EVALUASI PEMENUHAN STANDAR TROTOAR DI JALAN RAYA MENUR (STUDI KASUS KOTA SURABAYA)

Authors

  • Radyan Hafidz Arsyi UPN Veteran Jawa Timur
  • David Ruiz UPN Veteran Jawa timur

Keywords:

evaluasi, trotoar, pedestrian

Abstract

Trotoar adalah bagian dari jalan yang ditempatkan sejajar dengan jalur lalu lintas dan digunakan untuk pejalan kaki Salah satu permasalahan yang timbul mengenai trotoar terletak di Jalan Raya Menur Kota Surabaya. Trotoar seharusnya dibangun sesuai dengan pedoman standar perancangan. Trotoar juga diharapkan digunakan sesuai fungsinya dan tidak ada penyimpangan serta penyalahgunaan. Penelitian ini bertujuan untuk merekomendasikan mengenai evaluasi pemenuhan standar trotoar di Jalan Raya Menur Surabaya. Metode yang digunakan yaitu observasi di lapangan. Hasil yang diperoleh yaitu trotoar dimanfaatkan penggunanya kurang sesuai dengan pedoman. Trotoar juga kurang layak untuk digunakan oleh pedestrian. Trotoar digunakan sebagai tempat PKL dan parkir kendaraan bermotor. Terdapat berbagai alasan beragam mengenai penyalahgunaan fungsi trotoar salah satunya adalah tempat tersebut berdekatan dengan area sekolahan. Kedua profesi tersebut juga menolak adanya pemindahan lokasi karena munculnya kekhawatiran tidak ada pembeli dan pemasukan keuangan.

 

References

Batutah, A., Haryanti, T., Prasetyawati, D., Ponidi, Ariani, B., Dharmawan, V., Isnianti, Kurniawati, I., Abidin, Z., Fahriani, N., Winarno, Kusuma, Y.A. & Kosyatha, A. 2022. Teknologi, Manusia dan Lingkungan. Surabaya: UM Surabaya Publishing.

Fitriani, E. 2019. Evaluasi Pemenuhan Standar Trotoar Di Central Business District (Studi Kasus Kota Bandung). Warta Penelitian Perhubungan, 26(11): 663.

Krisantus Satrio Wibowo Pedo 2022. Evaluasi Pemenuhan Standar Teknis Fasilitas Pejalan Kaki Pada Kawasan Kuanino Kupang. Eternitas: Jurnal Teknik Sipil, 1(2): 20–27.

Lily Mauliani, Ari Widyati Purwantiasning & Wafirul Aqli 2013. Kajian Jalur Pedestrian Sebagai Ruang Terbuka Pada Area Kampus. Jurnal Arsitektur NALARs, 12(2).

Mudjanarko, S.W. 2022. PEDESTRIAN DALAM PETA ONLINE. Surabaya: Scopindo Media Pustaka.

Rendra, D.G., Mayuni, S. & Sulandari, E. 2014. Evaluasi Keberadaan Trotoar di Jalan Nasional Kota Pontianak. Jurnal Mahasiswa Teknik Sipil Universitas Tanjungpura, 3(2): 1–10.

Santosa, H. 2018. PENCITRAAN VISUAL KAWASAN URBAN : TEORI, STRATEGI DAN PERENCANAAN LANDSCAPE. Malang: Media Nusa Creative.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Radyan Hafidz Arsyi, & David Ruiz. (2023). EVALUASI PEMENUHAN STANDAR TROTOAR DI JALAN RAYA MENUR (STUDI KASUS KOTA SURABAYA). Student Research Journal, 1(1), 102–112. Retrieved from https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/srj/article/view/150