Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Nur Indah Sukmawati Universitas Negeri Surabaya
  • Nur Ika Sari Rakhmawati Universitas Negeri Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.238

Keywords:

STEAM, berpikir tingkat tinggi.

Abstract

Revolusi industry 4.0 menuntut dunia pendidikan melakukan penyesuaian. Pada Pendidikan anak usia dini, kesiapan anak merupakan faktor penting dalam proses pembelajaran agar generasi mereka mampu bersaing secara global demi menjawab tantangan abad 21. Namun hasil riset menunjukkan bahwa Pendidikan di Indonesia masih membutuhkan banyak ruang untuk perbaikan, khususnya pada pembelajaran matematika dan sains.. Guna mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan pendekatan STEAM. Tujuan penelitian dengan pendekatan STEAM adalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi, diantaranya keterampilan memecahkan masalah dan berpikir kritis di TK Dewi Sartika Kecamatan Mojoagung Kabupaten Jombang. Model penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif menggunakan desain quasi eksperimental dengan nonequivalent control group design. Sampel yang digunakan adalah 56 anak berusia 5-6 tahun. Pengumpulan data dilakukan secara observasi dengan nilai pretest-posttest sebagai jumlah yang akan diuji. Dari uji besarnya pengaruh variabel didapatkan bahwa antara nilai pretest-posttest mengalami peningkatan sebanyak 14,43. Hal ini menunjukkan bahwa Pembelajaran Berbasis STEAM dapat digunakan sebagai stimulasi untuk meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Pada Anak Usia Dini.

References

Anggraini, W., & Hudaidah, H. (2021). Reformasi Pendidikan Menghadapi Tantangan Abad 21. Journal on Education, 3(3), 208–215.

Bloom, B. S. (1956). Taxonomy of educational objectives. Vol. 1: Cognitive domain. New York: McKay, 20(24), 1.

Costantino, T. (2018). STEAM by another name: Transdisciplinary practice in art and design education. Arts Education Policy Review, 119(2), 100–106.

Firman, H. (2016). Pendidikan Stem Sebagai Kerangka Inovasi pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Daya Saing Bangsa Dalam Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Prosiding Seminar Nasional Kimia Dan Pembelajarannya, 17.

ILO, I. L. O. (2017). World Employment Social Outlook. Geneva : International Labour Office.

Kemenristekdikti. (2018). Indonesia siap menyambut globalisasi pendidikan dan revolusi industri ke-4. Jakarta: Siaran Pers Kemenristekdikti.

Liao, C. (2016). From Interdisciplinary to Transdisciplinary: An Arts-Integrated Approach to STEAM Education. Art Education, 69(6), 44–49.

Maulana, R. A., & Sugiana, A. (2019). Anak Usia Dini Math: untuk PAUD. Jawa Barat: IGI PD. Sumedang.

Montessori, M. (1912). A critical Consideration of the New Pedagogy in its Relation to Modern Science.

Nicolescu, B. (1997). The transdisciplinary evolution of the university condition for sustainable development. In Transdisciplinary theory, practice and education (pp. 73–81). Springer.

Nugroho, O. F., Permanasari, A., & Firman, H. (2019). Program Belajar berbasis STEM untuk Pembelajaran IPA: Tinjauan Pustaka, dengan Referensi di Indonesia. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 3(2), 117.

Qomariyah, N., & Qalbi, Z. (2021). Pemahaman Guru PAUD Tentang Pembelajaran Berbasis STEAM dengan Penggunaan Media Loose Parts di Desa Bukit Harapan. JECED : Journal of Early Childhood Education and Development, 3(1), 47–52.

Rakhmawati, N. I. S., Kotimah, N., & Hasibuan, R. (2020). The Effectiveness of Computer-Assisted Instruction on Students’ Cognitive Skill to Know Geometric Shapes. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori Dan Praktik Kependidikan, 5(2), 63–72.

Rosseau, J. J. (1778). Discurso Sobre A Origem e Os Fundamentos Da Desigualdade Entre Os Homens 1712-1778. Tradução de Paulo Neves. Porto Alegre: L&PM.

Snow, C. E., & Dibner, K. A. (2016). Science literacy: Concepts, Contexts, and Consequences. In Science Literacy: Concepts, Contexts, and Consequences.

Sochacka, N. W., Guyotte, K. W., & Walther, J. (2016). Learning Together: A Collaborative Autoethnographic Exploration of STEAM (STEM + the Arts) Education. Journal of Engineering Education, 105(1), 15–42.

Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yakman, G., & Lee, H. (2012). No Title. Journal of the Korean Association for Science Education, 32(6), 1072.

Yaumi, M. (2018). Media dan Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenada Media.

Downloads

Published

2023-03-15

How to Cite

Nur Indah Sukmawati, & Nur Ika Sari Rakhmawati. (2023). Pengaruh Pembelajaran Steam (Science, Technology, Engineering, Art, And Mathematic) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (Critical Thinking And Problem Solving) Pada Anak Usia Dini. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 127–141. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.238

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.