TARBIYAH FIL QURAN WAL HADIST
DOI:
https://doi.org/10.55606/concept.v1i3.115Keywords:
Trabiyah Fil Qur’an wal HadistAbstract
Tarbiyah dapat di artikan sebagai pendidikan, dimana pendididikan sendiri merupakan usaha yang dilakukan untuk merubah seseorang untuk dapat menjadi lebih baik, sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad ﷺ yang berpedoman pada Al-Qur’an dan hadist, dimana dalam Al-Quran selain sebagi sumber pedoman umat islam Al-Qur’an dan hadist juga merupakan sumber ilmu pengetahuan yang tidak pernah akan usang oleh perkembangan jaman. Dalam Al-Qur’an terdapat prinsip-prinsip acuan pendidikan yaitu ketauhidan dan risalah Ilahiyah. Dimana pada dua prinsip tersebut sangat penting dalam pedoman pendidikan baik dari Jaman Nabi Muhammad ﷺ sampai jaman yang akan datang. Manusia pada umumnya sudah Allah SWT berikan anugerah dalam dirinya dengan banyaknya potensi, dimaana potensi tersebut merupakan kesempunaanya manusia yang mempunyai fitrah dari lahir, sehinggan untuk mengembangkan potensi tersebut diperlukan pendidikan dalam Al-Qur’an dan Hadist
References
Abusama, Q, S Asiah, and Z Yasin. 2020. “Actuating Pendidikan Dalam Pandangan Al-Qur’an Dan Hadits.” Jurnal Al … 4(1): 298–310. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ah/article/view/2125.
Khamim, Nur. 2019. “Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Keluarga Millenial.” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 15(September): 132–42. https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/18.
Maros, Hikmah, and Sarah Juniar. 2016. TASIR RINGKAS Al- QUR’AN AL- KARIM.
Murjani, Murjani. 2022. “Konsep Pendidikan Menurut Al-Qur’an Hadis.” MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis 2(1): 13–22.
Muvid, Muhamad Basyrul. 2020. “Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Tinjauan Hadits (Studi Analisis Tentang Hadits-Hadits Pendidikan).” Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan 4(1): 1.
Noor Amirudin, Suaib Muhammad, Samsul Ulum. 2020. “Karakteristik Peserta Didik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits.” TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam /Vol 9, No(2): 68–82. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus.
Pito, Abdul Haris. 2019. “Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an.” Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan 7(1): 113–29.
Priyatna, M. 2017. “Konsep Pendidikan Jiwa (Nafs) Menurut Al Qur’an Dan Hadits.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 3(05): 520–32.
Qowim, Agus Nur. 2020. “Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3(01): 35–58.
Septianti, Ike, Devy Habibi Muhammad, and Ari Susandi. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Dan Hadist.” FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman 12(02): 23–32.
Sholichah, Aas Siti. 2018. “Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 7(01): 23.
Sholihah, Abdah Munfaridatus, and Windy Zakiya Maulida. 2020. “Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 12(01): 49–58.
Siti Inayatulloh. 2016. “Siti Inayatulloh.” AN-NIDHOM (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 1(2).
Tarbiyah, Kitab, A L Aul, Ā D F I Al, and Ahmad Suheili. 2017. “1523100091.”
Yuliana, Elfa. 2018. “Konsep Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an Dan Hadits.” Jurnal Al-Irfani STAI Darul Kamal NW Kembang kerang II(1): 30–32. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alirfani/article/view/3276%0Ahttp://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alirfani/article/view/3276/2403.