PENERAPAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI MI NEGERI 2 GOWA

Authors

  • Chery Yanti MI Negeri 2 Gowa Kec. Pallangga Kab. Gowa

DOI:

https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.175

Keywords:

Pembelajaran Berbasis Sumber (RBL), Hasil Belajar

Abstract

Permasalahan yang sering terjadi bahwa pembelajaran cenderung menggunakan metode ceramah. Teknik mengajar yang digunakan guru kurang mampu membuat siswa untuk aktif dalam pembelajaran. Siswa memiliki pemahaman yang kurang dalam membaca terutama pada pelajaran Bahasa Indonesia dan karenakan kurangnya pemanfaatan sumber belajar baik cetak maupun non cetak yang digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti melakukan penelitian berupa Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan tujuan untuk mengetahui efektivitas dan penerapan model pembelajaran berbasis sumber (RBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tindakan yang dilakukan, terjadi peningkatan daya serap klasikal pada Siklus I dan II masing-masing sebesar 73,93% dan 85,36%. Sedangkan ketuntasan belajar klasikal pada Siklus I dan II masing-masing sebesar 67,86% dan 89,29%. Dan daya serap individu pada Siklus I dan II masing-masing sebanyak 19 siswa dan 25 siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis sumber (RBL) yang dilakukan guru dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas VI MI Negeri 2 Gowa Kec. Pallangga Kab. Gowa tahun pelajaran 2020-2021. Selain itu juga, bahwa penerapan model pembelajaran berbasis sumber (RBL) sangat efektif digunakan guru untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa siswa kelas VI MI Negeri 2 Gowa Kec. Pallangga Kab. Gowa tahun pelajaran 2020-2021.

 

References

Arikunto, S., & Suhardjono. (2006). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

BSNP. (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2001). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Direktorat.

Depdiknas. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarata: Balai Pustaka.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum, Balitbang Depdiknas.

Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Nasution, S. (2005). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar & Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Nurjamal, dkk. (2013). Terampil Berbahasa. Bandung: Alfabeta.

Purwanto, Ngalim M. (2006). Prinsip-prinsip Dan Tehnik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Karya.

Sudjana, Nana. (2009). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sudjana, Nana. (2013). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugihartono, dkk. (2007). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Pres.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhartono. (2005). Pengembangan Ketrampilan Bicara Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Suparno. (2009). Ketrampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka.

Tarigan, H.G.. (2009). Berbicara: Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2023-01-24

How to Cite

Chery Yanti. (2023). PENERAPAN MODEL RESOURCE BASED LEARNING UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI MI NEGERI 2 GOWA. Student Research Journal, 1(2), 130–147. https://doi.org/10.55606/sjryappi.v1i2.175

Similar Articles

1 2 3 4 5 6 7 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.