PENGAWASAN UNIT APRON MOVEMNT CONTROL (AMC) TERHADAP DISIPLIN PENGGUNA JASA DI BANDAR UDARA KOMODO LABUAN BAJO

Authors

  • Miftakhul Fian Saputra Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta
  • Irwina Meilani Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i4.542

Keywords:

Social Media Marketing and Ticket Sales.

Abstract

Social media marketing is a means to fulfill all needs. Social media marketing is used in Sriwijaya Air by promoting tickets through social media so that people know the information. This study aims to determine the effect of social media marketing on ticket sales for Sriwijaya Air and to determine how much influence social media marketing has on ticket sales for Sriwijaya Air at Ahmad Yani Airport in Semarang. This research is a quantitative study using non probability sampling, with a sample size of 100 passengers and an error rate of 5%. The data collection process uses a questionnaire and the data analysis used is simple linear regression and the coefficient of determination then the data processing uses the SPSS 26 application. The results of this study indicate that the Social Media Marketing variable has a significant effect on Sriwijaya Air ticket sales at Ahmad Yani Airport Semarang with sig (0.000 <0.05). Furthermore, the coefficient of determination is obtained as much as 0.577, this means that the influence of Social Media Marketing on ticket sales of Sriwijaya Air airline is 57.7%.

References

Abdullah, Thamrin. (2017). Manajemen Pemasaran,PT Raja Grafindo Persada Depok

Aliah, Anisa UI dan Riananditasari, Nanik. (2022). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Pada Situs Tiket.Com Periode 2021. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Yogyakarta.

Alma, Buchari. (2012). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.Sebok, Vermat. (2018).

Andres, Kaplan & Michael, Haenlein. (2010). User Of The World, Unite!the

Challenges and Opportunities Of Social Media, Businnes Horizons.

Ang, Felincia Ogilvie & Andreani, Fransisca. (2022). Pengaruh Social Media Marketing Pada Facebook Terhadap Minat Beli Feel In Taste Di Kupang Dengan Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Mediasi. Jurnal 10 (1).

Bienz, Nicholas. (2008). Electronic Ticketing: Electronic Business Course : Fribourg. Project Paper.

Ernando, Vania Nurshafira & Albana, Faiz. (2022). Pengaruh Kemudahan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Melalui Travelok. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Yogyakarta.

Evi, Mardianti. (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Secara Online Pada Situs Traveloka.Com.Skripsi.Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Yogyakarta.

Fajri, Deva & Ma’ruf Jasman J. (2018). Pengaruh Sosial Media Marketing dan Promosi Harga Terhadap Kepuasan Konsumen dan Pengalaman Konsumen Sebagai Variabel Mediasi Pada Maskapai Penerbangan Air Asia Di Banda Aceh. Jurnal 3(3).

Hutasoit, Tirta Suryadi. (2021). Pengaruh Penerapan Promosi Dan Diskon Tiket Pesawat Online Melalui Tiket.Com Tehadap Kepuasan Konsumen Di Bandar Udara Internasional Soekarno Hatta Tangerang Banten. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Yogyakarta.

Kotler & Keller. (2012). Manajemen Pemasaran, Edisi 12. Jakarta : Erlangga.

Kotler, P & Gary, A. (2016). Marketing Management, 15th Edition. Jakarta Barat, DKI Jakarta.

Kotler, Philip & Amstrong, Gary. (2012). Principles of Marketing (14th ed).New Jersey : Prentice hall.

Mulyadi. (2016). Sistem Informasi Akuntansi. Jakarta: Salemba Empat.

Paramita, LPRR, Suardana, IW & Sendra, IM. (2018). Efektivitas Promosi Tiket.Com Terhadap Keputusan Wisatawan Dosmetik Dalam Pembelian Tiket Pesawat Menuju Bali. Jurnal Industri Perjalanan Wisata.

Pasaribu, Hidayati Fauziah. (2018). Penerapan Analisis Swot Dalam Strategi Pemasaran Pada PT. Arma Anugerah Abadi Medan. Skripsi : Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

PT Sriwijaya Air. (2019). Profil Sriwijaya Air. Diakses pada yanggal 11 November 2022. Dari https://www.sriwijayaair.co.id/.

Puspitarini, Dinda Sekar & Nuraeni, Reni. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Promosi (Studi Deskriptif pada Happy Go Lucky House). Jurnal Common 3(1).

Sengky, Grifith T, Tampi, Johny R E Walangitan, Oliva F C. (2022). Pengaruh Penggunaan E-Commerce Terhadap Keputusan Pembeli Jasa Traveloka.com di Kota Manado. Jurnal 3(2).

Solis, Brian. (2010). Engage: The Complete Guide for Brands and Businesses to Build Cultivate and Measure Success on The Web. New Jersey: John Wiley & Sons.

Sugiyono. (2018). Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabet. Bandung.

Syahrun & Salim.(2012). Metodologi Penelitian Kuantitaif. Citapustaka Media. Bandung.

Ulfa, Rosiana. (2021). Pengaruh Electronic Word Of Mouth Terhadap Kepercayaan (Thrust) dan Keputusan Pembelian Tiket Pesawat Pada Situs Traveloka. Jurnal Manajemen Dirgantara.

Utami, Anisa Mega. (2023). Analisis Penggunaan Aviobrigde Untuk Meningkatkan On Time Performance (OTP) Di Bandar Udara Internasional Jenderal Ahmad Yani Semarang. Skripsi. Sekolah Tinggi Teknologi Kedirgantaraan. Yogyakarta.

Watung, Mauren, Massie, James D D & Ogi, Imelda W J. (2022). Pengaruh Electronic Word Of Mouth dan Celebrity Endorser Dengan Brand Imager Terhadap Purchase Intention Pembelian Tiket Online (Studi Pada Situs Traveloka). Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntantasi (10) 1.

Downloads

Published

2023-08-09

How to Cite

Miftakhul Fian Saputra, & Irwina Meilani. (2023). PENGAWASAN UNIT APRON MOVEMNT CONTROL (AMC) TERHADAP DISIPLIN PENGGUNA JASA DI BANDAR UDARA KOMODO LABUAN BAJO . Student Research Journal, 1(4), 303–314. https://doi.org/10.55606/srjyappi.v1i4.542