Implementasi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Pemersatu: Analisis Bahasa di Tanah Papua

Authors

  • Abdul Azis Khoiri Institut Agama Islam Negeri Sorong
  • Nurul Dwi Mutia Institut Agama Islam Negeri Sorong

DOI:

https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.1015

Keywords:

Language, Indonesian, Implementation, Society

Abstract

Language is a communication tool for every human being in everyday life to establish interactions in the social environment. This research is a case study that discusses the analysis of language varieties in Papua. The type of research used in compiling this research is using descriptive qualitative with the inclusion of a literature review method. Furthermore based on the resulth of research that has been carried out, it was found that there are more than 300 regional languages in Papua, and the object of regional language revitalization in Papua in 2023 consists of 9 languages. Therefore to connect communication between the people, the use of Indonesian implemented among the Papuan people, however its implementation, has its own characteristic, because the Papuan people want fast andconcise language use.

References

Azzahra, A., Gaspersz, S., Turot, N., Peloan, G. D., & Waisapy, C. (2023). Pengaruh Penggunaan Bahasa Indonesia Sebagai Media Komunikasi Bagi Masyarakat Moi, Kota Sorong. Jurnal Ilmu Sosial, Humaniora dan Seni,, 1(4), 691-695.

Bahasa, B. P. (2022). Bahasa Biyekwok. https://petabahasa.kemdikbud.go.id/infobahasa.php?idb=330.

Berita, T. (2023, Januari 19). Contoh Dialek Bahasa Daerah Papua Barat Untuk Percakapan Sehari- hari. (B. Terkini, Ed.) https://kumparan.com/berita-terkini/contoh-dialek-bahasa-daerah- papua-barat-untuk-percakapan-sehari-hari-1zfOd3z7e0r.

Blackman. (2023, Juni 8). Bahasa Moi bagian dari rumpun bahasa Papua. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Moi.

Blackman, J. (2023, Juni 8). Bahasa Tobati bagian dari rumpun bahasa Austronesia. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Tobati#:~text=Bahasa%20Tobati%20adalah%20seb uah%20bahasa,Jayapura%20di%20Provinsi%20Papua%2C%20Indonesia.

Budiwiyanto, Adi. (2022, Januari 22). Kontribusi Kosakata Bahasa Daerah dalam Bhasa Indonesia. https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/792/kontribusi-kosakata-bahasa-daerah-dalam-bahasa-indonesia#:~:text=Dalam%20undang%2Dundang%20tersebut%20dinyatakan,wilayah%20Ne gara%20Kesatuan%20Republik%20Indonesia.

Data Statistik Jumlah Bahasa Daerah di Indonesia. (2019, February). Data Statistik Jumlah Bahasa Daerah di Indonesia. https://images.app.goo.gl/gV29rXVsBc48PxLS6.

Fautngil, C. (n.d.). BEBERAPA CATATAN TENTANG FONOLOGI. https://journal.uny.ac.id/index.php/litera/article/downloadSuppFile/1580/490.

Gifelem, A. G., Asmuruf, W., & Faluk, Y. (2021, November 02). ANALISIS NUMRELIA BAHASA MOI RAGAM KELIN DI KAMPUNG KLAYILI DISTRIK KLAYILI KABUPATEN SORONG. https://poltekstpaul.ac.id/jurnal/index.php/jsoscied/article/download/334/296, 4.

Haikal, F. (2022, September 4). Bahasa Hattam. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Hattam#:~:text=Hattam%20(juga%20ditulis%20Hatam%2C%20Atam,Ethnologue%20mengelompokkannya%20sebagai%20bahasa%20isolat.

Hidranto, F. (2023, Juli 14). "Buka Egek", Tradisi Suku Moi untuk Kelestarian Alam. https://indonesia.go.id/kategori/budaya/7270/buka-egek-tradisi-suku-moi-untuk-kelestarian-alam?lang=1.

Hoerudin, C. W. (2021). Implementasi Bahasa Indonesia sebagai identitas nasional dan saran penguatan karakter masyarakat. https://ejournal.goacademica.com/index.php/jk/article/view/506.

Indrawati, D. (2021). Peran Bahasa Sebagai Pemersatu. https://binus.ac.id/bandung/2021/09/peran- bahasa-sebagai-pemersatu- bangsa/#:~:text=Peran%20bahasa%20Indonesia%20juga%20merupakan,dan%20bahasa%20 satu%20sama%20lain.

JumadilM. (2022, Agustus 08). Bahasa Sentani. https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Sentani.

Kalilago, R. (2022, Februari 02). Persebaran Bahasa Daerah di Papua dan Analisis Pergeserannya (Kasus Bahasa Daerah Tepra dan Sentani di Jayapura). https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/artikel-detail/2722/persebaran-bahasa-daerah-di- papua-dan-analisis-pergeserannya-kasus-bahasa-daerah-tepra-dan-sentani-di-jayapura.

Kunviyantie, L. (2022, November 09). Kosakata Bahasa Sobey. https://www.instagram.com/tv/CkxVPMxj6Hu/?igsh=MWRra3o5dWpxMnlvbQ.

Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022, Januari). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Sehari-hari. KAMPRET Journal https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8, 1(2).

