Implementasi Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa Pada Tema 1 Subtema 3 Kelas III Sd Negeri 1 Waluyorejo
DOI:
https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.248Keywords:
Berfikir kreatif, Problem Based Learning. PembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui implementasi model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa pada tema 1 subtema 3 Kelas III SD N 1 Waluyorejo, (2) mengetahui peningkatan kemampuan berfikir kreatif siswa yang menggunakan model Problem Based Learning pada tema 1 subtema 3 kelas III SD Negeri 1 Waluyorejo. Model penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ditandai dengan adanya suatu tindakan. Tindakan ini tidak hanya dilakukan sekali, akan tetapi tindakan ini dilakukan berulang-ulang sampai tujuan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini tercapai. Hasil penelitian ini dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) implementasi model pembelajaran Problem Based Learning meliputi; mengidentifikasi masalah, membimbing penyelidikan, mengembangkan hasil penyelidikan, mengevaluasi proses pemecahan masalah, generalisasi atau kesimpulan dapat diterapkan ke siswa pada materi tema 1 subtema 3 kelas III di SD Negeri 1 Waluyorejo, (2) untuk hasil kemampuan berfikir kreatif siswa pada pembelajaran tematik dengan mengimplementasikan model Problem Based Learning mampu meningkatkan berfikir kreatif siswa dengan hasil pada pra siklus rata-rata persentase ketuntasan tes kemampuan berfikir kreatif siswa sebesar 32 % dengan kategori sangat kurang. Kemudian pada siklus I rata-rata persentase ketuntasan tes kemampuan berfikir kratif siswa meningkat mencapai 52% dengan kategori kurang, sedangkan rata-rata ketuntasan tes kemampuan berfikir kreatif siswa pada siklus II yang diperoleh meningkat menjadi 88,75 % dengan kategori sangat baik. Sehingga implementasi model Problem Based Learning menjadi alternatif solusi untuk meningkatkan kemampuan berfikir kreatif siswa di SD Negeri 1 Waluyorejo.
References
Taufik, A., & Riyadi, M. (2019). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Tangram Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Jurnal Edukasi dan Sains Matematika (JES-MAT), 5(2), 85-98.
http://journal.uniku.ac.id/index.php/JESMath/article/view/1734.
Novellia, M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Untuk Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JLLS/article/view/14760.
Stefani, S., & Abidin, Z. (2019). Penggunaan Model PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Kelas V Sd Negeri 05 Bandar Buat Kota Padang. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 9(4), 346-352.
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/16087.
Budi, S. S., Firman, F., & Desyandri, D. (2021). Efektivias Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 234-241.
https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/938
Adetya, O., & Desyandri, D. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) di Sekolah Dasar. eJournal Pembelajaran Inovasi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(12),13
http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pgsd/article/view/8449/3770.
Nurman, V., Ramadhani, R., Wahyugi, R., Fitria, Y., & Desyandri, D. (2020). Penerapa Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tema 7. School Education Journal Pgsd Fip Unimed, 10(2), 174-183.
https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/school/article/view/18782.
Ngalimun, (2017). Strategi Pembelajaran Dilengkapi dengan 65 Model Pembelajaran. Yogyakarta: Parama Ilmu Belajar IPA.
Ngalimun, (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Muslich, Masnur. (2014). Melaksanakan PTK Itu Mudah CAR (Classroom Action Research). Jakarta: Bumi Aksara.