Hubungan Self Efficacy Siswa Dengan Penyelesaian Tugas Sekolah Di SDN 10 Puhun Pintu Kabun Panganak Kota Bukittinggi
DOI:
https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.244Keywords:
self efficacy, penyelesaian tugasAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil pengamatan peneliti yaitu rendahnya self efficacy dalam penyelesaian tugas sekolah siswa di Sdn 10 Puhun Pintu Kabun Panganak Kota Bukittinggi. Dari observasi yang peneliti lakukan, ada beberapa siswa yang tidak yakin dengan kemampuan yang dimiliki seperti minder dengan siswa lainnya yang memiliki prestasi lebih tinggi di dalam kelas padahal siswa tersebut mampu, akibat dari ketidak yakinan diri tersebut menyebabkan siswa malas untuk mengerjakan penyelesaian tugas sekolah yang diberikan oleh guru. Self Efficacy adalah keyakinan diri seseorang terhadap kemampuan dirinya sendiri bahwa ia mampu untuk melakukan sesuatu atau mengatasi sesuatu. Penyelesaian tugas sekolah adalah metode penyajian bahan dimana guru memberikan tugas tertentu agar siswa melakukan kegiatan belajar dirumah. Tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui Hubungan Self Efficacy Siswa dengan Penyelesaian Tugas Sekolah di Sdn 10 Puhun Pintu Kabun Panganak Bukittinggi. Penelitian ini merupakan penelitian kuanititatif korelasional. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas 6 yang berjumlah 15 orang. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling, maka sampel penelitian ini adalah siswa dan siswi kelas 6 di Sdn 10 Puhun Pintu Kabun Panganak Kota Bukittinggi sebanyak 15 orang dengan jenis kelamin perempuan ada 7 orang dan laki-laki berjumlah 8 orang. Dalam penelitian ini digunakan instrument yaitu angket, yang terdiri dari angket self efficacy dan angket penyelesaian tugas sekolah dengan menggunakan skala Gutman. Teknik pengolahan data mencari mean, range, % skor dan standart deviation, sedangkan uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linearitas, sedangkan untuk pengujian hipotesis mencari Product Moment yang mensyaratkan hipotesis diterima apabila r_hitung lebih besar dari r_tabel. Hasil penelitian terdapat hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan penyelesaian tugas sekolah pada siswa di Sdn 10 Puhun Pintu Kabun Bukittinggi. Dengan dilakukan perhitungan hasilnya dapat diketahui bahwa taraf signifikan antara variabel self efficacy (X) dengan penyelesaian tugas sekolah (Y) siswa adalah r_hitusng = 0,931 lebih besar dari r_tabel = 0,514, maka hipotesis diterima yang menyatakan adanya hubungan yang signifikan antara self efficacy dengan penyelesaian tugas sekolah, itu berarti Ha diterima sedangkan H0 ditolak. Dengan derajat hubungan sangat kuat dan hubungan yang positif.
References
, 2012. Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
, 2013, Metode Penelitian Pendidikan;Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D, Bandung: Alfabeta
,. 1997. Self Efficacy: The Exercise of Control. New York: Freeman
. (1994). Self-efficacy. In V. S. Ramachaudran (Ed), Encyclopedia of Human behavior (vol. 4, pp. 71-81). New York: Academic press. (Reprinted in H. Friedman (Ed), Encyclopedia of mental healt. San Diego: Academic press, 1998
. 2018. Pengantar Statistic Pendidikan, Jakarta : Pt. Raya Grafindo Persada
Alwisol, 2009, Psikologi Kepribadian edisi revisi, Malang : UMM Press
Amir Hadi, 1998, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung Pustaka Setia
Anas Sudjiono, 2009. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Bahri Syaiful dan Zain Aswan, 2006, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta:Rineka Cipta.
Bandura, a, & schunk, D.H. (1989). “Cultivating Competence, Self Efficacy, And Instrinsic Interest Trough Proximal Self Motivation”. Journal of psychology and social psychology, 41 (3), 586-589.
Baron, R.A. & Byrne, D. (2005). Psikologi sosial (Edisi ke 10). Jakarta: Erlangga
Eva Masrita Hayati, wali kelas di sdn 10 puhun pintu kabun panganak bukittinggi, wawancara pribadi pada tanggal 12 mei 2020
Johanda, M., Karneli, Y & Ardi, Z. (2018). Self-Efficacy Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Sekolah di SMP Negeri 1 Ampek Angkek. Neo Konseling.
Mardalis, 1982, Metodologi Suatu Pendekatan Proporsional, Surabaya: Usaha Nasional
Moh. Nazir. 2003. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia
Muri Yusuf, 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan, Padang : Kencana Prenadamedia Group
N. S. Sukmadinata, 2008, Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung : Remaja Rosdakarya
Nirwana Gita Pertiwi, 2015, Pengaruh Self Efficacy Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar Daerah Binaan Iv Kecamatan Cilacap Selatan Kabupaten Cilacap, (Semarang,(skripsi diterbitkan) UNNES
Nur Gufron & Rini Risna Wita, 2012, Teori-teori Psikologi, Yogyakarta : Aruzz Media
Nurjanna 2013/2014, Penggunaan Metode Pemberian Tugas Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Surat Siswa Kelas IV SDN 2 Lais
Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Belajar
Robert A. Baron & Donn Byrne, 2003. Psikologi Sosial. Jakarta : ERLANGGA
Saifuddin Azwar, 2005 Metode Penelitian, Yogyakarta : Pustaka Pelajar
SM Ismail, 2008. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM, Semarang, Rasail Media Group
Sudjana, Nana. 2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung :Sinar Baru Algensido Offset
Sugiyono, 2007, Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D), Bandung: Alfabeta
Suharsimi Arikunto, 2015, Manajemen Penelitian, Jakarta: Pt Rineka Cipta
Syamsu yusuf & Juntika Nurihsan, 2008, Teori kepribadian, Bandung: PT REMAJA ROSDA KARYA.
Undang-undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003
Widyajayanti,Istiqomah, Analisis Intensitas Pemberian Pekerjaan Rumah Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika
Widyanto, E. (2006). Hubungan antara self efficacy dengan efektivitas komunikasi pada receptionist hotel. Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Malang.