Efektivitas Penerapan Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Di SMK Negeri 5 Padang
DOI:
https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.182Keywords:
Problem Based Learning, Efektivitas Penerapan, Dasar Listrik Dan ElektronikaAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih banyaknya siswa kelas X TITL SMK Negeri 5 Padang yang ketuntasan belajar dibawah KKM pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika. Hal ini dipengaruhi oleh penerapan model pembelajaran yang belum menuntut peran aktif siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan menggunakan model problem based learning untuk mencapai pembelajaran yang lebih efektif sehingga meningkatnya hasil pembelajaran siswa.Jenis penelitian ini adalah praeksperimen dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik 2 yang berjumlah 30 orang, Soal uji coba instrument pretest dan prottest berjumlah 40 butir. Berdasarkan analisis soal uji coba, didapatkan soal yang valid untuk pretest 33 soal dan posttest 36 soal. Reliabilitas soal pretest dan posttest tergolong sangat tinggi dengan hasil perhitungan masing-masing 0,86 dan 0,85. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (posttest) berupa soal objektif sebanyak 26 soal. Setelah diuji normalitas data, dilakukan analisis dengan menggunakan uji Gain Score. Hasil penelitian menemukan bahwa rata-rata nilai pretest sebelum menerapkan model PBL sebesar 73,19 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 46,67%, dengan rata-rata nilai posttest setelah menerapkan model PBL adalah 81,28 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebsar 86,67%. nilai Gain Score diperoleh dengan membandingkan nilai pretest dan posttest tersebut dengan score yang didapatkan adalah 0,3017 dengan kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa efektivitas penerapan model problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X TITL pada mata pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika di SMK Negeri 5 Padang.
References
Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Slameto.2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: PT. Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Arifuddin, O, “Perkembangan Peserta Didik”(Tinjauan Toei-Teori dan Praktis)”2022
Sanjaya, Wina. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarata: Kencana.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolahsd.rev. Jakarta: Reneka Cipta.
Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.
Suryosubroto. 2009. Proses Belajar Mengajar di Sekolahsd.rev. Jakarta: Reneka Cipta
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2012. Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Putra, Aidil Meinika. 2008. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Rangkaian Listrik dan Elektronika Menggunakan Metode Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Metode Ceramah di SMK Negeri 5 Padang.
Pebriyani, E.P., & Pahlevi, T, “ Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Dan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto,”Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 47-55,2020.
Syaparuddin, S, Meldianus, M., & Elihami, E, “Strategi Pembelajaran Aktif dalam Meningkatkan Motibvasi Belajar Peserta Didik”, Mahaguru : Jurnal Pendidik Guru Sekolah Dasar, 1(!), 30-41,2020.
Santosa, Yuki Ardhana., & Aswardi, “Implementasi Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik”, jpte: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 46, 2022
Maulidini, Risha Nurul, “Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik”, jpte: Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 51, 2022