Pemanfataan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sd Anak Saleh Kota Malang

Authors

  • Fierda Nursitasari Amaliya Universitas Negeri Malang
  • Achmad Taufiq Universitas Negeri Malang
  • I Made Suardana Universitas Negeri Malang

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.247

Keywords:

Pemanfaatan, Perpustakaan SD, Sumber Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar, peran dan fungsi pemanfaatan perpustakaan, serta faktor pendukung dan penghambat pemanfaatan perpustakaan di SD Anak Saleh Kota Malang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah pustakawan, guru kelas I-VI, dan siswa kelas I-VI. Hasil analisis menyimpulkan bahwa pemanfaatan perpustakaan sebagai sumber belajar sudah berjalan dengan baik. Secara khusus Perpustakaan Sekolah telah memenuhi tiga aspek fungsi perpustakaan yaitu Perpustakaan sebagai tempat pendidikan, informasi dan rekreasi. Pemanfaatan perpustakaan sekolah yang maksimal didukung oleh fasilitas yang tersedia dengan baik, minat baca siswa yang tinggi dan sumber bacaan yang beragam. Berdasarkan hasil penelitian ini pihak sekolah disarankan untuk membentuk tim perpustakaan dan bagi pustakawan khususnya memperbanyak koleksi buku yang sesuai dengan kebutuhan dan minat siswa.

References

Ammar, N. 2013. Manajemen Sumber Belajar Dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran Sains.

JurnalPendidikan Humaniora, Online, I (4).

http://journal.um.ac.id/index.php/jph/article/view/4148

Arkana, I. K. 2019. Upaya Mengoptimalkan Peran Perpustakaan Sekolah Melalui Pengelolaan

Yang Profesional. Jurnal Ilmiah Perpustakaan Dan Informasi. Vol. 06, No.01.

https://doi.org/10.23887/ap.v6i1.22181

Aziz, S. 2014. Perpustakaan Ramah Difabel: Mengelola Layanan Informasi bagi Pemustaka

Difabel. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bafadal, I. 2014. Pengelolaan Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara.

Hariati. 2012. Identifikasi Petugasan Perpustakaan Sekolah Tingkat SD Gugus III Kecamatan

Lowokwaru Kota Malang. Malang: Universitas Negeri Malang

Jamaludin, Komarudin, A., & Khoerudin, K. 2015. Pembelajaran Perspektif Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kamulyan, M.S., Primasari, F. 2014. Implementasi Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber

Belajar Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 1,

No. 1. https://journals.ums.ac.id/index.php/ppd/article/view/1551

Majid, A. 2013. Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mangnga, A. 2015. Peran Perpustakaan Sekolah Terhadap Proses Belajar Mengajar Di Sekolah.

Jupiter, Vol. 14, No 1. https://journal.unhas.ac.id/index.php/jupiter/article/view/27

M.T. Sumantri. 2008. Panduan Penyelenggaraan Perpustakaan Sekolah. Bandung: PT Remaja

Rosdakarya. Cetakan Keempat.

Pawit M, Y. 2010. Komunikasi Instruksional. Jakarta: Bumi Aksara.

Prasetyo, M., Thomas, Y., & Rustiyarso. 2013. Faktor Yang Mempengaruhi Pemanfaatan

Perpustakaan Sekolah Sebagai Prasarana Belajar Siswa Sma Negeri 7 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2.

http://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/3652

Pujiono. 2012. Berpikir Kritis Dalam Literasi Membaca Dan Menulis Untuk Memperkuat Jati Diri

Bangsa. PIBSI XXXIV TAHUN 2012 UNSOED.

Rahayuningsih, F. 2007. Pengelolaan Perpustakan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sinaga, D. 2011. Mengelola Perpustakaan Sekolah. Bandung: Bejana.

Yunus. 2017. Manajemen Perpustakaan Sekolah. Malang: Madani.

Downloads

Published

2023-03-28

How to Cite

Fierda Nursitasari Amaliya, Achmad Taufiq, & I Made Suardana. (2023). Pemanfataan Perpustakaan Sekolah Sebagai Sumber Belajar Di Sd Anak Saleh Kota Malang. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 209–220. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.247