PERAN BALAI LATIHAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MASYARAKAT

Authors

  • Ayi Najmul Hidayat Universitas Islam Nusantara Bandung
  • Nana Ismelani Universitas Islam Nusantara Bandung

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v1i4.131

Keywords:

Balai Latihan Kerja., ketrampilan masyarakat

Abstract

 

Abstrak. Balai Latihan Kerja merupakan gedung yang digunakan sebagai tempat berlatih dan menambah ketrampilan untuk mempersiapkan diri dalam memasuki dunia kerja. Pelatihan yang diadakan oleh Balai Latihan Kerja berguna untuk membekali keterampilan kepada peserta dalam berbagai bidang kejuruan dan memberikan motivasi untuk berusaha mandiri. Balai Latihan Kerja dirancang untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan lembaga pelatihan kerja yang berdedikasi mencetak tenaga kerja yang siap terjun ke dalam dunia kerja. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, teknik pengambilan data dilakukan dengan wawancara dan observasi. Hasil penelitian Peran BLK Kabupaten Purwakarta dalam meningkatkan kompetensi tenaga kerja sudah cukup efektif, hal ini dibuktikan dengan banyaknya jumlah alumni BLK Kabupaten Purwakarta yang telah diterima bekerja di perusahaan karena kondisi Purwakarta dengan banyaknya indutri maupun berwirausaha sendiri sesuai bidangnya masing - masing, bahwa dari empat peran BLK Kabupaten Purwakarta semuanya sudah mencapi target walaupun ada beberapa kekurangan dalam hal pengadaan instruktur.

 

Kata kunci

References

Ahmad Arwani. (2014) .Peran Balai Latihan Kerja Industri dalam Meningkatkan Kualitas Kerja. Journal Ilmu Pemeritah. 2(1)

Arikunto Suharsimi.(1996). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka cipta.

Hasibun.(2007). Management Sumber Daya Manusia, Cetakan Kesepuluh. Jakarta: Bumi Aksara.

Husna Nurhayatul.(2015). Evaluasi Unit Pelayanan Teknis Daerah Balai Latihan Kerja Payakumbuh. Tesis. Andalas : Univeritas Andalasan

Indrawijaya dan Adam Ibrahim.(2010). Konsep Prilaku Dan Budaya Organisasi. Bandung: Refika Aditama,

Kasanah, N. (2021). Peran Balai Latihan Kerja Dalam Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Guna Menekan Angka Pengangguran Di Kabupaten Tulungagung (Studi Kasus Pada Upt Balai Latihan Kerja Tulungagung).

Kbbi Online, Kamus Besar Bahasa Indonesia, https:/ /kbbi.web.id.indikator. diakses tanggal 1 Desember 2022

Kotler, P., & Lee, N. R. (2009). Up and Out of Poverty: The Social Marketing Solution. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Legowo Joko (2009). Peran Balai Latihan Kerja dan Transmigrasi dalam Meningkatkan Keterampilan Tenaga Kerja. Semarang: Universitas Negri Semarang.

Pandi Afandi. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia; Teori, Konsep dan Indikator. Riau: Zanafa Publishing, Cet. 1.

Peraturan Mentri Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2012 tentang Ketentuan Umum 1 Pasal 1 ayat 1.

Prabu Mangkunegara A.A. Anwar. (2004). Management Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Rizky. (2014) “Peran Balai Latihan Kerja dalam Meningkatkan Keterampilan Kerja” Ponorogo: Universitas Muhammadyah Ponorogo.

Slagian Sondang P. (2006). Manajement Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta,

Yusuf Burhanuddin, (2015). Manajement Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Radja Grafindo Persada.

Yusuf, Burhanudin. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia di Lembaga Keuangan Syari’ah. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, Cet. 2

Downloads

Published

2023-01-01

How to Cite

Ayi Najmul Hidayat, & Nana Ismelani. (2023). PERAN BALAI LATIHAN KERJA DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MASYARAKAT. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(4), 181–190. https://doi.org/10.55606/concept.v1i4.131

Similar Articles

1 2 3 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.