Penggunaan Bahasa Isyarat SIBI dan BISINDO untuk Siswa Tuli di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Medan

Authors

  • Meysa Malika Universitas Sumatera Utara
  • Berlianti Berlianti Universitas Sumatera Utara

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v4i3.2178

Keywords:

BISINDO, Communication Accessibility, Deaf Students, Sign Language, SIBI

Abstract

Sign language is the primary form of communication for deaf individuals to convey ideas, thoughts, and receive information from others.

References

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. (3th Ed). SAGE Publications.

Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry & Research Design: Choosing Among Five Approch. California: (3th Ed). SAGE Publications.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. (4th Ed). SAGE Publications.

Siregar, H. (2024). Pengembangan Program Pelatihan Vokasional Untuk Penyandang Disabilitas. CV. Prokreatif.

Arianto, D., & Apsari, N. C. (2022). Gambaran Aksesbilitas, Inklusivitas, dan Hambatan Penyadang Disabilitas dalam Memanfaatkan Layanan Transportasi Publik: Studi Literatur di Berbagai Negara. Jurnal Pekerjaan Sosial, 5(2), 156-170. https://doi.org/10.24198/focus.v5i2.42633

Ayuning, A., Pitaloka, P., Fakhiratunnisa, S. A., & Ningrum, T. K. (2022). Konsep Dasar Anak Berkebutuhan Khusus. MASALIQ : Jurnal Pendidikan dan Sains, (21) 26-42. https://doi.org/10.58578/masaliq.v2i1.83

Bintoro, T. (2011). Kemampuan Komunukasi Anak Tunarungu. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 23(14), 12-40. https://doi.org/10.21009/PIP.231.2

Ganurdan, M. H., & Bunga, B. N. (2014). Pola Komunikasi Anak Usia Dini Tunarungu Bukan Bawaan. Jurnal Transformasi Edukasi, 3(2), 63-69.

Gumelar, G., Hafiar, H., & Subekti, P. (2018). Bahasa Isyarat Indonesia Sebagai Budaya Tuli Melalui Pemaknaan Anggota Gerakan Untuk Kesejahteraan Tuna Rungu. Jurnal INFORMASI: Kajian Ilmu Komunikasi, 48(1), 65-78. https://doi.org/10.21831/informasi.v48i1.17727

Lintangsari, A. P. (2014). Identifikasi Kebutuhan Mahasiswa Tuli. Indonesian Journal of Disability Studies , 1 (1), 66. https://doi.org/10.21776/ub.ijds.2014.01.01.08

Mursita, R. A. (2015). Respon Tunarungu Terhadap Penggunaan Sistem Bahasa Isyarat Indonesia (SIBI) dan Bahasa Isyarat Indonesia (BISINDO) dalam Komunikasi. Jurnal INKLUSI, 2(2), 221-232. https://doi.org/10.14421/ijds.2202

Nisa, K., Mambela, S., & Badiah, L. I. (2018). Karakteristik dan Kebutuhan Anak Berkebutuhan Khusus. Jurnal Abadimas Adi Buana, 2(1), 33-40. https://doi.org/10.36456/abadimas.v2.i1.a1632

Perdana, N. A. P., Iroth, N. C., Salsabila, A., & Assyifa, R. F. B. (2022). Fenomena Penggunaan Bahasa Isyarat Bagi Penyandang Tuna Rungu di Sekolah Inklusi. Hasanuddin Journal Of Sociology, 4(2), 120-134.

Pramartha, I. N. B. (2015). Sejarah dan Sistem Pendidikan Sekolah Luar Biasa Bagian A Negeri Denpasar Bali. Jurnal Historia, 3(2), 67-74. https://doi.org/10.24127/hj.v3i2.274

Pratiwi, A., & Amri, A. (2019). "Penggunaan Sistem Isyarat Bahasa Indonesia (SIBI) Sebagai Media Komunikasi (studi pada siswa tunarungu di SLB Yayasan Bukesra Ulee Kareng, Banda Aceh)". Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 4(3), 1-12.

Purba, G. C., & Siregar, H. (2024). Efektivitas Program Bimbingan Keterampilan Bagi Penyandang Tunagrahita di Yayasan Anak Cacat (YPAC) Medan, Jurnal Ilmiah Kajian Politik Lokal dan Pembangunan, 10(4), 159-167. https://doi.org/10.56015/gjikplp.v10i4.212

Santoso, M. B., & Apsari, N. C. (2017). Pergeseran Paradigma dalam Disabilitas, Intermestic: Journal of International Studies, 1(2), 166-176. https://doi.org/10.24198/intermestic.v1n2.6

Syaifudin, A. A., Wibiyanto, J. S., & Muizzah, A. U. T. (2024). Pola Komunikasi Teman Tuli dalam Proses Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa (SLB) ABC Swadaya Kendal. Jurnal Kajian Komunikasi dan Pembangunan Daerah, 84-96. https://doi.org/10.33592/dk.v12i1.3499

Setiawati, F. A., & Nai'mah. (2020). Mengenal Konsep-Konsep Anak Berkebutuhan Khusus dalam PAUD. Jurnal Program Studi PGRA, 6(2), 193-208.

Ulfah, S. M., & Ubaidah, S. (2023). Penerapan Bahasa Isyarat dalam Pembelajaran bagi Anak Berkebutuhan Khusus Tuna Rungu. Journal Of Disability Studies and Research (JDSR), 2(1), 6-23.

Usup., Madi, M. S., & Satiawati, C. (2023). Pengaruh Teman Sejawat Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK). Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 196-204. https://doi.org/10.59141/japendi.v4i02.1612

Widiana, I. W., Nurjaya, I. G., & Vidiawati, N. K. R. (2019). Analisis Interaksi Sosial Siswa Kolok (Tunarungu) di Sekolah Inklusif. Journal for Lesson and Learning Studies, 2(3), 455-464.

Winarsih, M. (2010). Pembelajaran Bahasa Bagi Anak Tunarungu. Jurnal Perspektif Ilmu Pendidikan, 22(12), 103-113. https://doi.org/10.21009/PIP.222.1

Zaenuri, & Maemonah. (2021). Strategi Mnemonic Sebagai Solusi Untuk Pengayaan Kosa Kata Pada Anak Tunarungu Di Sekolah Dasar. Jurnal BASICEDU, 5(4), 1825-1833. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1038

Downloads

Published

2025-09-30

How to Cite

Meysa Malika, & Berlianti Berlianti. (2025). Penggunaan Bahasa Isyarat SIBI dan BISINDO untuk Siswa Tuli di Sekolah Luar Biasa Negeri Pembina Medan. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 4(3), 78–87. https://doi.org/10.55606/concept.v4i3.2178