunita (2021). Penerapan Model Pembelajaran Peoblem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Pada Muatan Pembelajaran IPS di Kelas V SD Negeri 007 Pulau Lawas Kecamatan Bangkinaang Kabupaten Kampar. Skripsi.

Meissy Armadi (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Tematik Kelas V Sekolah Dasar Muhammadiyah 002 Penyasawan. Skripsi.

Downloads

Published

2023-03-29

How to Cite

Rismatul Amaliyah, Nurhidayati, & Titi Anjarini. (2023). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik Melalui Model Problem Based Instruction (Pbi) Pada Tema 2 Subtema 1 Kelas V Sd Negeri 1 Waluyorejo. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 232–240. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.249