TARBIYAH FIL QURAN WAL HADIST

Authors

  • Suharti Suharti Universitas Islam 45 Bekasi
  • Yayat Suharyat Universitas Islam 45 Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v1i3.115

Keywords:

Trabiyah Fil Qur’an wal Hadist

Abstract

Tarbiyah dapat di artikan sebagai pendidikan, dimana pendididikan sendiri merupakan usaha yang dilakukan untuk merubah seseorang untuk dapat menjadi lebih baik, sesuai dengan ajaran Nabi Muhammad ﷺ  yang berpedoman pada Al-Qur’an dan hadist, dimana dalam Al-Quran selain sebagi sumber pedoman umat islam Al-Qur’an  dan hadist juga  merupakan sumber ilmu pengetahuan yang tidak pernah akan usang oleh perkembangan jaman. Dalam Al-Qur’an terdapat prinsip-prinsip  acuan pendidikan  yaitu ketauhidan  dan risalah Ilahiyah. Dimana pada  dua prinsip tersebut sangat penting dalam pedoman pendidikan  baik dari Jaman Nabi Muhammad ﷺ sampai jaman yang akan datang. Manusia pada umumnya sudah Allah SWT berikan anugerah dalam dirinya  dengan banyaknya potensi, dimaana potensi tersebut merupakan kesempunaanya  manusia yang mempunyai fitrah dari lahir, sehinggan untuk mengembangkan potensi tersebut diperlukan pendidikan  dalam Al-Qur’an dan Hadist

 

References

Abusama, Q, S Asiah, and Z Yasin. 2020. “Actuating Pendidikan Dalam Pandangan Al-Qur’an Dan Hadits.” Jurnal Al … 4(1): 298–310. http://journal.iaingorontalo.ac.id/index.php/ah/article/view/2125.

Khamim, Nur. 2019. “Penerapan Pendidikan Agama Islam Pada Keluarga Millenial.” Attaqwa: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam 15(September): 132–42. https://jurnal.staidagresik.ac.id/index.php/attaqwa/article/view/18.

Maros, Hikmah, and Sarah Juniar. 2016. TASIR RINGKAS Al- QUR’AN AL- KARIM.

Murjani, Murjani. 2022. “Konsep Pendidikan Menurut Al-Qur’an Hadis.” MUSHAF JOURNAL: Jurnal Ilmu Al Quran dan Hadis 2(1): 13–22.

Muvid, Muhamad Basyrul. 2020. “Konsep Pendidikan Agama Islam Dalam Tinjauan Hadits (Studi Analisis Tentang Hadits-Hadits Pendidikan).” Tarbawiyah Jurnal Ilmiah Pendidikan 4(1): 1.

Noor Amirudin, Suaib Muhammad, Samsul Ulum. 2020. “Karakteristik Peserta Didik Yang Ideal Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits.” TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam /Vol 9, No(2): 68–82. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus.

Pito, Abdul Haris. 2019. “Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an.” Andragogi: Jurnal Diklat Teknis Pendidikan dan Keagamaan 7(1): 113–29.

Priyatna, M. 2017. “Konsep Pendidikan Jiwa (Nafs) Menurut Al Qur’an Dan Hadits.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 3(05): 520–32.

Qowim, Agus Nur. 2020. “Metode Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an.” IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam 3(01): 35–58.

Septianti, Ike, Devy Habibi Muhammad, and Ari Susandi. 2021. “Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an Dan Hadist.” FALASIFA : Jurnal Studi Keislaman 12(02): 23–32.

Sholichah, Aas Siti. 2018. “Teori-Teori Pendidikan Dalam Al-Qur’an.” Edukasi Islami : Jurnal Pendidikan Islam 7(01): 23.

Sholihah, Abdah Munfaridatus, and Windy Zakiya Maulida. 2020. “Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama 12(01): 49–58.

Siti Inayatulloh. 2016. “Siti Inayatulloh.” AN-NIDHOM (Jurnal Manajemen Pendidikan Islam) 1(2).

Tarbiyah, Kitab, A L Aul, Ā D F I Al, and Ahmad Suheili. 2017. “1523100091.”

Yuliana, Elfa. 2018. “Konsep Pendidikan Anak Dalam Al-Qur’an Dan Hadits.” Jurnal Al-Irfani STAI Darul Kamal NW Kembang kerang II(1): 30–32. http://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alirfani/article/view/3276%0Ahttp://ejournal.kopertais4.or.id/sasambo/index.php/alirfani/article/view/3276/2403.

Downloads

Published

2022-12-21

How to Cite

Suharti, S., & Yayat Suharyat. (2022). TARBIYAH FIL QURAN WAL HADIST. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 1(3), 131–142. https://doi.org/10.55606/concept.v1i3.115