Munawwarah, N. (2020, Oktober). Pengertian Bahasa Indonesia dan Fungsinya. https://www.kompasiana.com/nurul40671/5f9b7fcdd541df156e263f82/pengertian-bahasa- bahasa-indonesia-dan-fungsinya.

Nanda, S. (2023, Agustus 01). Metode Penelitian Kualitatif: Pengertian, Tujuan, Ciri, Jenis & Contoh. https://www.brainacademy.id/blog/metode-penelitian-kualitatif.

Normawati, M. e. (2018, November 27). BUKU AJAR BAHASA TOBATI BAGI PEMULA. https://repositori.kemdikbud.go.id/16096/, 78.

Pengembangan, B. B. (2019). Sobey. https://dapobas.kemdikbud.go.id/home?show=isidata&id=714. Peta Bahasa Provinsi Papua. (2022). https://petaBahasa.kemdibud.go.id/mapEnlarge2.php?idp=34. Prihapsari, I., Setiawan, B., & Suryanto, E. (2019, April 02). KARAKTERISTIK BAHASA INDONESIA

LOGAT PAPUA DAN RELEVANSINYASEBAGAI MATERI AJAR MATA KULIAH SOSIOLINGUISTIK DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNIVERSITAS SEBELAS MARET.

BASASTRA Jurnal Penelitian Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, https://www.researchgate.net/publication/368088563_KARAKTERISTIK_BAHASA_INDONESI A_LOGAT_PAPUA_DAN_RELEVANSINYA_SEBAGAI_MATERI_AJAR_MATA_KULIAH_SOSIOLIN GUISTIK_DI_PROGRAM_STUDI_PENDIDI, 6.

Putri, V. K. (2022, Juli 07). Fungsi Bahasa Indonesia sebagai Bahasa Persatuan. https://www.kompas.com/skola/read/2022/07/07/070000969/fungsi-bahasa-indonesia- sebagai-bahasa-persatuan.

Purnamasari, J. (2020). PREFERENSI PENGGUNAAN BAHASA BIAK DAN BAHASA INDONESIA OLEH MAHASISWA ASLI BIAK DI IISIP YAPIS BIAK(ANALISIS PERALIHAN BAHASA BIAK KE BAHASA INDONESIA. https://jurnal.iyb.ac.id/index.php/gemakampus/article/view/119, 15 .

Rachmadi, M. (2022, Juli 7). mengenal macam-macam Bahasa Daerah di Indonesia. https://www.kompasiana.com/maudy65840/62c62d81bb448652a036d6d2/mengenal- macam-macam-bahasa-daerah-di-indonesia-.

Retnaningtyas, H. R., & Santo, Z. (2022). ANGGOTA TUBUH DALAM BAHASA MARIND BUTI, MERAUKE. Etnolonguistik Dalam Studi Ilmu Bahasa dan Pendidikan, https://jurnal.uns.ac.id/prosidingsemantiks/article/download/65283/38891, 4.

Sanjoko, Y., & Embram, E. R. (2019). BUKU AJAR BAHASA SENTANI BAGI PEMULA. (Suharyanto, Ed.) https://balaibahasapapua.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2021/07/21.-Buku-Ajar- Bahasa-Sentani.pdf, vi.

Saputra, R. R. (2022, Agustus 22). Papua Punya Bahasa Daerah Terbanyak, Simak Detailnya. https://papua.inews.id/berita/papua-punya-bahasa-daerah-terbanyak.

Sibriak, D. (2023, Februari 8). Bahasa Kamoro. https://id.m.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Kamoro.

Sihotang, R. I. (2023, November 19). P5 Revitalisasi Bahasa Daerah Hatam. https://youtu.be/pTaxBsBtuOM?si=MuWirJVzreIKpUHl.

Soeparno. (1977). Kamus Bahasa Biak-Indonesia. https://repositori.kemdikbud.go.id/23732/1/KAMUS%20BAHASA%20BIAK-INDONESIA.PDF, 2.

Uhamka, A. (2021, Oktober 13). Papua memiliki Bahasa Daerah Terbanyak di Indonesia. gema.uhamka.ac.id https://gema.uhamka.ac.id/2021/10/13/papua-memiliki-bahasa- daerah-terbanyak-di-indonesia/.

Walilo, G. (2022). Kosakata Bahasa Biyekwok. https://www.instagram.com/tv/ChbDh- Zje0U/?igsh=NjMzZDJoYTVjaTh6.

Yewen, R., & Kurniati, P. (2022, April 14). Mengenal Suku Komaro di Mimika, Menghargai Alam hingga Tak Banyak Bicara. https://regional.kompas.com/read/2022/04/14/114235478/mengenal-suku-kamoro-di- mimika-menghargai-alam-hingga-tak-banyak-bicara?page=all.

Zulfikar, F. (2023, Juli 10). Literasi & Pelestarian Bahasa Daerah di Papua Terus Dilakukan, Ini Strateginya. https://www.detik.com/edu/edutainment/d-6814012/literasi-pelestarian- bahasa-daerah-di-papua-terus-dilakukan-ini-strateginya.

Downloads

Published

2024-01-24

How to Cite

Abdul Azis Khoiri, & Nurul Dwi Mutia. (2024). Implementasi Bahasa Indonesia Sebagai Bahasa Pemersatu: Analisis Bahasa di Tanah Papua. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 328–341. https://doi.org/10.55606/concept.v2i4.1015

Similar Articles

<< < 1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.