PENGARUH KUALITAS PELAYANAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN MENGGUNAKAN JASA BRILINK (STUDI KASUS PADA AGEN BRILINK MAELO KECAMATAN SABBANG SELATAN)

Authors

  • Olivia Devi Yulian P Universitas Kristen Indonesia Toraja

DOI:

https://doi.org/10.55606/jimas.v2i1.239

Keywords:

kualitas pelayanan, lokasi, keputusan pembelian

Abstract

 

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kualitas pelayanan, lokasi terhadap keputusan pembelian di agen BRILink. Pada penelitian ini sebagai variabel bebas (X1) dan (X2) yaitu kualitas pelayanan dan lokasi, sedangkan variabel terikat  keputusan pembelian (Y). Penelitian ini merupakan penelitian yang mana konsumen merupakan responden dalam penelitian, untuk pengumpuln data menggunakan kuesioner dengan jumlah responden 40orang. Metode analisis yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan analisis deskriptif. Untuk mengolah data, penulis menggunakan bantuan program Microsoft Excel 2010 dan IBM SPSS 29 For Windows. Hasil penelitian menyatakan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, sedangkan lokasi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dan keputusan pembelian berada pada kategori baik sebab kualitas pelayanan dan lokasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan pembelian.

 

References

Amelia nur (2021), Pengaruh Kualitas Pelayanan, Persepsi Kemudahan Dan Kepuasan Nasabah Terhadap Keputusan Pembelian Jasa Brilink Di Pondok Zhafira Kota Palopo, Jurnal Google scholer

Ansifino, Jolianis, Yolamalinda, & Arfilindo, H. (2016). Buku Ajar Ekonometrika. Yogyakarta: Deepublish

Archana., Vandana, & Tandon, K.(2012), Impact of E-Service Quality in an Online Shopping. IJCSMS International Journal of Computer Science ad Management Studies. 12 (02)

A. W. S. Gama, N. W. Rustiarini, and N. P. N. Anggraini, “pengaruh lokasi, fasilitas, dan pelayanan terhadap keputusan pembelian (Studi Pada Pasar Seni Guwang Sukawati) Agus,” vol. 11, no. 1, pp. 22–30, 2016.

Iis Qoimatul Ummah, Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Cita Rasa, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Restoran Iggo (Iwan Goreng-Goreng).(Jambi : Uin Sutha Jambi, 2020)

Kotler, P., & Amstrong, G. (2012). Marketing Mix. Bauran Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Julian Aryandi (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis. Vol 1. No 1. P 7-20.

Lupiyoadi, 2014. Strategi Pemaasaran.Yogyakarta: Andi

Osman, K. (2012). To wards understanding customer loyalty: An empirical study on emotional attachment. International Journal of Innovations in Business. Vol. 1. No 3 p. 241-267.

Otoritas Jasa Keuangan. 2015. Buku Saku Laku Pandai Seputar Informasi Mengenai Laku Pandai . http://www.ojk.go.id/Files/box/lakupandai/buku-saku.pdf, diakses 4 February 2023 pukul 16.27

Setyo Purnomo E. (2017). Pengaruh Kualitas Produk dan harga Terhadap kepuasan Konsumen” est autoworks. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis, 1(6).

Rahmawati. 2020. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepercayaan Terhadap Kepuasan Nasabah (Studi Pada Agen BRILink Juwita Cell Kecamatan Lappariaja), Jurnal Ekonomika Dan Manajemen

Ridzwan, 2021. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Harga Terhadap Keputusan Bertransaksi (Studi Kasus Pada Agen BRILiink BRI Unit Sidayu, Gresik). MELATI : Jurnal Media Komunikasi Ilmu Ekonomi

Santoso. (2018). Analisis Pengaruh, Price, Overall Statsfaction dan Trust Terhadap Intention To Return pada Online Store Lazada. Jurnal Pogram Manajemen Bisnis, 6(1).

Setyarko,Yugi. 2016. Analisis Persepsi Harga, Promosi, Kualitas layanan, dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Keputusan Pembelian Produk Secara Online, (Universitas Budi Luhur Jakarta). Jurnal Ekonomika dan Manajemen, Vol. 5, No.2

Sugiyono, 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Edisi 2; Bandung: Penerbit Alfabeta

Toha. Muhamad, 2012. Metode Penelitian. (Edisi 1, cetakan 5; Tanggerang Selatan: Universitas Terbuka)

Utami, N.D. (2015). Pengaruh Kualitas Produk, Pelayanan, Harga, dan Lokasi terhadap Loyalitas dengan Kepuasan Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen. Vol 4. No 5. P 1-20.

Wijayanto, 2015. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Nasabah Bank, Jurnal Manajemen Dayasaing

Wulandari (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Rumah Makan Ayam Penyet Jogja Di Aceh Barat Daya.(Banda Aceh ; UPT Perpustakaan UIN Ar-Raniry)

Downloads

Published

2023-02-27