Peranan Orangtua Dalam Memotivasi Anak Untuk Melaksanakan Shalat Lima Waktu Di Jorong Bungo Tanjuang Kenagarian Sungai Janiah Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok

Authors

  • Tita Eka Putri Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Fauzan Fauzan Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Jasmienti Jasmienti Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi
  • Supriadi Supriadi Universitas Islam Negeri Sjech M. Djamil Djambek Bukittinggi

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.245

Keywords:

Peranan Orangtua, memotivasi, melaksanakan sholat

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah yang berkaitan dengan peranan orangtua dalam memotivasi anak melaksankan shalat lima waktu di Jorong Bungo Tanjuang Kenagarian Sungai Janiah. Hal ini akan digali atau dicari informasi mengenai apa yang membuat anak di Jorong Bungo Tanjuang Kenagarian Sungai Janiah itu banyak yang meninggalkan shalat dan ada juga yang tidak melakukan shalat limawaktu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif, dengan menggunakan informan kunci orangtua. Informan pendukung dalam penelitian ini adalah anak yang ada di Jorong Bungo Tanjuang Kenagarian Sungai Janiah. Dalam pengumpulan data,  pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan wawancara. Adapun teknik analisi data yang di gunakan adalah menelah seluruh data, reduksi, penyajian data. Adapun teknik keabsahan data yaitu membandingkan data hasil pengamat dengan data hasil wawancara, membandingkan data yang dikatan orangtua dengan data yang dikatakan anak.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa malasnya anak shalat yang ada di Jorong Bungo Tanjuang Kenagarian Sungai Janiah, dikarenakan kurangnya peranan orangtua dalam memotivasi anaknya untuk shalat. Orangtua hanya mengingatkan tetapi tidak melihat apakah anak itu benar-benar sudah melakukan atau belum melakukan shalat.

References

Ahmad Susanto, Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Bumi Aksara, 2018)

Al-Banna, Hadits Arbain, (Yogyakarta: Media Insani, 2010)

AL-Qur’an surat Az-zariyat ayat 56

Andriani, Pengaruh Program Kontrol Shalat Wajib Terhadap Motivasi Ibadah Shalat Siswa Sehari-hari, Jurnal Pendidikan Universitas Garut Suhendar Vol. 02; No. 01; 2008;

Baqir Sharif Al Qarashi, Seni Mendidik Islam, (Jakarta: Zahra, 2003),cet ke 3

Fithugh Dodson, Mendisiplinkan Anak Dengan Kasih Sayang ( Jakarta : Gunung Mulia 2006)

Hadist ini hasan, diriwayatkan oleh abu wadud, no. 495 Ahmad, II/180.187; Al-Hakim, I/197

Lynda FitriAriyanti, Strategi Orang tua Milenial Dalam Menanamkan Kesadaran MenjalankanShalat Lima Waktu, JurnalIlmuPendidikan(JIP). Volume 1 No. 2 Desember 2020

M.Ngalim Purwanto, Psikologis Pendidikan, ( Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995)

Masyfuk Zuhdi, Studi Islam: Ibadah, (Jakarta: Rajawali Offset, 1992), Cet 2, h. 4.

Muhsin Qiraati, Tafsir Shalat (Bogor : Cahaya, 2004)

Mujiburrahman, Pola Pembinaan Ketrampilan Shalat Anak Dalam Islam, Jurnal MUDARRISUNA,Volume 6, Nomor 2, Desember 2016

Nana Syahodih Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, ( Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009)

Syaikh Abdul Qadir Ar-Rahbawi, Panduan Lengkap Shalat Menurut Empat Madzhab (Jakarta : Pustaka Al-Kautsar, 2007).

Ummi, Cara Jitu Memotivasi Anak Agar Rajin Shalat, 11 april 2018

Downloads

Published

2023-03-25

How to Cite

Tita Eka Putri, Fauzan Fauzan, Jasmienti Jasmienti, & Supriadi Supriadi. (2023). Peranan Orangtua Dalam Memotivasi Anak Untuk Melaksanakan Shalat Lima Waktu Di Jorong Bungo Tanjuang Kenagarian Sungai Janiah Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 179–190. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.245