Implementasi Media Edulastic sebagai Instrumen Asesmen dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi di SMP Negeri 2 Semarang

Authors

  • Tri Wahyuni Universitas Negeri Semarang
  • Asep Purwo Yudi Utomo Universitas Negeri Semarang
  • Indah Fitrianingrum Universitas Negeri Semarang
  • Hesti Ambarwati Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.235

Keywords:

pembelajaran, evaluasi, media edulastic, asesmen, teks eksplanasi

Abstract

Pembelajaran merupakan proses membantu peserta didik dalam mencapai tujuan pembelajaran. Sebuah pembelajaran tentu perlu dilengkapi dengan evaluasi pendidikan untuk mengukur ketercapaian tujuan pembelajaran. Kini penilaian berbasis teknologi sudah muncul untuk memberikan kemudahan pada pendidik dalam menilai progres belajar. Pendidik dapat memilih salah satu diantara berbagai media untuk mengganti asesmen berbasis kertas yang sebelumnya sering digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Peneliti ingin mengkaji lebih lanjut mengenai asesmen berbasis teknologi dalam pembelajaran teks eksplanasi menggunakan media Edulatic. Alasan pemilihan media Edulastic karena penelitian yang berkaitan dengan implementasi media ini masih terbatas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Edulastic dapat digunakan sebagai media untuk menyajikan instrumen asesmen dalam pembelajaran. Edulastic membantu guru mempercepat proses penilaian siswa karena hasil dapat langsung diperoleh saat siswa selesai mengerjakan tes dan  mengidentifikasi langsung kesulitan. Hal ini dapat dijadikan dasar untuk menentukan tindak lanjut terhadap proses pembelajaran.

 

 

References

Arikunto, Suharsimi. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara, 2013, pp. 62.

Asiana, Nur Ana, Sri Uchtiawati, Sri Suryanti. “Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Two Tier Multiple Choice dengan Menggunakan Aplikasi Quiziz.” Didaktika: Jurnal Pemikiran Pendidikan, 28 (2), 2022, 109-12, DOI: 10.30587/didaktika.v28i2.3704

Utomo, Asep Purwo Yudi, dkk. “Analisis Kualitas Konten Evaluasi Pembelajaran Bahasa pada E-Learning di Perguruan Tinggi sebagai Media Penbelajaran Hibrida.” Jurnal Sastra Indonesia, 11 (3), 2022, 227-236, DOI 10.15294/jsi.v11i3.58001.

Chasanah, Dwi Mardianatun. “Analisis Ketersediaan dan Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis TIK di SDN Dubin V Kecamatan Tegal Timur Kota Tegal.” M.Pd. Universitas Negeri Semarang, Semarang, 2016.

Djamaluddin, Ahyar dan Wardana. Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis. Parepare: CV Kaaffah Learning Center, 2019, pp. 13.

Faznur, Luthfi Syauki, Khaerunnisa, Aida Sumardi. Aplikasi Kahoot sebagai Media dalam Evaluasi Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Guru SMA di Sukabumi.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik, 2 (2), 2020, 39-44 DOI: 10.24853.

Fitria, Fita, Tiflatul Husna. “Analisis Proses Pembelajaran E-Learning Berbasis Edmodo pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Multi Karya Medan.” Jurnal pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3 (2), 2019, 67-72

Hamid, Mustofa Abi. “Pengembangan Instrumen Penilaian Hasil Belajar Siswa Berbasis TIK pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronikan.” Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1 (1), 2016, 37-46.

Harjali. Teknologi Pendidikan. Ponorogo: STAIN Po Press, 2011, pp. 109.

Haryanto. Pengantar Teknologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press, 2015, pp. 35.

Kumar, Satish. Guiding Kindergarten to Grade 12 Student to Mastery with Next Generation Digital Assesments. Internet: https://www.researchgate.net/publication/346002724_Guiding_Kindergarten_to_Grade_12_Students_to_Mastery_with_Next_Generation_Digital_Assessments, Nov. 2020 (Jan. 17, 2023).

Nurhamidah, Didah. “Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Media Nearpod dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia”. Pena Literasi: Jurnal Pendidikan dan Sastra Indonesia, 2021, 80-90.

Purnamasari, Ardita, Rochmawati.”Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Komunikasi dengan Wondershare Quiz Creator Materi Sistem Penilaian Persediaan. Jurnal Pendidikan, 03 (1), 2015, 200-216.

Rokhmah, A. I. N, Widawati, C. W., Yuniarta, I. R., Suwandi, S. (2022). Studi Kasus Pelaksanaan Asesmen Pembelajaran bahasa Indonesia menggunakan aplikasi Moodle. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 9(2), 160-169. https://doi.org/10.21831/jitp.v9i2.51644.

Muliani, Fajrul W.G., Halimatus Sakdiah. “Pelatihan Asesmen Hasil Belajar Digital Terintegrasi Quizizz dan Google Form sebagai Solusi Pembelajaran di Masa New Normal.” Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5 (1), 318-321, https://doi.org/10.29303/jpmpi.v3i2.11165.

Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther, James D. Russell. Instructional Technology and Media for Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar. Jakarta: Prenadamedia Group, 2014, pp. 5.

Yusuf, A. Muri. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group, 2015, pp. 23.

Downloads

Published

2023-03-13

How to Cite

Tri Wahyuni, Asep Purwo Yudi Utomo, Indah Fitrianingrum, & Hesti Ambarwati. (2023). Implementasi Media Edulastic sebagai Instrumen Asesmen dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi di SMP Negeri 2 Semarang. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(1), 107–114. https://doi.org/10.55606/concept.v2i1.235