Pemanfataan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sd Anak Saleh Kota Malang
DOI:
https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.247Keywords:
Pemanfaatan, Perpustakaan SD, Sumber BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar, peran dan fungsi pemanfaatan perpustakaan, serta faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan perpustakaan di SD Anak Saleh Kota Malang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pustakawan, guru kelas I-VI, dan siswa kelas I-VI. Hasil analisis menyimpulkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar sudah berjalan dengan baik. Secara khusus Perpustakaan Sekolah telah memenuhi tiga aspek fungsi perpustakaan yaitu Perpustakaan sebagai tempat pendidikan, informasi dan rekreasi. Pemanfaatan perpustakaan sekolah yang maksimal didukung oleh fasilitas yang tersedia dengan baik, minat baca siswa yang tinggi dan sumber bacaan yang beragam. Berdasarkan hasil penelitian ini pihak sekolah disarankan untuk membentuk tim perpustakaan dan bagi pustakawan khususnya memperbanyak koleksi buku yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa.
References
Ammar, N. 2013. Manajemen Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sains.
JurnalPendidikan Humaniora, Online, I (4).
http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/4148
Arkana, I. K. 2019. Upaya Mengoptimalkan Peran Perpustakaan Sekolah Melalui Pengelolaan
Yang Profesional. Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi. Vol. 06, No.01.
https://doi.org/10.23887/ap.v6i1.22181
Aziz, S. 2014. Perpustakaan Ramah Difabel: Mengelola Layanan Informasi bagi Pemustaka
Difabel. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Bafadal, I. 2014. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.
Hariati. 2012. Identifikasi Petugasan Perpustakaan Sekolah Tingkat SD Gugus III Kecamatan
Lowokwaru Kota Malang. Malang: Universitas Negeri Malang
Jamaludin, Komarudin, A., & Khoerudin, K. 2015. Pembelajaran Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Kamulyan, M.S., Primasari, F. 2014. Implementasi Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber
Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 1,
No. 1. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1551
Majid, A. 2013. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Mangnga, A. 2015. Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar Mengajar Di Sekolah.
Jupiter, Vol. 14, No 1. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/27
M.T. Sumantri. 2008. Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya. Cetakan Keempat.
Pawit M, Y. 2010. Komunikasi Instruksional. Jakarta: Bumi Aksara.
Prasetyo, M., Thomas, Y., & Rustiyarso. 2013. Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan
Perpustakaan Sekolah Sebagai Prasarana Belajar Siswa Sma Negeri 7 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2.
http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3652
Pujiono. 2012. Berpikir Kritis Dalam Literasi Membaca Dan Menulis Untuk Memperkuat Jati Diri
Bangsa. PIBSI XXXIV TAHUN 2012 UNSOED.
Rahayuningsih, F. 2007. Pengelolaan Perpustakan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sinaga, D. 2011. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana.
Yunus. 2017. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Malang: Madani.