Persfektif Gender Pada Iklan Shampoo “Pantene” Keanu Agl (Analisis Semitotika)

Authors

  • Amelia Pratiwi Universitas Islam Negeri Sumatra Utara
  • Khairatun Hisan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara
  • Hasan Sazali Universitas Islam Negeri Sumatera Utara

Keywords:

iklan, gender, produk

Abstract

Dalam dunia bisnis periklanan, perempuan selalu pihak yang terkait dari berbagai sisi, baik itu diposisikan sebagai pemakai, subyek, maupun obyek itu sendiri, bahkan bisa dikatakan perempuan saat ini telah menjadi obyek komoditi yang dapat dikomersialkan. Dengan mengkomunikasikan iklan sebagai suatu proses penyampaian pesan secara sederhana dari produsen ke konsumen dan dapat memecahkan pandangan orang mengenai produk dengan gender masing-masing. Pada artikel ini, Peneliti mengambil contoh iklan Pantene yang dibintangi oleh Keanuagl, sedangkan Pantene yang biasanya memiliki brand ambasdor perempuan dan sekarang dibintangi oleh laki-laki. Dengan tujuan bahwa sebuah produk sampo yang diiklankan tidak melulu pandang gender seperti yang dibintangi harus perempuan, tetapi laki-laki juga bisa membintangi sebuah iklan.

 

References

Iklan Pantene, Keanu. https://www.youtube.com/watch?v=JrOAe3GV_js. Dikunjungi pada tanggal 10 Juli 2022.

Lukitaningsih, Ambar. 2013. IKLAN YANG EFEKTIF SEBAGAI STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN. Vol. 13 No.2.

Suasana, Arief Agung. 2001. HUBUNGAN GENDER DALAM REPRESENTASI IKLAN TELEVISI. NIRMANA Vol. 3, No. 1.

Sidik, Abdurrahman. 2018. ANALISIS IKLAN PRODUK SHAMPOO PANTENE MENGGUNAKAN TEORI SEMIOTIKA PIERCE. Vol.9 No. 4.

Downloads

Published

2023-01-20

How to Cite

Amelia Pratiwi, Khairatun Hisan, & Hasan Sazali. (2023). Persfektif Gender Pada Iklan Shampoo “Pantene” Keanu Agl (Analisis Semitotika). Student Research Journal, 1(1), 80–88. Retrieved from https://journal-stiayappimakassar.ac.id/index.php/srj/article/view/148

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.